Home » » Menyanyikan Lagu Air Terjun Karya AT Mahmud

Menyanyikan Lagu Air Terjun Karya AT Mahmud

Air terjun adalah arus air yang mengalir melalui suatu bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan di mana erosi kerap terjadi.

Air terjun dapat dimanfaatkan sebagai sumber air irigasi. Dengan sedikit sentuhan teknologi berupa pembuatan bak penampung, pembuatan saluran terbuka atau saluran tertutup berupa pipa, maka air ini dapat dimanfaatkan untuk mengairi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan maupun untuk memenuhi kebutuhan air untuk pengembangan peternakan.

Masyarakat yang tinggal didekat air terjun, dapat menfaat air terjun sebagai salah satu pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Air terjun ini yang nantinya akan menggerakan sebuah turbin yang akan menghasilkan tegangan energi listrik. Selain Menfaatkan air terjun sebagi pengbangkit listrik tenaga air (PLTA), masyarakat juga dapat menfaat waduk, irigasi ataupun sungai yang mengalir.

Hari itu Siti dan teman-teman mempelajari lagu baru. Lagu itu berjudul “Air Terjun” ciptaan A.T. Mahmud. Inilah lagu yang dipelajari Siti dan teman-teman.
Air Terjun
Terdengar sayup-sayup bunyi air yang tak putus
Terbawa oleh angin dari arah lembah
Makin dekat makin jelas gemuruh air yang terempas
Air terjun di lembah mengalir deras
Ayo Bernyanyi
Pelajarilah lagu “Air Terjun” hingga dapat menyanyikan dengan baik dan benar. Kemudian, nyanyikan bersama teman-temanmu. Jika perlu, gunakan alat musik yang ada di sekitarmu untuk mengiringi. Perhatikan keselarasan suara dan musik (jika kalian menggunakan alat musik).

Lagu yang ini bercerita tentang air. Air sangat penting bagi kehidupan di bumi. Setiap hari kita membutuhkan air untuk berbagai keperluan, mulai dari membersihkan diri sampai memasak. Ingatlah kegiatanmu menggunakan air mulai dari bangun pagi hingga saat ini.
  1. Apa judul lagu tersebut? Air Terjun.
  2. Siapa penciptanya? A.T. Mahmud.
  3. Tangga nada apa yang digunakan? Tangga nada do = C.
  4. Apa tanda tempo yang digunakan? Apa artinya? Tanda tempo yang digunakan adalah sedang, artinya lagu dinyanyikan dengan kecepatan seperti orang berjalan santai.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.