Home » » Jaringan dan Organ Hewan dan Tumbuhan

Jaringan dan Organ Hewan dan Tumbuhan

Setiap sel suatu organisme memiliki ukuran yang bervariasi. Ukuran sel mencerminkan fungsi yang dilakukan sel bersangkutan. Semua fungsi hidup organisme bersel satu dilakukan oleh sel tunggal itu sendiri. Pada organisme bersel banyak, seringkali sel tidak dapat bekerja sendiri. Setiap sel bergantung kepada sel yang lain. Kerja sama dan interaksi di antara sel ini menyebabkan organisme dapat mempertahankan hidupnya. Selsel yang mempunyai fungsi dan bentuk sama akan berkelompok. Kelompok sel disebut jaringan.

1. Jaringan
Jaringan dalam biologi adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan-jaringan yang berbeda dapat bekerja sama untuk suatu fungsi fisiologi yang sama membentuk organ.

Tumbuhan sebagai organisme yang bersel banyak, tersusun dari beberapa jaringan sebagai kumpulan sel-selnya. Ada beberapa jaringan pokok yang terdapat pada tumbuhan, di antaranya:
  1. Jaringan Epidermis yaitu jaringan paling luar yang melapisi permukaan tubuh tumbuhan yang berfungsi sebagai pelindung.
  2. Jaringan Meriestem yaitu sel-sel yang selalu membelah,terdapat pada embiro di ujung akar,ujung batang dan kambium.
  3. Jaringan Pengangkutan yaitu jaringan sebagai pembuluh yang mengankut air dan zat-zat makanan,dibagi menjadi 2 fungsi,yaitu:
  4. Jaringan Floem(Pembuluh tapis) berfungsi untuk mengangkut air dan hasil fotosintesis.
  5. Jaringan Xilem(Pembuluh kayu) berfungsi air dan garam-garam mineral dari akar.
  6. Jaringan Penyokong maerupakan sel-sel dinding yang mengalami penebalan sehingga menjadi keras yang berfungsi sebagai pelindung bagian-bagian yang lemah pada tubuh.
  7. Jaringan Tanah : jaringan yang menyimpan makanan,melakukan fotosintesis,dan penyokong struktur.

Hewan maupun manusia mempunyai bermacam-macam jaringan juga. Ada jaringan epitel, jaringan otot, jaringan tulang rawan, jaringan saraf, dan sebagainya. Berikut ini nama jaringan pada hewan dan manusia.
  1. Jaringan Epitel yaitu jaringan yang melapisi permukaan tubuh bagian luar maupun dalam bentuk jaringan ini dibagi 3 yaitu Jaringan epitel pipih,epitel silindris bersilia dan epitel kubus berlapis tunggal.
  2. Jaringan Otot yaitu jaringan yang tersusun atas sel-sel otot dan bersifat lentur,dibagi 3 yaitu : Otot polos terdapat pada dinding alat-alat dalam., Otot lurik terdapat pada rangka., dan Otot jantung terdapat pada dinding jantung.
  3. Jaringan Syaraf yaitu jaringan yang tersusun atas sel-sel syaraf. Setiap sel saraf terdiri atas badan sel saraf, dendrit, dan akson. Dendrit merupakan serabut bercabang pendek yang menghantarkan implus (rangsang) ke badan sel saraf.
  4. Jaringan Ikat yaitu jaringan yang menghubungkan bagian tubuh satu dengan tubuh lain.
  5. Jaringan penyokong atau penunjang yaitu jaringan yang terdiri dari jaringan tulang lain yang dan memiliki berfungsi sebagai memberi bentuk tubuh selain rangka,melindungi bagian tubuh dan menguatkan tubuh.

2.Organ
Organ adalah kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu  Pada waktu pengamatan jaringan tumbuhan, kita perlu memotong salah satu bagian tumbuhan, misalnya daun. Di dalam daun, ternyata ada beberapa macam jaringan. Kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda akan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu disebut organ.

Beberapa organ pada tumbuhan :
  1. Akar. Akar berfungsi bertugas sebagai alat untuk menunjang berdirinya tubuh tumbuhan pada tempat hidupnya, menyerap unsur hara, dan menyimpan cangan makanan.
  2. Batang, untuk menegakan tumbuhan dan menghantarkan air dan mineral dari akar ke daun, menghantarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan
  3. Daun, untuk fotosintesis dan penguapan air

Beberapa organ pada hewan/manusia :
  1. Jantung, untuk memompa darah
  2. Mata, untuk melihat
  3. Telinga, untuk mendengar'
  4. Tangan dan kaki, untuk bergerak
  5. Ginjal, untuk mengeluarkan sisa metabolisme

Setelah mempelajari bahwa makhluk hidup tersusun atas unit terkecil yang disebut sel. Sel berkumpul membentuk jaringan dan jaringan akan menyusun organ. Sekarang, tentukan bagian tubuh manusia yang termasuk sel, jaringan, atau organ dengan memberi tanda centang (√) pada kolom sel, jaringan, atau organ pada Tabel
Gambar Bagian
Tubuh
NamaSelJaringanOrgan
Hati
Hati--
Mata
Mata--
Dendrit
Saraf--
Sel  Darah
Sel  Darah--
telur
Telur--
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:37 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....