Home » » Sistem Organ dan Organisme

Sistem Organ dan Organisme

Setiap makhluk hidup terdiri dari sel atau sekumpulan sel, sekumpulan sel membentuk jaringan, sekumpulan jaringan membentuk organ dan sekumpulan organ membentuk sistem organ. Kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu disebut organ. Sistem organ merupakan bentuk kerja sama antarorgan untuk melakukan fungsi tertentu.

Sel berada di tingkatan struktural terendah yang masih mampu menjalankan semua fungsi kehidupan. Sel-sel yang mempunyai fungsi dan bentuk yang sama akan berkelompok. Kelompok sel itu dinamakan jaringan. Kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu disebut organ. Sistem organ merupakan bentuk kerja sama antarorgan untuk melakukan fungsi tertentu.

A. Sistem Organ
Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan organ-organ saling bergantung dan saling memengaruhi satu sama lainnya. Tanpa ada kerja sama dengan organ lain, maka proses dalam tubuh tidak akan terjadi.
No.Sistem OrganOrganFungsi
1.Sistem pencernaanMulut (lidah, gigi), faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, hati, rektum, pankreas, dan anusMencerna makanan, mengabsorbsi molekul-molekul makanan yang sudah disederhanakan
2.Sistem pernapasanHidung, tenggorokan, trakea, laring, bronkus, bronkiolus, paru-paruUntuk mengangkut udara ke dalam paru-paru dan untuk memfasilitasi difusi Oksigen ke dalam aliran darah. Yang juga menerima limbah Karbon Dioksida dari darah dan hembuskan itu
3.Sistem gerak (rangka)TulangMenyokong dan melindungi organ dalam
4.Sistem transportasi/ sirkulasi/ peredaran darahJantung,arteri, vena, kapiler, dan sel-sel darah.Mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh sel tubuh, dan mengangkut zat hasil metabolisme yang tidak berguna keluar dari sel tubuh, serta melindungi tubuh dari mikroorganisme penyebab penyakit
5.Sistem ekskresiParu-paru, ginjal, kulit, dan hatiMengeluarkan sisa metabolisme yang tidak terpakai dari dalam tubuh dan menjaga keseimbangan sel dengan ingkungannya
Sistem Organ
6.Sistem SyarafBadan sel, dednrit, akson, Mengatur seluruh aktifitas tubuh manusia mempunyai tiga fungsi utama, yaitu sebagai alat komunikasi, pengendali atau pengatur kerja, dan pusat pengendali tanggapan
7.Sistem reproduksiOvarium,rahim, dan vagina.Perkembangbiakan Makhluk hidup
Pada kelompok makhluk hidup multiseluler seperti manusia, antarsistem organ saling berhubungan dan bekerja sama untuk menjalankan fungsinya. Sistem organ ini kemudian membentuk organisme, yaitu satu jenis makhluk hidup/individu, misalnya manusia.

B. Organisme
Organisme adalah makhluk hidup terdiri dari banyak komponen yang saling terkait dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Organisme hadir dalam berbagai ukuran, bentuk dan gaya hidup, tetapi mereka semua berbagi beberapa ciri yang sama. Semua organisme membutuhkan makanan (nutrisi) dan mengeluarkan limbah, tumbuh, berkembang biak dan akhirnya, mati.

Hewan adalah organisme yang paling aktif dari semua organisme, dan hewan termasuk spesies seperti manusia, hiu dan semut. Setelah berkembang mereka bertahan hidup di lingkungannya.

Tanaman adalah salah satu kelompok terbesar dari organisme, dan tumbuhan merupakan bagian penting dari rantai makanan. Tumbuhan disebut “produsen” dari dunia kehidupan, karena mereka memanfaatkan sinar matahari dan mengubahnya menjadi bentuk energi kimia. proses yang disebut fotosintesis, memungkinkan seluruh rantai makanan berfungsi.

Sedangkan bakteri adalah organisme yang sangat sederhana, dan nenek moyang mereka disebut-sebut sebagai bentuk awal kehidupan bumi. Banyak bakteri yang bermanfaat dan diperlukan untuk hidup, sementara yang lain bisa sangat berbahaya. Jenis lain dari organisme termasuk protozoa, alga dan jamur.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:58 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.