Home » » Menyajikan Data dalam Bentuk Piktogram

Menyajikan Data dalam Bentuk Piktogram

Diagram gambar atau piktogram adalah diagram dimana datanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda yang menampilkan banyak benda sesungguhnya. Untuk penyajian data yang lain tentu saja kita bisa mengunakan gambar-gambar yang lebih menarik seperti gambar mobil, pohon, uang, dan sebagainya. Gambar yang digunakan disesuaikan dengan objek yang dideskripsikan yang digunakan untuk mewakili sejumlah objek.

Cara penyajian data menggunakan piktogram memiliki kelemahan tersendiri misalnya ada gambar orang yang hanya tampak setengahnya saja, itu digunakan untuk mewakili jumlah siswa yang hanya 10 orang. Namun tentu akan sulit untuk menggambarkan jumlah siswa yang hanya sepertiga atau seperempat dari jumlah yang bisa diwakilkan dengan gambar tersebut. Oleh karenanya, penyajian data dengan menggunakan piktogram agak jarang digunakan.

Perhatikan contoh berikut. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di dalam rumah, Lani dan keluarganya memilah sampah. Selama 2 minggu Lani mendata jenis sampah yang didaur ulang. Berikut adalah hasil pemilahan yang dilakukan Lani dan disajikan dalam bentuk tabel.

No.BendaBanyak Benda
1.Plastik44
2.Kaca20
3.Kaleng16
4.Kardus24

Sekarang jika satu gambar mewakili 2 buah, coba kamu sajikan data tersebut dalam bentuk piktogram!
piktogram

Secara berkelompok, diskusikan hasil survei dalam bentuk kuesioner yang telah kamu lakukan sebelumnya. Amati setiap lembar kuesioner dengan hati-hati. Kemudian, olah hasil survei tersebut dan sajikan dalam bentuk tabel dan piktogram.
No.JajananJumlah/Frekuensi
1.Es Sirop42
2.Batagor38
3.Kue Pancong24
4.Cilok44
5.Siomay16

Berdasarkan tabel dan grafik, jawab pertanyaan berikut.
jajanan siswa
  1. Apa makanan atau minuman yang paling sering dibeli oleh siswa?  Cilok.
  2. Menurutmu, mengapa makanan tersebut paling banyak peminatnya? Cilok harganya lebih murah dibandingkan makanan lainnya.
  3. Berapa banyak siswa di sekolahmu yang sudah mengonsumsi makanan sehat? Jelaskan.
  4. Tulis kesimpulan dan saranmu berdasarkan hasil survei tersebut. Banyak siswa yang membeli jajanan ada 164 siswa. Jajanan yang paling banyak dibeli siswa adalah cilok, dan jajanan yang paling sedikit dibeli siswa adalah siomay. Perlu memberikan penjelasan yang bisa dimengerti oleh siswa mengapa dilarang membeli jajanan atau makanan sembarangan. Penjelasan sederhana, sebaiknya juga di beri gambaran atau contoh kongkrit, seperti banyaknya berita TV anak mengalami diare, maka anak akan memahami dan akhirnya mau menghindarinya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....