Home » » Manfaat Listrik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Listrik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Begitu banyak manfaat listrik bagi kehidupan kita. Listrik merupakan kebutuhan utama rakyat Indonesia, tanpa listrik roda ekonomi di Indonesia bisa macet total. Hal ini disebabkan karena banyak pabrik dan industri besar yang menggunakan listrik dan bergantung pada listrik. Dalam kehidupan sehari-hari pun manusia membutuhkan listrik, mulai dari memasak, belajar dan masih banyak lagi lainnya. Manusia membutuhkan energi listrik untuk kehidupannya. Banyak sekali manfaat energi listrik untuk kehidupan ini.

Perhatikan lingkungan di sekitarmu dan amati benda-benda di sekitarmu, ternyata banyak benda yang menggunakan energi listrik, Listrik dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan misalnya saja sebagai sumber penerangan, sumber energi, sarana hiburan, penghasil panas, dan penghasil energi gerak. Suatu saat biasanya terjadi pemadaman listrik. Ketika listrik padam ternyata banyak kegiatan kita yang terganggu.. Kita tidak bisa belajar, menonton televisi maupun melakukan kegiatan yang lain. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat energi listrik bagi kehidupan manusia.
  1. Sebagai sumber penerangan. Pada saat malam hari ketika sinar matahari tidak ada,  Energi listrik bisa dijadikan sebagai sumber penerangan. Energi listrik bisa digunakan untuk menyalakan lampu. Dengan lampu listrik kita dapat belajar dengan baik. Bayangkan jaman dulu ketika belum ada listrik. Sumber penerangan hanya menggunakan lampu minyak tanah. Selain sinarnya kurang terang harga minyak tanah mahal harganya, sehingga pada saat kegiatan belajar terganggu.
  2. Sumber Energi. Energi listrik dijadikan sebagai sumber energi karena listrik bisa dijadikan sebagai penghasil energi bagi peralatan lainnya. Misalnya saja adalah sumber energi untuk menghidupkan berbagai macam peralatan rumah tangga dan juga peralatan elektronik lainnya.
  3. Sarana Hiburan. Sarana hiburan yang biasa kita gunakan sebagian memanfaatkan energi listrik. Sarana hiburan yang ada di rumah misalnya televisi, radio, tape recorder, dan CD player menggunakan energi listrik untuk menjalankannya.. 
  4. Penghasil Panas. Energi listrik bisa dapat diubah menjadi energi panas yang digunakan berbagai alat rumah tangga. Panas yang dihasilkan inilah yang digunakan dan juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Peralatan yang mengubah energi listrik menjadi energi panas diantaranya adalah setrika listrik, oven listrik, pengering rambut, solder, dan masih banyak lainnya.
  5. Penghasil Gerak. Energi listrik yang ada di dalam kehidupan ini juga bisa diubah menjadi energi gerak. Banyak peralatan rumah tangga yang membutuhkan listrik. Energi listrik yang diubah menjadi energi gerak bisa digunakan untuk menggerakkan motor, mobil, kipas angin , blender dan masih banyak lagi lainnya.

Listrik yang saat ini kita rasakan banyak sekali manfaatnya ditemukan pertama oleh Nikola Tesla. Nikola Tesla adalah seorang berkebangsaan Yugoslavia, adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895. Sejak kecil Nikola memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal. Ia sangat menyukai matematika dan fisika.
tesla
Ia pernah bekerjasama dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo. Setelah Michael Faraday menemukan energi listrik, Nikola mengembangkan penemuan tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan air terjun Niagara di Amerika. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang.

Jawablah pertanyaan berikut!
  1. Berdasarkan teks tersebut, hal apa saja yang dilakukan oleh Nikola Tesla? Nikola Tesla menemukan sistem pembangkit dan transmisi lisrik.
  2. Bagaimana penemuan Nikola Tesla tersebut mampu mengubah kehidupan warga dunia? Jelaskan dengan singkat. Setelah Michael Faraday memembangun menemukan energi listrik Nikola Tesla mengembangkan penemuan tersebut dengan PLTA sehingga sejak saat itu listrik menerangi dunia hinga sekarang.
  3. Menurutmu, apa yang akan terjadi dengan kehidupan di dunia saat ini, jika Nikola Tesla tidak menemukan pembangkit listrik. Tuliskan dalam satu paragraf sederhana! Nikola Tesla menemukan sistem pembangkit dan transmisi listrik sehingga listrik dapat kita nikmati saat ini. Jika beliau tidak menemukan sistem pembangkit dan transmisi listrik mungkin kehidupan kita tidak akan sebaik saat ini. Hal ini dikarenakan dengan penemuan sistem pembangkit dan transmisi listrik ilmu pengetahun berkembang dengan sangat cepat. Dengan berkembangnya ilmu pengetahun tercipta banyak alat yang memudahkan pekerjaan manusia sehingga kesejahteraan manusia menjadi lebih baik
  4. Nikola Tesla adalah tokoh yang pertama kali membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia hingga listrik dapat menerangi dunia. Tahukah kamu bagaimana proses hingga listrik itu dapat sampai ke rumahmu? Tenaga listrik awalnya dibangkitkan dari pusat-pusat listrik yang pada umumnya berupa PLTA. Tenaga listrik yang dihasilkan dari pusat lisrik, tegangannya dinaikkan oleh Trafo Step Up yang ada di setiap gardu induk. Tujuan penaikan tegangan ini untuk memperbesar daya hantar listrik. Setelah tegangan dinaikkan kemudian disalurkan melalui transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan/atau Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) menuju Gardu Induk (GI) untuk diturunkan tegangannya kembali menjadi tegangan menengah. Setelah tegangan dari tenaga listrik yang dihasilkan diturunkan menjadi tegangan menengah 20 kV maka kemudian disalurkan ke saluran distribusi atau dalam istilah Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), yang kemudian dari SUTM menuju Trafo distribusi untuk diturunkan kembali tegangannya menjadi 220 V untuk dibagikan ke setiap konsumen rumah tangga melalui Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) hingga kita semua bisa menyalakan TV, Radio, AC dan lainnya.

Kita harus bersyukur kepada Tuhan telah diberikan akal sehingga dapat menemukan sesuatu. Bagaimana cara bersyukur? Dengan memanfaatkan akal yang telah diberikan dengan sebaik mungkin. Belajar rajin, kerja keras supaya dapat mengubah dunia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:28 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....