Home » » Lagu dan Musisi Modern Indonesia

Lagu dan Musisi Modern Indonesia

Musik modern dapat diartikan sebagai musik yang berkembang dan populer di masyarakat luas saat ini. Musik modern identik dengan penambahan sentuhan teknologi yang lebih maju dan penggunaan alat musik modern untuk mengiringi. Misalnya saja penggunaan keyboard yang memiliki banyak efek suara dan iringan dan banyak alat musik lainnya yang mempermudah musisi dalam berkarya. Jenis musik populer yang berkembang saat ini adalah musik yang mudah dipahami dan enak didengar. Biasanya komposisinya lebih sederhana dan menyajikan tema-tama yang ekspresif.

Jenis Musik Modern di Indonesia
Wilayah nusantara terdiri dari berbagai daerah/suku budaya, sehingga kaya akan keragaman seni musik. Musik nusantara sering diidentikkan dengan musik tradisional, sedangkan musik modern berasal dari mancanegara. Namun ada musik asli Indonesia yang berkembang pesat yaitu musik dangdut. Dalam era globalisasi banyak sekali masuk musik mancanegara yang masuk ke Indonesia. Musik tersebut akhirnya berkembang di kalangan musisi dan pecinta musik tanah air. Jenis musik-musik tersebut antara lain sebagai berikut.
  1. Musik Pop sangat berkembang dan memiliki banyak penggemar di Indonesia. Musik jenis ini memiliki ciri penggunaan ritmik yang bebas, dengan penggunaan alat musik yang sederhana. Lagu-lagunya juga mudah dicerna karena tema yang disajikan biasanya seputra kehidupan sehari-hari.
  2. Musik rock merupakan salah satu aliran musik yang memiliki kaitan dengan musik pop. Ciri musik jenis ini adalah digunakannya alat musik seperti gitar dan aplifier yang mampu menghasilkan suara yang beragam dan menimbulkan suara yang keras.Musik ini mulai terkenal di Indonesia pada tahun 80-an. Pada masa itu, banyak band-band Rock yang bermunculan. Musik Rock pun semakin terkenal dengan munculnya pergelaran festival musik Rock Log Zhelebour. Contoh legenda musik Rock Indonesia adalah God Bless dan Nicky Astria yang terkenal sebagai Lady Rocker Indonesia.
  3. Musik jazz di Indonesia berkembang cukup baik dan memiliki penggemarnya tersendiri, namun penyajiannya terbilang masih jarangbkarena terbatasnya tempat untuk menampilkan. Musik jenis ini kental dengan improvisasi yang berani mengubah progres accord yang berulang dari sebuah lagu yang mungkin aslinya masih datar menjadi ekspresif sesuai keinginan penyanyinya. Beberapa penyanyi jazz Indonesia yang terkenal diantaranya adalah Tompi, Indra Lesmana, dan  Benny Likumahua.
  4. Musik jenis Dangdut banyak digemari di Indonesia karena memang merupakan musik asli Indonesia. Ciri musik ini adalah penggunaan alat musik seperti gendang, dan seruling dengan pola dan irama yang mudah dipahami. Dinamakan musik dangdut karena bunyi gendang tabla yang menjadi alat musik di genre ini berbunyi dangdut. Pelopor genre ini adalah Raja Dangdut H. Rhoma Irama. Dengan irama yang membuat pendengarnya menjadi bergoyang akhirnya genre ini dengan cepat terkenal di berbagai kalangan masyarakat.

Musisi Lagu Modern di Indonesia
Musisi adalah orang yang memainkan alat musik atau orang yang menyanyi. Seorang musikus juga seseorang yang menulis musik, baik untuk dirinya sendiri maupun diserahkan ke orang lain. Sedangkan penyanyi adalah seseorang yang menggunakan suara bernada dengan lagu yang diiringi musik maupun tidak.
tompi
Tompi -  Sedari Dulu
Dari sekian banyak musisi dan penyanyi yang ada di Indonesia ada beberapa musisi dan penyanyi yang rutin mengeluarkan album atau single lagu setiap tahunya atau bahkan lebih cepat dari itu. Namun ada juga penyanyi yang jarang mengeluarkan album atau single. Mereka juga ada yang bergelut di belakang layar sebagai produser atau pencipta lagu yang justru nama mereka tidak terkenal dibandingkan sang penyanyi yang membawakan lagu tersebut. Berikut ini disajikan musisi, penyanyi beserta judul lagunya, aliran musik, dan keunggulan karyanya.

No.Penyanyi/MusisiJudul LaguJenis MusikKeunggulan Lagu
1.Iwan FalsIbuPopMakna tentang kasih sayang ibu terhadap anaknya sampai rela berkorban mempertaruhkan nyawanya demi anaknya.
2.Ayu Ting TingSambaladoDangdutMeskipun liriknya sulit dimengerti namun paduan musiknya asik didengar. 
3.TompiSedari DuluJazzSuara melengking menjadi ciri khas dan karakter Tompi di atas panggung.
4.UtopiaSerpihan HatiPopSentuhan lirik lagu serpihan hati ini mengundang rasa haru dan sedih
5.WaliBang ToyibPopLirik lagu yang romantis, lucu-lucu, dan enak didengar disuguhkan didalam lagunya
6.God BlessRumah KitaRockLirik dan musik yang simpel tapi maknanya sangat mengena.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:58 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....