Home » , , , » Mendiskusikan Dua Pendapat yang Berbeda

Mendiskusikan Dua Pendapat yang Berbeda

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Mendiskusikan Dua Pendapat yang Berbeda, Tujuan pembelajaran kali ini adalah dengan mengikuti petunjuk, peserta didik dapat mendiskusikan dua pendapat yang berbeda dengan cara yang benar.

Pada kelas sebelumnya, kalian sudah mendapatkan materi tentang menyampaikan argumentasi dan sanggahan dalam diskusi. Berargumentasi adalah membuktikan atau menyampaikan alasan untuk meyakinkan pembaca atau lawan bicara. Kini kalian diminta untuk melatihnya lagi.

Dalam berdiskusi, pasti kita kerap menemui perbedaan pendapat. Sanggahan bisa kita lakukan dengan cara yang baik, tujuannya agar bisa saling memahami perspektif masing-masing dan menentukan mana yang sekiranya baik untuk dilakukan.
Siswa SMP
Kalimat sanggahan adalah kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan atau penolakan terhadap suatu pendapat atau pernyataan. Sanggahan yang baik adalah sanggahan yang bisa diterima alasannya, sehingga sanggahan perlu disampaikan bukan sekedar menolak pendapat. Namun juga perlu disertai alasan untuk menjembatani terjadinya diskusi sehat.

Beberapa ciri-ciri kalimat sanggahan yaitu:
  1. Ada kata yang menjurus pada penolakan
  2. Agar tidak menyinggung, biasanya sanggahan dibuka dengan pujian terlebih dahulu pada lawan bicara terkait pendapat yang akan disanggah
  3. Disampaikan secara logis, obyektif, dan jujur
  4. Dinyatakan tanpa emosi atau prasangka negatif
  5. Terdapat alasan sanggahan berdasar fakta dan data untuk meyakinkan lawan bicara
  6. Terdapat penjelasan secara detail, rinci, urut, dan jelas

Contoh menyanggah dengan santun:
  1. Pendapat Alif sangat menarik. Namun demikian, saya rasa pendapat tersebut akan lebih tepat jika dilengkapi dengan rujukan yang lengkap. 
  2. Saya berterima kasih atas masukan Alif, tetapi saya memiliki informasi yang lain, yaitu …

Diskusikan tema Menyusun Rencana dengan cara berikut.
  1. Buatlah empat kelompok.
  2. Dua kelompok mengulas argumen “Perlunya Rencana Alternatif”, sementara dua kelompok lagi menyanggahnya, dan berargumen “Harus Teguh pada Satu Rencana Saja”.
  3. Presentasikan hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas. Simaklah saat teman kalian berbicara.
  4. Buatlah kesimpulan dari diskusi kalian tersebut. Masing-masing siswa dapat menggunakan tabel berikut ini sebagai panduan.

Argumrn 1
Masuk SMA Negeri
Argumen 2
Masuk SMA Swasta yang bagus
KekuranganAdanya sistem zonasi yang mempersulit masuk ke sekolah negeri jika tinggal di luar zonasiMasuk SMA swasta membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan sekolah negeri
KelebihanBiaya pendidikan yang dibutuhkan lebih sedikit dibanding SMA swasta.Memiliki fasilitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan sekolah negeri.
KesimpulanSMA Negeri membutuhkan biaya yang lebih kecil dibandingkan sekolah swasta, namun sulit masuk SMA Negeri jika tinggal di luar zona.SMA swasta memiliki fasilitas lebih lengkap dibandingkan sekolah negeri, namun membutuhkan biaya yang lebih besar.

Kosa Kata Baru
  1. argumen: n alasan yang dapat dipakai untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan
  2. argumentasi: n alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan
  3. berargumentasi: v memberikan alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat

Dalam membuat rencana, kalian akan mengalami perbedaan pendapat dengan orang lain. Kalian dapat memberikan argumentasi dengan cara yang baik.

Demikian pembahasan mengenai Mendiskusikan Dua Pendapat yang Berbeda. Semoga tulisan ini bermanfaat.  

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:45 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.