Home » , , , » Membaca Cerpen “Liburan Perpisahan Kelas”

Membaca Cerpen “Liburan Perpisahan Kelas”

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Membaca Cerpen “Liburan Perpisahan Kelas”. Tujuan pembelajaran kali ini adalah mengidentifikasi dan menyebutkan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks naratif yang sesuai jenjangnya serta solusi yang dilakukan oleh tokoh tersebut.

Teks naratif adalah karangan cerita yang mengisahkan cerita nonfiksi atau fiksi berdasarkan urutan waktu atau bersifat kronologis. Sifat kronologis yang ada dalam teks naratif menjadikannya harus memiliki pembagian waktu dengan runtut, mulai dari awal hingga akhir. Teks naratif umumnya sering disebut juga dengan teks narasi. Pasalnya, teks naratif berarti sebuah jenis teks yang memiliki sifat narasi.

Tujuan teks naratif biasanya digunakan sebagai media hiburan untuk pembaca. Teks naratif disebut mampu memberikan pengetahuan tentang cerita fiksi atau non fiksi yang baik kepada para pembacanya. Selain digunakan sebagai media penghibur, teks naratif juga bisa memberikan pengalaman keindahan, pengetahuan baru, hingga informasi penting kepada pembaca.

Pada pembelajaran kelas VI Bab 6 Liburan Perpisahan Kelas terdapat cerpen Liburan Perpisahan Kelas. Cerpen ini mengisahkan rencana liburan perpisahan kelas. Cerpen merupakan bagian dari karya sastra yang berbentuk naratif. Dari cerpen ini peserta didik bisa belajar cara mengambil keputusan bersama dengan musyawarah. Karena tidak mencapai kata mufakat, kelas memutuskan dengan voting atau pengambilan suara terbanyak.
Liburan Perpisahan Kelas
Cerpen ini juga memuat kosakata dengan tema pengelolaan keuangan. Bahaslah makna kata-kata tersebut dan ingatkan tim piket untuk memasukkan ke kolam kata-kata

Untuk menguji pemahamanmu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Masalah apa yang ingin dipecahkan oleh siswa kelas enam?
Kelas 6 ingin menentukan tujuan liburan perpisahan kelas.
2. Bagaimana cara mereka menentukan tujuan liburan?
Mereka mempertimbangkan tujuan liburan dengan mencatat semua kemungkinan, mengerucutkannya menjadi tiga pilihan dengan pertimbangan jarak, kemudian meminta pendapat peserta didik menceritakan alasan memilih tujuan liburan tersebut.
3. Berdasarkan teks tersebut, kota mana yang paling diminati?
Kota yang paling banyak diminati adalah Yogyakarta.
4. Menurut kalian, apakah cara mereka mengambil keputusan merupakan cara terbaik? Berikan alasan kalian, ya. 
Menurut saya, cara mereka mengambil keputusan dengan voting sudah tepat karena rapat tidak menghasilkan mufakat atau setuju semuanya.
5. Bayangkan kalian sedang berdiskusi. Apa yang akan kalian lakukan jika  keputusan kelas tidak sesuai dengan pilihan kalian?
Saya akan tetap menghargai keputusan kelas meskipun berbeda dengan keinginan saya sendiri.
6. Menurut kalian, siapakah Bu Pertiwi?
Bu Tiwi adalah guru kelas 6 SD Pesisir.
7. Mengapa Bu Pertiwi tidak ikut berpendapat dalam diskusi?
Bu Tiwi tidak ikut berpendapat karena ia ingin memberikan kesempatan kepada murid-muridnya untuk bermusyawarah menentukan sendiri tujuan berwisata.
8. Menurut kalian, mengapa Juna malu dikunjungi kakek dan neneknya?
Juna malu dikunjungi nenek dan kakeknya karena nenek dan kakeknya akan memeluk-meluknya dan memanjakannya di depan teman-temannya.

Kosakata Baru dalam Bacaan “Liburan Perpisahan Kelas”
KBBI https://kbbi.kemdikbud.go.id
  1. anggaran: n perkiraan; perhitungan
  2. agenda: n acara (yang akan dibicarakan dalam rapat)
  3. iuran: n jumlah uang yang dibayarkan anggota perkumpulan kepada bendahara setiap bulan (untuk biaya administrasi, rapat anggota, dan sebagainya)
  4. uang kas: uang yang disimpan dalam kas, milik suatu perkumpulan atau instansi pemerintah
  5. bendahara: n penanggung jawab (pemegang) atau pengurus keuangan (yayasan, perkumpulan, dan sebagainya); bendahari
  6. destinasi: n tempat tujuan; tempat tujuan pengiriman
  7. urun rembuk: memberikan sumbang saran; bermusyawarah; urun pendapat
  8. valid: a menurut cara yang semestinya; berlaku; sahih
  9. voting: n pengambilan suara terbanyak
  10. mufakat: n persetujuan; kata sepakat
  11. mayoritas: n jumlah orang terbanyak yang memperlihatkan ciri tertentu menurut suatu patokan dibandingkan dengan jumlah yang lain yang tidak memperlihatkan ciri itu
  12. abstain: v tidak memberikan suara (dalam pemungutan suara); tidak menentukan sikap; 2 a ragu-ragu
  13. pemungutan: n proses, cara, perbuatan memungut
  14. sekretaris: n orang (pegawai, anggota pengurus) yang diserahi pekerjaan tulis-menulis, atau surat-menyurat, dan sebagainya; penulis; panitera

Akhirnya, siswa kelas enam melakukan pemungutan suara untuk menentukan suara terbanyak.Menurut kalian, apa arti kata “suara” dalam kalimat tersebut?
Arti kata “suara” dalam kalimat akhirnya, siswa kelas enam melakukan pemungutan suara untuk menentukan suara terbanyak adalah pendapat atau pernyataan setuju atau tidak atas suatu usul.

Demikian pembahasan mengenai Membaca Cerpen “Liburan Perpisahan Kelas”. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VI Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:08 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.