Home » , , , » Topik B: Mengapa Bentuk Permukaan Bumi Berubah-ubah?

Topik B: Mengapa Bentuk Permukaan Bumi Berubah-ubah?

Permukaan Bumi senantiasa mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan ini bisa terjadi akibat banyak hal, baik hal-hal yang dilakukan oleh manusia ataupun hal-hal yang berkaitan dengan faktor alam. Contoh perubahan faktor alam, di antaranya gempa Bumi, gunung meletus, tsunami, hujan badai, angin puting beliung, dan sebagainya. Adanya bencana alam ini dapat mengubah kondisi lingkungan di sekitar kita. Misalnya, tsunami dapat menyebabkan lingkungan menjadi rusak. Pada umumnya, perubahan faktor alam ini sulit untuk kita kendalikan.

Berbeda dengan perubahan karena hal-hal yang dilakukan oleh manusia. Contoh perubahan karena aktivitas manusia, di antaranya pembangunan area perumahan, pabrik, jalan tol, dan gedung-gedung perkantoran di daerah dapat menyebabkan kondisi alam, seperti tepi sungai, hutan, area persawahan mengalami perubahan. Bisa jadi keberadaan hutan di suatu daerah menyebabkan daerah itu terasa rindang, namun setelah hutan ditebang maka suasananya menjadi gersang. Atau, kondisi suatu sungai yang awalnya jernih, kemudian berubah menjadi kotor akibat dari pembangunan pabrik yang berada di hulu sungai.

Menurut kalian mengapa kondisi alam di kampung halaman Aga berubah menjadi seperti itu? Kita sadari atau tidak, alam tempat kita tinggal selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Seperti kita yang selalu bertumbuh dan berubah dari kecil menjadi besar. Dari yang rambutnya pendek, lalu menjadi panjang. Dari yang pendek, lalu menjadi tinggi.

Alam di sekitar kita juga berubah dari waktu ke waktu. Seperti yang diceritakan Aga. Dulu, di kampung halamannya banyak sawah, tapi sekarang sudah tidak ada lagi karena sawah sudah diubah menjadi perumahan. Dulu, sungai di kampung halamannya mengalir deras dan airnya jernih. Sekarang, airnya dangkal dan keruh.
Topik B
Pada aktivitas ini, kalian akan mewawancarai beberapa orang yang ada di sekitar lingkungan sekolah. Ajukan pertanyaan-pertanyaan kunci berikut untuk membantu kalian membuat kesimpulan. Kalian dipersilakan untuk menambah pertanyaan jika dibutuhkan.
  1. Siapa nama Bapak/Ibu?
  2. Sejak tahun berapa Bapak/Ibu tinggal/berada di daerah ini?
  3. Bolehkah diceritakan, menurut Bapak/Ibu seperti apa kondisi di sekitar sekolah ini 10 tahun yang lalu?
  4. Apa yang berbeda antara kondisi saat ini dan dahulu?
  5. Menurut Bapak/Ibu mengapa kondisi dahulu dan sekarang sangat berbeda?

Tulis hasil wawancara dalam buku tugas, kemudian lengkapi kesimpulan berikut.

Kondisi Alam di Sekitar Kita
Dahulu, lingkungan di sekitar sekolah kondisinya …
Dahulu kondisi lingkungan sekolahku berada jauh dari pemukiman. Di sebelah sekolah hanya ada jalan desa, persawahan dan ladang petani. Sekolah menggunakan tanah milik desa. Dindingnya masih menggunakan anyaman bambu dan lantainya masih menggunakan tanah
Saat ini, kondisi lingkungan di sekitar sekolah ....
Saat ini lingkungan sekolahku berada di tengah pemukiman padat. Lahan swah dan ladang berubah menjadi pemukiman yang padat penduduk. Dindingnya sudah menggunakan tembok dan laintanya menggunakan keramik
Perbedaan ini terjadi karena …. 
Perbedaan ini terjadi karena semakin padat jumlah penduduk shingga lahan yang dahulunya berupa sawah dan ladang sekarang berubah menjadi pemukiman. Selain itu dinding dan lantai sudah menggunakan tembok dan keramik sesuai untuk kenyamanan belajar siswa.

Perubahan Cuaca
Perubahan kondisi lingkungan tempat tinggal merupakan salah satu contoh dari perubahan di permukaan Bumi kita yang terjadi dalam waktu yang cukup lama. Membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengubah kondisi lingkungan di sekitar tempat tinggal kita.

Salah satu contohnya perubahan cuaca. Secara sederhana cuaca adalah keadaan udara di atmosfer pada waktu dan tempat tertentu yang sifatnya tidak menentu dan berubah-ubah. Contohnya, saat kalian berada di sekolah terjadi hujan, tapi pada saat yang bersamaan tidak terjadi hujan di rumah kalian.

Hujan sebagai salah satu peristiwa alam yang merupakan bagian dari siklus air. Apa itu siklus air? Siklus air adalah proses perpindahan air di permukaan Bumi ke atmosfer yang terjadi secara terus-menerus. Untuk lebih memahami apa itu siklus air, kalian dapat mempelajari gambar berikut.
Daur Air
  1. Air yang berada di daratan (di permukaan maupun di dalam tanah) akan bergerak menuju ke lautan.
  2. Cahaya Matahari yang menyinari lautan akan membuat air yang berada di permukaan laut berubah wujud menjadi uap. Uap air akan berkumpul di atmosfer, mengalami kondensasi, dan membentuk awan.
  3. Angin akan membawa awan terbang dan berkumpul dengan awan lainnya.
  4. Awan yang mengandung banyak uap air akan mengalami presipitasi atau dalam istilah lain yang lebih sering kita kenal sebagai hujan.

Air hujan yang jatuh ke permukaan Bumi akan mengalir ke sungai, danau, dan diserap tanah. Selanjutnya, air akan bergerak lagi mengikuti siklus air tahapan nomor satu. Selain hujan (yang merupakan bagian dari siklus air), cuaca di suatu daerah juga dipengaruhi oleh angin dan temperatur udara. Bagaimana cuaca di daerah kalian akhir-akhir ini? 

Mari Refleksikan
1. Apakah ada sungai, danau, gunung, bukit, atau lembah di daerah sekitar rumah kalian? Jika ada seperti apa kondisinya?
Di daerak sekitar rumahku terdapat sungai yang kondisinya sangat kotor dan penuh sampah plastik
2. Apakah ada perbedaan bentuk alam antara lingkungan sekolah dengan lingkungan rumah kalian? Jika ada, apa perbedaannya?
Ada, lingkungan rumah merupakan tempat tinggal sehingga terdapat kamar dan tempat tidur, sementara lingkungan sekolah merupakan tempat menimba ilmu sehingga yang ada adalah meja dan kursi saja.
3. Jika di sekitar rumah kalian tidak ada sungai, danau, gunung, bukit atau lembah, menurut kalian apa penyebabnya?
Jika tidak ada sungai danau, gunung, bukit atau lembah karena daerahku berada di pekotaan dan berada di dataran rendah
4. Menurut kalian apakah dulu kondisi lingkungan di sekitar kalian sama seperti saat ini?
Menurut saya kondisi lingkungan di sekitar saya berbeda dengan kondisi sekarang. Misalnya saja dulu jalan di depan rumahku dulu sempit, namun sekarang menjadi lebar karena ada pelebaran jalan
5. Adakah dampak negatif atau positif dari perubahan yang terjadi?
Dampak negatif perubahan tersebut adalah banyak tanah warga yang dibebaskan untuk jalan dan polusi udara meningkat karena banyaknya kendaraan yang lalu lalang.
xx
Demikian pembahasan mengenai Topik B: Mengapa Bentuk Permukaan Bumi Berubah-ubah?. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku IPAS Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:36 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.