Home » , , , » Membaca Teks “Kosakata Baru Ciptaan Warganet?”

Membaca Teks “Kosakata Baru Ciptaan Warganet?”

Teks “Kosakata Baru Ciptaan Warganet?” akan menarik perhatian peserta didik karena memuat kosakata yang biasa mereka jumpai ketika beraktivitas di media daring khususnya media sosial. Peserta didik yang tidak akrab dengan media sosial juga mendapatkan pengetahuan baru. Tujuan pembelajaran kali ini adalah setelah membaca dan memahami teks, peserta didik dapat mengidentifikasi kosakata yang biasa digunakan di media sosial dengan tepat.

Membaca 
Bacalah petikan penelitian ini, perhatikan kosakata yang secara khusus berkaitan dengan internet. 
Kosa Kata
Kosakata Baru Ciptaan Warganet?
Saat ini internet sudah menjadi istilah yang akrab dalam keseharian kita. Pada tingkat tertentu, internet menjadi semacam kebutuhan bagi orang yang membutuhkan informasi dan komunikasi. Internet mengubah cara orang berpikir, bekerja, berbelanja, belajar, dan berkomunikasi.

Planet bumi yang kita tempati ini telah menjelma menjadi planet internet. Dunia benar-benar disatukan oleh jaringan pintar ini. Tidak ada lagi batas geografis, bahkan tak ada lagi batas waktu.

Salah satu imbas dari jaringan pintar internet ini adalah berkembang luasnya media sosial. Proses komunikasi yang selama ini dilakukan melalui komunikasi tatap muka, komunikasi kelompok, komunikasi massa, berubah dengan perkembangan teknologi komunikasi virtual, khususnya internet. Kini, di berbagai tempat, banyak orang yang lebih asyik berkomunikasi melalui gawai yang mereka miliki daripada langsung dengan orang-orang yang berada di dekatnya.

Komunikasi melalui media sosial ini juga melahirkan kosakata baru. Semula, kosakata tersebut hanya dipergunakan dalam komunikasi media sosial, sebagian bermula dari senda gurau, tetapi kian lama penggunaannya kian luas, misalnya:
  1. selfie = Aktivitas memotret diri sendiri menggunakan kamera depan telepon genggam.
  2. merapat = Diartikan sebagai ajakan untuk berkumpul bisa juga pengganti kata “sini”.
  3. hoax = Bermakna palsu yang diambil dari kata sama dalam bahasa Inggris yang berarti cerita berbohong.
  4. typo = Salah tik.
  5. stalk = Memiliki arti mengikuti. Istilah stalk ini digunakan untuk mencari tahu kegiatan seseorang dengan melihat isi setiap media sosial yang digunakan.
  6. garing = Merupakan kata dari bahasa Sunda yang artinya “tidak lucu”.
  7. gaes = Sapaan untuk semua kalangan, biasanya untuk yang seumur.
  8. netizen = Pengguna internet.
  9. tag = Menandai

Kosakata baru dapat muncul karena komunikasi antarmanusia. Apakah kalian biasa menggunakan kosakata baru tersebut dan bagaimana pendapat mereka: mereka suka, tidak suka, atau biasa-biasa saja.
Saya biasa menggunakan kosakata tersebut. Pendapat saya merasa suka karena para remaja lebih cepat menyerap kosakata ciptaan warganet daripada bahasa Indonesia baku karena kosakata ciptaan warganet cenderung lebih mudah digunakan dan lebih familiar bagi mereka. Kosa kata bahasa ciptaan warganet juga sering digunakan dalam interaksi sehari-hari, termasuk dalam media sosial dan percakapan informal dengan teman sebaya. 

Demikian pembahasan mengenai Membaca Teks “Kosakata Baru Ciptaan Warganet?”. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.