Home » , , » Memilih Tantangan Mengamati Peran Dekomposer

Memilih Tantangan Mengamati Peran Dekomposer

Dalam sebuah ekosistem, terdapat tiga komponen biotik yang saling mempengaruhi dan berinteraksi satu sama lain yaitu produsen, konsumen, dan dekomposer. Produsen adalah organisme yang mampu menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Contohnya, tumbuhan hijau yang dapat mengubah sinar matahari menjadi gula dan karbohidrat sederhana lainnya.

Konsumen adalah organisme yang memakan tumbuhan atau hewan lain untuk mendapatkan energi demi kelangsungan hidupnya. Konsumen dibagi menjadi dua tingkatan, yaitu konsumen I (herbivora) yang memakan tumbuhan, dan konsumen II (karnivora) yang memakan hewan atau konsumen tingkat I. Contohnya, jerapah adalah konsumen I dan singa adalah konsumen II. Sedangkan dekomposer adalah organisme yang mendapat energi dengan memecah organisme mati menjadi nutrisi. Sebagai contoh, jamur, bakteri, dan invertebrata seperti kepik dan cacing tanah termasuk dekomposer.

Dekomposer atau pengurai ini memainkan peran penting dalam setiap ekosistem. Mereka membantu mengurai organisme mati menjadi bahan organik yang dapat digunakan kembali oleh tanaman dan hewan lainnya. Tanpa dekomposer, organisme mati tidak akan dipecah dan didaur ulang menjadi nutrisi yang dapat menunjang pertumbuhan dan reproduksi makhluk hidup lainnya.

Untuk mengetahui peran dekomposer/pengurai dalam transfer energi di alam berikut ini percobaan/tantangan yang dapat dilakukan.

Alat dan bahan :
  1. plastik bening satu lembar;
  2. potongan kecil sampah sayur/kulit buah sebanyak dua mangkuk kecil;
  3. alat bantu untuk menggali tanah

Langkah percobaan:
  1. Masukkan satu mangkuk sampah sayur/kulit buah pada plastik bening dan lipat plastiknya (tidak perlu diikat).
  2. Carilah tanah di sekitar halaman rumah kalian yang banyak ditumbuhi tanaman. Gali dua lubang di tanah dengan kedalaman 25 - 30 cm. Jika tidak memungkinkan dilakukan di halaman rumah, kalian bisa menggantinya menggunakan pot yang diisi tanah segar dengan kedalaman yang sama.
  3. Masukkan satu mangkuk sampah sayur/kulit buah yang tidak dibungkus plastik dan yang dibungkus plastik ke dalam masing-masing lubang.
  4. Tutup lubang dengan tanah dan beri tanda
  5. Amati kondisi keduanya setiap minggu selama 3 minggu dengan membuka galiannya. 
  6. Tulis hasil pengamatan dalam lembar kerja kalian.
  7. Jika sudah berhasil, ceritakan hasil eksperimen kalian mengenai dekomposer dan jelaskan apa yang dimaksud dengan menguraikan kepada teman-teman kalian.
Dekomposer
Mengamati Peran Dekomposer
Tujuan: Melakukan pengamatan mengenai peran dekomposer sebagai pengurai benda organik melalui kegiatan percobaan.
Alat dan bahan yang digunakan:
  1. plastik bening satu lembar;
  2. potongan kecil sampah sayur/kulit buah sebanyak dua mangkuk kecil;
  3. alat bantu untuk menggali tanah
Cara kerja yang dilakukan:
  1. Masukkan satu mangkuk sampah sayur/kulit buah pada plastik bening dan lipat plastiknya (tidak perlu diikat).
  2. Carilah tanah di sekitar halaman rumah kalian yang banyak ditumbuhi tanaman. Gali dua lubang di tanah dengan kedalaman 25 - 30 cm.
  3. Jika tidak memungkinkan dilakukan di halaman rumah, kalian bisa menggantinya menggunakan pot yang diisi tanah segar dengan kedalaman yang sama.
  4. Masukkan satu mangkuk sampah sayur/kulit buah yang tidak dibungkus plastik dan yang dibungkus plastik ke dalam masing-masing lubang.
  5. Tutup lubang dengan tanah dan beri tanda.
  6. Amati kondisi keduanya setiap minggu selama 3 minggu dengan membuka galiannya.
  7. Tulis hasil pengamatan dalam lembar kerja kalian.
  8. Jika sudah berhasil, ceritakan hasil eksperimen kalian mengenai dekomposer dan jelaskan apa yang dimaksud dengan menguraikan kepada teman-teman kalian.
Tabel Pengamatan
Minggu Ke-Kondisi Sayuran tanpa PlastikKondisi Sayuran dengan Plastik
1Mulai membusukMasih utuh
2Sayuran membusukSayuran mulai membusuk
3Sayuran berubah warna menjadi hitamSayuran membusuk
4Sayuran berubah menjadi komposSayuran berubah menjadi hitam
Kesimpulan
Berdasarkan hasil percobaan yang saya lakukan, terlihat bahwa sayuran yang disimpan dalam tanah lama kelamaan akan membusuk. Adapun sayuran yang dibungkus plastik terlihat masih utuh. Setelah melakukan percobaan, saya melihat bahwa dekomposer yang ada pada tanah membantu mengurai sayuran menjadi nutrisi.
Kesan setelah melakukan percobaan (ceritakan hal menarik yang atau hambatan yang kalian temukan saat melakukan percobaan ini)
Kesan saya adalah dekomposer berperan dan mengurai sayuran menjadi kompos

Demikian pembahasan mengenai Memilih Tantangan Mengamati Peran Dekomposer. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:52 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.