Home » , , , » Memaparkan Ciri Benda Kesukaan

Memaparkan Ciri Benda Kesukaan


Tahukah kalian bahwa orang lain kadang mengenali kita dari benda-benda  yang kita sukai? Sekarang fotolah benda-benda yang kalian sukai di kamar atau di rumah kalian. Tentu kalian juga dapat menggambarnya. Sesuatu ini dapat berupa makanan, alat tulis, buku, tanaman, binatang piaraan, atau apa saja yang identik dengan diri kalian.

Tuliskan ciri-ciri benda tersebut pada diagram ini. Setelah itu, tulis beberapa kalimat deskripsi tentang benda tersebut, lalu ceritakan benda ini kepada teman-teman kalian. Gunakan kata sapaan yang akrab dan santun untuk menarik mereka. Ingat, kalian harus membuat teman-teman kalian  dapat membayangkan, menyentuh, melihat langsung, meraba, membau, atau merasakan benda ini. Gunakan kata konkret dan kalimat perinci, ya.

Nasi Goreng Kesukaanku
Hai, Teman-teman! Kalian tahu, makanan kseukaanku?” “Ya, tepat sekali! Makanan kesukaanku adalah nasi goreng. Nasi goreng yang sederhana menjadi salah satu solusi yang paling tepat jika kamu ingin menyantap menu yang praktis. Namun, tidak hanya praktis, nasi goreng sederhana dengan sedikit bahan pun juga bisa menggugah selera jika diolah dengan tepat. Daripada penasaran, ayo simak penjelasanku!”
Nasi Goreng
Bentuk dan Warna
“Kalian bisa menebak mengapa nasi goreng ini menjadi makanan kesukaaanku? Nasi goreng biasanya disajikan dalam piring, di mana telur dadar dibuat setipis mungkin digunakan untuk membungkus nasi oreng. Cukup letakkan telur dadar di mangkuk, lalu tempatkan di piring dengan posisi terbalik. Nasi Goreng pada umumnya memiliki warna coklat khas dari kecap, namun ada juga yang memiliki warna kuning, ungu, merah, kuning dan hitam warna-warna tersebut baru-baru ini muncul di publik. “Waaah, enak sekali, ya!"

Aroma/Rasa
"Daripada penasaran, ayo langsung kita coba bagaimana rasa nasi goreng!” Dari berbagai menu makanan yang ada, nasi goreng termasuk ke salah satu hidangan yang digemari oleh banyak orang. Rasa manis, pedas, dan gurih pun menjadi kombinasi yang menciptakan cita rasa begitu nikmat dan cocok disantap baik pagi maupun malam hari. “Hmmm … wuiihh, enak sekali, ya!

Bau
“Nah, sekarang bagaiman bau dari nasi goreng. Selain komposisi bahan yang pas, penggunaan bumbu juga sangat berpengaruh. Dalam hal ini, yang harus diperhatikan adalah pemakaian bumbu dasar bawang merah dan bawang putih. Kuncinya, tumis bawang putih sampai matang betul dan aromanya keluar baru masukkan bahan lain seperti udang atau telur. Kalau bawang putihnya matang sempurna, aromanya sungguh bikin makan jadi lebih nikmat. Bumbu yang lebih tajam membuat rasa nasi goreng ini berbeda. “Kalian bisa menebak mengapa rasa nasi goreng ini begitu menggoda!"

Tekstur
“Nah, mungkin kalian bertanya-tanya, bagaimana tekstur nasi goreng, ya?’ Kenikmatan nasi goreng sangat dipengaruhi oleh tekstur nasi yang digunakan. Sangat disarankan untuk memakai jenis nasi dengan tekstur yang tidak lembek. Orang-orang biasa menyebut tekstur nasi yang pas dimasak menjadi nasi goreng adalah nasi pera. Ini merupakan tekstur nasi yang cukup kering sehingga butiran nasi terpisah satu sama lain. “Nah, bagaimana? Sepertinya kalian sudah tidak sabar ingin mencoba, ya? Daripada penasaran, ayo langsung kita coba!”

Demikian pembahasan mengenai Memaparkan Ciri Benda Kesukaan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:17 AM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.