Home » , , » Soal Post test Modul 6 Setelah Belajar di Tahap Mahir (Part 1)

Soal Post test Modul 6 Setelah Belajar di Tahap Mahir (Part 1)

Materi penutup mengajak Anda untuk tidak berhenti dalam belajar. Walaupun satuan pendidikan Anda sudah berada pada tahap mahir, tapi roses evaluasi dan refleksi dapat tetap dilakukan secara konsisten. Dengan begitu selalu ada proses belajar dan perkembangan dari satuan pendidikan kita setiap tahunnya.

Dalam menyusun KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan), sekolah diberikan wewenang untuk menentukan format dan sistematika penyusunannya. KOSP dikembangkan dan dikelola dengan mengacu kepada struktur kurikulum dan standar yang ditetapkan oleh Pemerintah dan menyelaraskannya dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerah. Ternyata penyusunan kurikulum operasional memang meperlukan banyak pihak yang terlibat bukannya satu orang saja. Kita ulas sedikit, sudah belajar apa saja di topik ini.
  1. Pertama belajar cara analisis karakterisik satuan pendidikan.
  2. Kedua, mengenai komponen fisi, misi dan tujuan. 
  3. Belajar cara merancang kurikulum operasional di tahap mahir.
  4. Analisis karakterisiknya juga dilakukan secara sistematis dan sudah mencakup faktor internal dan external. Juga melibatkan banyak pihak untuk mengumpulkan aspirasi. Agar kurikulum yang dikembangkan, lebih kontekstual dan menjawab kebutuhan warga satuan pendidikan. Hasil analisisnya terus digunakan sebagai dasar untuk meninjau ulang fisi, misi dan tujuan satuan pendidikan.

Aksi Nyata merupakan aktivitas terakhir untuk menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri. Aksi Nyata juga merupakan bentuk praktik pemahaman Anda terhadap topik yang dipelajari dalam Pelatihan mandiri. Melalui Aksi Nyata, Anda bisa mencoba mengimplementasikan teori yang telah dipelajari dalam Pelatihan Mandiri dan mendemonstrasikan pemahaman dan penguasaan materi. Sebagai kepala satuan pendidikan tetap menjadi penmbimbing di kelompok. Agar mengerti semua prosesnya dan menjadi mentor untuk para guru.
Aksi Nyata
Aksi Nyata dapat dilakukan jika Anda telah selesai mempelajari materi pada suatu topik Pelatihan Mandiri hingga Post Test. Untuk mengerjakan Aksi Nyata, perhatikan langkah berikut ini: 
  1. Baca persyaratan lulus validasi Aksi Nyata 
  2. Memilik topik Aksi Nyata di platform Merdeka Mengajar
  3. Melakukan Aksi Nyata di lapangan 
  4. Menuangkan aktivitas Aksi Nyata ke dokumen tertulis  
  5. Mengunggah dokumen Aksi Nyata dalam format PDF ke platform Merdeka Mengajar 

Memilih Topik Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar
Dalam mengerjakan aksi nyata, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih topik Aksi Nyata yang sudah disediakan di platform Merdeka mengajar. Berikut caranya:
  1. Klik Pilih Aksi Nyata
  2. Pilihan topik Aksi Nyata akan muncul. Anda bisa membaca rincian atau panduan pada setiap topik untuk membantu Anda dalam menentukan Aksi Nyata yang akan dilakukan. 
  3. Baca dengan saksama rincian pada tiap topik Aksi Nyata dan tentukan topik yang ingin dipilih.
  4. Setelah memilih topik Aksi nyata, klik Selanjutnya 
  5. Lakukan atau praktikan Aksi Nyata sesuai panduan yang ada. Kemudian tuangkan aktivitas Aksi Nyata Anda ke dokumen tertulis. Anda bisa menggunakan aplikasi word processor seperti Microsoft Word, Pages, dan lain sebagainya, lalu ubah dokumen ke format PDF dengan ukuran maksimal 10 MB. Pastikan isi dokumen Aksi Nyata sesuai panduan, yaitu: Aktivitas sesuai dengan topik Aksi Nyata, Memuat dokumentasi saat melakukan Aksi Nyata , Menuangkan buah pikiran personal hasil karya Anda sendiri (hindari plagiarisme)
  6. Selanjutnya, klik Mulai Lengkapi
  7. Geser tombol Aksi Nyata sudah dilakukan ke kanan, lalu klik Ya, Lanjut
  8. Isi Lembar Aksi Nyata: Unggah dokumen Aksi Nyata Anda dalam format PDF maksimal 10 MB dengan cara klik Pilih File, Isi Judul Aksi Nyata , Ceritakan secara singkat Aksi Nyata yang anda lakukan di kolom yang tersedia , Ceritakan pembelajaran yang Anda dapatkan saat melakukan Aksi Nyata, Klik ikon kotak untuk memberi tanda centang sebagai pernyataan bahwa Aksi Nyata yang Anda buat adalah karya pribadi (bukan plagiat) dan sudah sesuai dengan panduan, dan Klik Kumpulkan
  9. Selamat, Aksi Nyata Anda berhasil dikumpulkan. Kemudian klik Lihat Aksi Nyata
  10. Minta umpan balik pada rekan sejawat dengan membagikan Aksi Nyata Anda yang sudah diunggah ke platform Merdeka Mengajar. Klik ikon bagikan yang ada di kanan atas atau klik Bagikan Aksi Nyata yang ada di bagian bawah halaman.
  11. Selanjutnya, Anda bisa menunggu Aksi Nyata Anda divalidasi. Informasi proses validasi Aksi Nyata 

1. Latihan Pemahaman
Untuk mengembangkan kurikulum operasional yang kontekstual, satuan pendidikan bisa menggali aspirasi dari …
Jawaban : Semua benar
2. Cerita Reflektif
Setelah mempelajari topik ini, saya akan melakukan...
Setelah mempelajari topik ini saya akan melakukan implementasi tahap berkembang siswa guna merancang kurikulum operasional satuan pendidikan.
3. Post Test
Langkah selanjutnya setelah menyelesaikan topik ini adalah
A. Mengerjakan aksi nyata
B. Mencoba belajar tahap yang lain
C. Melanjutkan belajar ke topik Memahami Kurikulum Operasional pada Tahap Siap bagian ke-2
D. Semua benar
Jawaban : D. Semua benar
Demikian pembahasan mengenai Modul 6 Setelah Belajar di Tahap Mahir (Part 1) Platform Merdeka Mengajar. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:12 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.