Home » , , » Soal Post Test Modul 2 Permainan Interaktif untuk Pembelajaran Kooperatif dan Asesmen Peserta Didik

Soal Post Test Modul 2 Permainan Interaktif untuk Pembelajaran Kooperatif dan Asesmen Peserta Didik

Cara apa yang biasanya Ibu dan Bapak lakukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Ternyata, bentuk permainan interaktif dapat dijadikan cara untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik! Mari kita simak penggunaan Jeopardy untuk meningkatkan motivasi murid dalam belajar.

Permainan kuis Jeopardy merupakan salah satu pertunjukan kuis yang ada pada acara televisi populer di Amerika. Kemudian berkembang menjadi bentuk kuis dan permainan online. Kekhasan kuis ini adalah siswa dikelompokkan untuk menjawab pertanyaan yang telah dipilih oleh siswa yang disediakan oleh guru di depan kelas.

Aturan Permainan
  1. Skor ditentukan dari soal yang dipilih.
  2. JAWABAN berbentuk pertanyaan (setiap kelompok membuat 1 pertanyaan).
  3. Permainan dilakukan dalam 2 sesi, sesi pertama GILIRAN, sesi kedua REBUTAN
  4. Apabila soal tidak terjawab, maka akan dilempar kepada kelompok selanjutnya tanpa mengacungkan tangan kembali.
  5. Apabila salah menjawab atau melanggar peraturan akan dikurangi 50 % poin yg dipilih.
Kolab
Mengenal Aplikasi Terbuka dan Tertutup dalam Pembelajaran
Aplikasi online dapat dibagi ke dalam dua kategori, yaitu tipe aplikasi tertutup dan tipe aplikasi terbuka. Perbedaan keduanya adalah dari cara pemakaiannya.

Aplikasi Tertutup
  1. Keterlibatan intelektual pasif dari pengguna
  2. Akuisisi fakta melalui memori, usaha mengingat kembali (recall) atau identifikasi
  3. Software menentukan terlebih dahulu semua yang terjadi pada layar (kontribusi pengguna hanya sebatas pada respon-respon yang dapat diterima)
  4. Seluruh kapasitas software ini biasanya dapat diobservasi/dipelajari dalam waktu yang sangat singkat
  5. Berorientasi pada paradigma pembelajaran “tradisional”

Aplikasi Terbuka
  1. Aplikasi/ program ini baik untuk mengidentifikasi, mengingat kembali fakta-fakta, membentuk kreativitas, pemecahan masalah, analisis, sintesis, dsb.
  2. Menggunakan teknologi “tingkat tinggi” atau menggunakan teknologi dengan cara yang lebih tinggi menuntut ketrampilan teknis dan ketrampilan perencanaan pembelajaran yang lebih baik dari para guru.
  3. Para mahasiswa mungkin juga merasa kurang nyaman, karena mereka terbiasa melakukannya dengan cara yang mudah – yaitu menjawab pertanyaan. Tetapi ini adalah cara yang tepat apabila kita ingin memaksimalkan potensi penggunaan TIK

1. Latihan Pemahaman
A. Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dan Mengukur Capaian Belajar Peserta Didik dengan Bantuan Teknologi
Menggunakan aplikasi permainan interaktif pada pembelajaran bertujuan untuk...
Jawaban : Meningkatkan motivasi murid dalam mengikuti pembelajaran
B. Mengenal Aplikasi Terbuka dan Tertutup dalam Pembelajaran
Pada tipe aplikasi tertutup, pengguna tidak dapat mengubah atau menambahkan konten di aplikasi tersebut.
Pernyataan tersebut adalah...
Jawaban : benar
2. Post test
1.
Salah satu keuntungan menggunakan tipe aplikasi tertutup adalah...
A.Konten dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di kelas.
B.Tidak perlu menyiapkan konten karena sudah tersedia di aplikasi
C.Pengguna dapat menggunakan template dasar untuk beragam keperluan
D.Tidak perlu menggunakan komputer/laptop dan projektor
Pembahasan :
Jawaban : B
2.Selain meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar, permainan Jeopardy juga melatih...
A.Kerja sama dalam menjawab pertanyaan
B.Kemampuan berpikir kritis dalam membuat pertanyaan
C.Kompetensi untuk menebak gambar
D.Kompetisi untuk memperagakan suatu gerakan
Pembahasan :
Jawaban : B
3.Salah satu keuntungan menggunakan tipe aplikasi tertutup adalah...
A.Konten dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di kelas.
B.Tidak perlu menyiapkan konten karena sudah tersedia di aplikasi
C.Pengguna dapat menggunakan template dasar untuk beragam keperluan
D.Tidak perlu menggunakan komputer/laptop dan projektor
Pembahasan :
Jawaban : B
4.Permainan Jeopardy dapat mendukung model pembelajaran kooperatif, yaitu dengan...
A.Menggunakan papan permainan
B.Menjawab pertanyaan yang diberikan guru
C.Melibatkan kerja sama dalam kelompok masing-masing
D.Melibatkan kompetisi dalam kelompok
Pembahasan :
Jawaban : C

Demikian pembahasan mengenai Modul 2 Permainan Interaktif untuk Pembelajaran Kooperatif dan Asesmen Peserta Didik platform Merdeka Mengajar. Semoga bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.