Home » , , » Soal Post test Modul 1 Pembelajaran Aktif dan Efektif Memanfaatkan TIK

Soal Post test Modul 1 Pembelajaran Aktif dan Efektif Memanfaatkan TIK

Bagi anak didik kita, teknologi adalah dunia mereka. Mereka yang lahir di era teknologi adalah warga negara digital. Maka dari itu, sudah sewajarnya pembelajaran di dalam kelas pun diintegrasikan dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini. 

Pemanfaatan teknologi tidak bisa lagi dihindarkan karena teknologi bagian dari kehidupan modern. Bagi peserta didik teknologi adalah dunia mereka. Mereka yang lahir di era teknologi adalah warga negara digital. Sudah saatnya para pendidik menyesuaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan zaman, yaitu pembelajaran yang mengasah keterampilan di masa yang akan datang untuk menghadapi dunia kerja. 

Menurut Ki Hajar Dewantara dasar pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berhubungan dengan de mana anak berada, sedangkan kodrat zaman bisa diartikan sebagai bekal keterampilan yang perlu peserta didik miliki sesuai zamannya.

Agar mereka dapat hidup berkarya dan menyesuaikan diri atau yang sering kita dengar dengan istilah kecakapan Abad 21. Pembelajaran yang sesuai dengan konteks kodrat zaman salah satunya dapat dilaksanakan dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan dunia TIK yang pesat banyak melahirkan aplikasi online yang bermanfaat bagi dunia pendidikan. Baik untuk meningkatkan mutu pembelajaran, meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar, mendorong keaktifan, kecakapan berkomunikasi, dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Namun perlu diperhatikan bahwa TIK hanyalah alat bantu bagi pendidik dalam memberikan pembelajaran yang efektif . Kemampun pendidik dalam mengelola pembelajaran tetap menjadi poin yang menentukan agar pembelajaran dapat diteri atau tidak oleh peserta didik. Pemanfaatan TIK yang dipadu dengan kompetensi paedagogik akan menghasilkan pembelajaran yang efektif dan bermakna untuk peserta didik.

Salah satu strategi untuk meningkatkan keterampilan berpikir para peserta didik yaitu dengan memanfaatkan model pembelajaran Visual Organizer. Salah satu strategi untuk meningkatkan keterampilan berpikir peserta didik yaitu dengan memanfaatkan visula organizer. Visual organizer adalah media komunikasi visual yang menggunakan simbol-simbol  visual untuk mengekspresikan ide , konsep, dan juga menyampaikan makna. Contoh pembelajaran menggunakan visual organizer adalah peta konsep, T chart, skema, diagram venn, peta pikiran dan media lainnya yang menggunakan simbol visual.

Ragam visual organizer ini dapat digunakan peserta didik dalam merancang sesuatu. Di era digital ini terdapat beberapa aplikasi online yang memudahkan kita dalam membuat visual organizer. Selain itu aplikasi ini juga diharapkan dapat lebih menarik perhatian peserta didik 
  1. Padlet merupakan aplikasi canvas digital yang dapat dimanfaatkan untuk banyak kegiatan. Salah satunya adalah curah pendapat secara kolaboratif.
  2. MindMeister adalah alat yang dapat digunakan untuk mindmapping dan memungkinkan pengguna untuk  berkolaborasi mengembangkan pemikiran dan berbagi gagasan secara visual. MindMeister banyak digunakan untuk brainstorming, menyimpan catatan, merencanakan proyek dan berbagi tugas kreatif lainnya. 
Padlet
1, Latihan Pemahaman
A. Pemanfaatan Tools Online untuk Pembelajaran Aktif
Mengapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di kelas merupakan hal yang penting saat ini?
jawaban : karena kebutuhan zaman dengan dengan perkembangan teknologi yang pesat
B. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Peserta Didik dengan Visual Organizer Peta Konsep
Manfaat dari penggunaan aplikasi tipe visual organizer dalam pembelajaran di kelas adalah...
Jawaban : Membantu peserta didik mengekspresikan ide, konsep dan menyampaikan makna
2. Post test
1.
MindMeister dapat peserta didik manfaatkan untuk membuat...
A.Peta konsep
B.Poster digital
C.Portofolio
D.Buku cerita
Pembahasan :
Jawaban : A
2.Berikut ini yang bukan merupakan manfaat dari pemanfaatan tools online dalam pembelajaran aktif di kelas adalah...
A.Melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi
B.Meningkatkan mutu pembelajaran
C.Meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar
D.Menggantikan budaya luhur dengan budaya barat
Pembahasan :
Jawaban : D
3.
Pemanfaatan aplikasi visual organizer hanya bisa digunakan oleh peserta didik dalam jenjang SMP dan SMA. Pernyataan tersebut yaitu ....
A.Benar
B.Salah
Pembahasan :
Jawaban : B

Demikian pembahasan mengenai Modul 1 Pembelajaran Aktif dan Efektif Memanfaatkan TIK platform Merdeka Mengajar. Semoga bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:21 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.