Home » , , » Soal Post Test Modul 3 Pembelajaran Berbasis Proyek yang Mengintegrasikan TIK

Soal Post Test Modul 3 Pembelajaran Berbasis Proyek yang Mengintegrasikan TIK

Pemanfatan Aplikasi Pengolah Angka dalam Pembelajaran Berbasis Proyek
Dalam kesehariannya, manusia kerap menghadapi berbagai macam permasalahan. Maka dari itu, peserta didik perlu dilatih untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya melalui pembelajaran berbasis proyek. Dalam pelaksanaannya, kita dapat memanfaatkan tools online untuk mengolah informasi dan memetakan masalah.

Pembuatan Tabel Sederhana
Tabel merupakan bentuk lembar kerja utama dalam aplikasi pengolah  angka. Fungsi dari tabel tersebut adalah untuk mempermudah pengguna dalam  membaca dan membuat sebuah data informasi yang akan diolah. Materi  Pembuatan Tabel Sederhana merupakan materi dasar dalam pemanfaatan aplikasi  pengolah angka.

Pemanfatan Aplikasi Desain Grafis untuk Pembuatan Poster
Setelah data terkumpul dan diolah menggunakan tools pengolah angka lalu bagaimana peserta didik dapat mengkomunikasikan hasil pembelajarannya? 
Piktochart
Dari aplikasi Piktochart, peserta didik dapat membuat media komunikasi seperti poster, infografis, media kampanye, dan lainnya. Peserta didik dapat didorong untuk mengemas informasi atau fakta tentang permasalahan yang mereka temukan, berserta solusinya dalam bentuk poster digital. Poster digital tersebut kemudian bisa dicetak untuk disebarkan kepada teman-teman satu sekolah. Dengan begitu, manfaat PJBL yang dilakukan peserta didik tidak berhenti sampai mereka saja, namun juga disebar luaskan kepada pihak lain agar lebih berdampak. Peserta didik pun belajar untuk mengkomunikasikan gagasannya kepada orang lain.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat poster digital adalah Piktochart, dan Canva. Dengan aplikasi ini, peserta didik dapat dengan mudah menyajikan pesan dalam bentuk teks dipadu dengan gambar, grafik, ilustrasi, dan media lainnya. Peserta didik dapat memanfaatkan aplikasi online ini untuk membuat poster digital mereka. Dengan Pikto chart, anak-anak dapat membuat infografis, poster dan presentasi secara online. Pikto Chart menawarkan berbagai template desain dan alat untuk membantu peserta didik membuat poster yang menarik.

Walaupun demikian, aplikasi online ini adalah alat bantu dalam pembelajaran berbasis project yang terpenting adalah bagaimana kita bisa melati peserta didik untuk dapat mengidentifikasi permasalahan di sekitanya dan berusaha mencari solusi dari permasalahannya. Selain itu, PJBL juga mendorong peserta didik untuk menghubungkan antara pengetahuan yang tidak patkan nya dan manfaat atau kegunakan di dunia yang nyata.

1. Latihan Pemahaman
Penggunaan spreadsheet untuk pembelajaran berbasis proyek berfungsi untuk...
Jawaban : Mengolah data yang telah dikumpulkan
Manfaat penggunaan aplikasi desain grafis dalam pembelajaran berbasis proyek adalah...
Jawaban : Membantu peserta didik membuat media komunikasi visual
2. Post test
1.
Bagaimana keuntungan penggunaan tools online untuk membuat poster digital jika dibandingkan dengan menggambar langsung?
A.Penggunaan tools online sangatlah mudah jika dibandingkan dengan menggambar langsung pada kertas/karton
B.Poster digital bisa diunggah di sosial media, sementara poster tradisional tidak dapat diunggah
C.Informasi lebih mudah disampaikan dengan menggunakan poster digital, sementara informasi dalam poster tradisional cenderung kurang jelas terlihat 
D.Pada tools online sudah terdapat template yang dapat langsung digunakan, sementara bila menggunakan kertas, peserta didik perlu dari awal
Pembahasan :
Jawaban : D
2.Romi, murid kelas 5 di SD Bahagia, sedang melakukan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan motivasi membaca murid di sekolah. Data sudah terkumpul, dan guru meminta Romi untuk mengolah data tersebut dalam spreadsheet. Setelah memindahkan data ke dalam tabel yang sudah tersedia, apa yang selanjutnya dilakukan Romi?
A.Memaknai grafik yang telah terbentuk secara otomatis
B.Memindahkan data dari tabel ke buku catatan
C.Melaksanakan wawancara pada peserta didik SD Bahagia
D.Mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas
Pembahasan :
Jawaban : A

Demikian pembahasan mengenai Modul 3 Pembelajaran Berbasis Proyek yang Mengintegrasikan TIKplatform Merdeka Mengajar. Semoga bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:04 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.