Home » , , » Soal Post test Modul 2 Penerapan Numerasi di Kehidupan Sehari-hari

Soal Post test Modul 2 Penerapan Numerasi di Kehidupan Sehari-hari

Kemampuan numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari, dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita. Kemampuan ini menjadi sangat penting bagi kebutuhan personal dan pekerjaan karena numerasi membantu seseorang dalam penguasaan keterampilan dasar yang diperlukan dalam hidup.

Kemampuan literasi ditunjukkan dengan cakap menggunakan keterempilan matematika secara praktis untuk memenuhi tuntutan kehidupan contohnya pada kebutuhan personal dan pekerjaan. Keputusan keputusan pribadi seperti memilih rute perjalanan menentukan waktu keberangkatan, membeli sesuatu, merencanakan dana yang akan ditabung, membaca data konsumsi listrik dan air dalam rumah tangga. Untuk pengelolan yang lebih baik pasti memerlukan kemampuan numerasi yang cakap.

Numerasi membantu seseorang dalam pengawasan keterampilan dasar yang dibutuhkan dalam hidup. Kebutuhan personal banyak terkait dengan kegiatan menghitung, membaca data, mengambil kesimpulan dan menganalisis argumen. Numerasi membentuk teknik penalaran pada aktivitas sehari-hari. Memahami angka, jarak, pola, waktu dan berbagai data yang ada disekitar kita.
Numerasi
Kini, hanya dengan bermodalkan aplikasi peta daring, kita bisa mengenalisa jarak, ruta, waktu, dan moda kendaraan ketika akan bebergian. Bayangkan jika kita tidak bisa memperkirakan itu semua. Maka, kita akan berpotensi besar mengalami kerugian karena ketinggalan kereta atau pesawat. 

Bayangkan juga, ketika kita tidak membaca informasi prakiran cuaca dengan baik, ketika merencana perjalanan jauh. Bisa jadi rencana pergian kita meleset dari yang dibayangkan. Bahkan, bila kita akan mendaki gunung, namun tidak dapat memperkirakan bekal makanan yang akan dibawa untuk beberapa hari. Atau, kita tidak dapat mengenalisa makanan apa yang sebaiknya dibawa atau dihindari ketika sedang perjalanan mendaki gunung.

Coba kita bayangkan pekerjaan seorang pilot yang harus mahir menerbangkan pesawat terbang. Tak hanya mahir, kemampuan numerasi sangat dibutuhkan untuk hal-hal yang sangat kompleks. Misal, mengetahu daya angkat pesawat, daya dorong mesin, hubungan ketinggian, tekanan udara dan turbulensi. Semua ini dibutuhkan agar pilot dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan tidak terjadi musibah kecelakahan. 

Guru, yang setiap hari mengajar murid-muridnya dengan materi yang dibawakan, erat sekali kaitannya dengan numerasi. Contohnya, pada pelajaran matematika atau admin perkantoran yang harus mengumpulkan, mensortir, dan menyajikan data yang valid tentang kondisi keuangan perusahaan untuk kemudian data tersebut akan digunakan pihak menajemen perusahaan untuk mendiskusikan sebuah keputusan.

Kemampuan numerasi diakui sebagai kemampuan kelayakan kerja yang penting. Semua pembahasan tadi hanyalah contoh kecil peran numerasi yang terkait dengan keputuan personal dan pekerjaan. Jadi, seseorang dituntut untuk memiliki kemampuan numerasi agar dapat memaksimalkan potensi yang ada dan bukan hanya di atas selembar kertas. Ternyata, kemampuan numerasi juga membantu kita pada keputuhan personal dan pekerjaan. Kemampuan numerasi yang baik membantu kita untuk mengambil keputusan yang bijak dalam kehidupan, karena dengan penguasaan kemampuan numerasi kita dapat turut berkontribusi pada kemajuan peradaban.

1. Latihan Pemahaman
A. Kebutuhan Personal dan Pekerjaan
Profesi apa saja yang perlu menguasai numerasi?
Jawaban : Semua benar
B. Kehidupan bermasyarakat dan Ilmiah
Siapa anggota masyarakat yang perlu menguasai numerasi?
Jawaban : Semua benar
2. Cerita Reflektif
A. Kebutuhan Personal dan Pekerjaan
Kegiatan apa yang pernah Anda lakukan yang melibatkan kemampuan numerasi dalam kehidupan sehari-hari Anda?
Kemampuan berhitung atau numerasi dibutuhkan untuk memahami data statistik dan grafik dalam berita, serta memahami informasi tentang pengeluaran pemerintah dan kebijakan-kebijakan terkait yang diambil.
B. Kehidupan bermasyarakat dan Ilmiah
Kegiatan apa yang pernah Anda lakukan yang melibatkan kemampuan numerasi dalam kehidupan sehari-hari Anda?
Kemampuan berhitung atau numerasi dibutuhkan untuk memahami data statistik dan grafik dalam berita, serta memahami informasi tentang pengeluaran pemerintah dan kebijakan-kebijakan terkait yang diambil.
3. Post test
1.
Bagaimana gambaran pentingnya kemampuan numerasi di dunia kerja saat ini?
A.Kemampuan numerasi diakui sebagai kemampuan kelayakan kerja yang penting
B.Kemampuan numerasi hanya dilihat dari pencapaian kuantitatif di ijazah
C.Kemampuan numerasi tidak lagi dianggap penting karena semua sudah ada teknologi
D.Kemampuan numerasi tidak lagi banyak digunakan dalam pekerjaan
Pembahasan :
Jawaban : A
2.Numerasi membantu seseorang dalam penguasaan keterampilan dasar yang diperlukan dalam hidup adalah pengertian dari pentingnya numerasi pada kebutuhan?
A.Pekerjaan
B.Personal
C.Ilmiah
D.Bermasyarakat
Pembahasan :
Jawaban : D
3.Apakah yang menjadi ciri utama masyarakat yang sadar numerasi pada masa kini?
A.Tingkatan budaya yang beragam
B.Tersedianya informasi berbasis data
C.Semua hal digambarkan dalam bentuk angka
D.Semua salah
Pembahasan :
Jawaban : B
4.
Bentuk sajian data ilmiah yang biasa ditemui di masyarakat adalah sebagai berikut, kecuali?
A.Teks fiksi
B.Cerita rakyat
C.Artikel ilmiah
D.Semua salah
Pembahasan :
Jawaban : B
5.Numerasi menjadi penting dalam kehidupan sehari-hari, karena?
A.Setiap aktivitas sehari-hari menggunakan proses penambahan dan pengurangan
B.Setiap aktivitas sehari-hari membutuhkan konten matematika
C.Numerasi dapat membentuk kemampuan penalaran yang dapat diterapkan dalam aktivitas sehari-hari
D.Hanya numerasi yang dapat membuat orang cerdas dan terampil
Pembahasan :
Jawaban : C
6.Salah satu peran numerasi untuk memenuhi kebutuhan bermasyarakat adalah?
A.Memudahkan anggota masyarakat menghitung perjalanan untuk berangkat ke kantor
B.Menghindari hoax /berita bohong yang beredar di masyarakat.
C.Membantu anak sekolah meraih prestasi lebih baik
D.Semua salah
Pembahasan :
Jawaban : D
7.Apa yang menjadi ciri utama masyarakat yang sadar numerasi pada masa kini?
A.Tingkatan budaya yang beragam
B.Tersedianya informasi berbasis data
C.Semua hal digambarkan dalam bentuk angka
D.Semua salah
Pembahasan :
Jawaban : B

Demikian pembahasan mengenai Modul 2 Penerapan Numerasi di Kehidupan Sehari-hari platform Merdeka Mengajar. Semoga bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.