Home » , , » Wayang dan Karakternya

Wayang dan Karakternya

Selain memiliki bentuk rupa yang unik, wayang juga memiliki cerita-cerita menarik dan karakter yang tak biasa yang juga menjadi daya tarik dari pertunjukan budaya tradisional asli Indonesia ini. Maka, tidak mengherankan apabila pertunjukan wayang masih dinikmati di era modern saat ini, bahkan berkembang dengan hadirnya pertunjukan wayang secara virtual.

Sebagai pemilik sah dari warisan budaya wayang, sudah seharusnya bagi kita untuk mengenal sekilas mengenai karakter-karakter dalam wayang. Tak kalah keren dengan karakter superhero fiksi, berikut adalah sejumlah karakter wayang yang paling terkenal.

A. Bathara Kresna
Kresna berarti hitam, ini sesuai dengan kondisi fisik Bathara Kresna. Warna kulitnya hitam, bahkan sampai pada daging, dan bagian tubuh lain. Ia seorang raja di kerajaan Dwarawati, yang memerintah secara adil dan bijaksana dan taat pada peraturan.

Bathara Kresna memiliki kesaktian, berkat kesaktian tersebut para dewa meminta bantuan jika terjadi permusuhan di kahyangan. Ia juga ahli menyusun strategi berperang, ia mengatur strategi sehingga Pandawa berhasil mengalahkan Kurawa.
Krena dan Punakawan
B. Punakawan
Punakawan merupakan tokoh dalam pewayangan yang menggambarkan orang kebanyakan. Punakawan adalah empat tokoh wayang yang melambangkan karakter masyarakay. Semar sang pamomong sifatnya rendah hati. Semar adalah dewa yan turun ke dunia dan mendampingi ksatria-ksatria yang baik perangaianya, termasuk para pandhawa. Gareng tidak pandai berbicara tetapi wataknya humoris, dan suka menolong. Karakter Gareng yang humoris membuat orang-orang disekitarnya terhibur.

Petruk berbadan tinggi, berhidung panjang, berotak cerdas dan bersifat pemberani. Fisik petruk menggambarkan agar manusia selalu berpikir panjang dan tidak terburu-buru untuk melakukan sesuatu. Bawor mencerminkan bahwa manusia memiliki kekurangan dan kelebihan. Bawor merupakan simbol masyarakat Kabupaten Banyumas. Cara berbicara Bawor yang ceplas-ceplos, jujur, sederhana, dan terbuka mencerminkan masyarakat Kabupaten Banyumas.

C. Harya Suman (Sengkuni)
Sengkuni adalah seorang patih di kerajaan Astina yang memiliki nama muda Harya Suman. Sejak kecil ia mengasuh para Kurawa. Ia menghasut dan menanamkan hal-hal yang tidak baik kepada para Kurawa. 

Ketika para Pandhawa sudah dewasa mereka berhasil memiliki wilayah kerajaan sendiri yaitu Amarta. Sengkunipun berencana untuk merebut kerajaan Amarta dari Pandhawa dengan cara bermain dadu. Sengkuni mengatur siasat sehingga Kurawa berhasil mengambil Amarta dari Pandhawa.
Dursasana dan Sengkuni
D. Dursasana
Dursasana merupakan salah satu anggota 100 Kurawa. Dursasana merupakan adik Duryudana, raja Astina. Dursasana merupakan anak kedua keturunan Kurawa. Dursasana memiliki karakter yang buruk. Ia sering memamerkan kekuasaannya dan bertindak semena-mena. Ia pernah mempermalukan Drupadi di depan umum sehingga membuat Drupadi bersedih dan membuat Bima marah. Ia juga memiliki karakter penakut. Saat berperang Dursasana selalu kalah.

E. Bambang Wisanggeni
Bambang WIsanggeni merupakan salah satu keturunan Pandhawa. Bambang Wisanggeni sekilas mirip dengan Arjuna. Bambang Wisanggeni merupakan salah satu anak Arjuna dengan salah satu istrinya yang merupakan seorang bidadari yaitu Dewi Dresanala.
Wisanggeni
Wisanggeni baik hati dan suka menolong. Ia sakti melebihi para Pandhawa, cerdik, dan banyak akal. Ia juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah mungkak krama atau tidak mau menggunakan bahasa krama kepada siapapun ketika berbicara. Kecuali kepada Sang Hyang Wenang (leluhur para dewa).

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar tokoh wayang di atas dan sebutkan masing-masing karakter setiap tokoh !
No.Tokoh WayangKarakter
1.Bathara KresnaAdil, bijaksana dan selalu menaati peraturan
2.DursasanaSuka memamerkan kekuasaannya,  pemakut, dan bertindak semena-mena
3.WisanggeniBaik hati, mungkak krama, dan suka menolong
4.SengkuniSuka menghasut, serakah, dan menanamkan hal-hal yang tidak baik kepada para Kurawa. 
5.Punakawan
  1. Semar karakternya rendah hati dan bijaksana.
  2. Gareng karakternya umoris, dan suka menolong,
  3. Petruk karakternya cerdas dan bersifat pemberani.
  4. Bawor karakternya ceplas-ceplos, jujur, sederhana, dan terbuka

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:32 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.