Home » , » Contoh Tujuan Pembelajaran Kelas 1

Contoh Tujuan Pembelajaran Kelas 1

Dalam penerapan  Kurikulum Merdeka, guru kelas 1 sudah pasti memahami apa itu CP dan TP. Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang wajib dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi serta lingkup materi yang dibuat secara komprehensif dalam bentuk narasi. Capaian Pembelajaran untuk Sekolah Dasar (SD) terdiri dari 3 fase, yaitu A, B, dan C.

Tujuan pembelajaran atau TP adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. TP dibuat dengan memperhatikan eviden atau bukti yang dapat diamati dan diukur pada peserta didik, sehingga peserta didik bisa dinyatakan mencapai suatu tujuan pembelajaran. Dalam menyusun tujuan pembelajaran sebaiknya memuat dua komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi
Guru Kelas 1
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka bagi satuan pendidikan Sekolah Dasar. Aplikasi e-Rapor adalah pilihan bagi guru dan satuan pendidikan sebagai alat bantu melakukan pelaporan hasil belajar peserta didik untuk dikomunikasikan kepada orang tua. e-Rapor diharapakan bisa memudahkan guru dalam mengadministrasikan laporan hasil belajar peserta didik.

Berikut ini contoh tujuan pembelajaran pada kelas 1 Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka.
No.Mata PelajaranTujuan Pembelajaran
1.Pendidikan Agama Islam
  1. menyebutkan rukun Iman terutama Iman kepada Allah (Keesaan Allah/ al-Ahad) dan iman kepada Rasul. Dapat membuat karya kaligrafi al-Asma' al-Husna (Al-Ahad) secara berkelompok, sehingga menumbuhkan kolaborasi dan kepedulian.
  2. Menyebutkan Asmaul Husna Al-Rahman, Al-Rahim, Al-Malik beserta artinya, Peran Muhammad saw. sebagai Rasul, dapat membuat karya berupa kaligrafi Asmaul Husna Al-Rahman, Al-Rahim beserta artinya, dan kaligrafi lafaz Muhammad Rasulullah secara berkelompok sehingga menumbuhkan sikap kasih sayang kepada sesama manusia.
  3. Menyebutkan arti nabi, rasul, dan mukjizat dengan menggunakan bahasa sendiri, berani menyanyikan lagu atau shalawat yang berisi tentang nabi, rasul, sehingga menumbuhkan sikap cinta kepada nabi dan rasul
  4. Menghafal Rukun Islam, dapat menampilkan lagu tepuk rukun Islam di depan guru dan orang tua sehingga menumbuhkan rasa percaya diri
  5. Mengidentifikasi Rukun Islam terutama Kalimah Syahadatayn dan artinya, dapat melafalkan Kalimah Syahadatayn dan artinya secara benar, sehingga tertanam keyakinan yang teguh.
  6. Menghafal niat wudhu dan doa sesudah wudhu, dapat menampilkan niat wudhu dan doa sesudah wudhu , sehingga tertanam perilaku menjaga kesehatan dan kebersihan"
  7. Mengidentifikasi huruf hija'iyyah, harakat sederhana (fathah, kasrah, dhammah), dapat melafalkan huruf hijaiyah dan harakat secara lengkap. Dapat melafalkan basmallah, serta 1 surah pendek (al Fātihah ), berani menunjukkan hafalan surah Al-Fatihah dengan lancar di depan guru, sehingga menumbuhkan kebiasaan untuk suka melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an."
  8. Mengidentifikasi huruf hija'iyyah, harakat sederhana (sukun, tasydid, fathatain, kasratain, dhammatain), dapat melafalkan huruf hijaiyah dan harakat harakat sederhana (sukun, tasydid, fathatain, kasratain, dhammatain) secara lengkap, berani menunjukkan hafalan surah Al Ikhlas dengan lancar di depan guru, sehingga menumbuhkan kebiasaan untuk suka melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an.
  9. Menyebutkan kisah Nabi Adam a.s. dengan menggunakan bahasa sendiri, dapat menyusun urutan kartu kisah Nabi Adam a.s. secara berkelompok lalu menceritakan kembali kisah Nabi Adam a.s. berdasarkan alur cerita kartu tersebut, sehingga dapat menumbuhkan sikap berpengetahuan dan berani bertanggungjawab sebagaimana meneladani Nabi Adam a.s.
  10. Menyebutkan kisah Nabi Idris a.s. dengan menggunakan bahasa sendiri, dapat menyusun urutan kartu kisah Nabi Idris a.s. secara berkelompok lalu menceritakan kembali kisah Nabi Idris a.s berdasarkan alur cerita kartu tersebut, sehingga dapat menumbuhkan sikap cerdas dan kreatif sebagaimana meneladani Nabi Idris a.s.
  11. Menyebutkan arti kalimah thayibah basmalah dan hamdalah, dapat melafalkan basmalah dan hamdalah beserta artinya, sehingga dapat menumbuhkan sikap terbiasa berkata baik.
  12. mengidentifikasikan arti terima kasih kepada manusia dan disiplin, dapat mengemukakan sikap kasih sayang dan disiplin dengan bahasa sendiri, sehingga dapat menumbuhkan sikap kasih sayang dan disiplin.
2.PKn
  1. Menyebutkan simbol sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
  2. Melafalkan bunyi sila-sila Pancasila
  3. Menceritakan hubungan antara simbol dan sila Pancasila dalam Lambang Negara Garuda Pancasila
  4. Menyebutkan contoh perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga
  5. Menyebutkan contoh perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah
  6. Menerapkan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga.
  7. Menerapkan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah
  8. Mengidentifikasi aturan yang ada di rumah
  9. Mengidentifikasi aturan yang ada di  sekolah.
  10. Membedakan  sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan yang berlaku di rumah
  11. Membedakan  sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan yang berlaku di  sekolah
  12. Menyusun kesepakatan sederhana di kelas sesuai dengan tingkat berpikir dan konteksnya
  13. Menerapkan sikap berani menyampaikan pendapatnya di kelas sesuai dengan tingkat berpikir dan konteksnya.
  14. Menyebutkan identitas diri sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya.
  15. Menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah
  16. Menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan sekolah
  17. Menceritakan perbedaan fisik dan non fisik keluarga dan teman-teman di lingkungan rumah
  18. Menceritakan perbedaan fisik dan non fisik keluarga dan teman-teman di lingkungan sekolah
  19. Menjelaskan sikap menghargai perbedaan baik fisik maupun non fisik keluarga dan teman-temannya
  20. Mengidentifikasi bentuk kerjasama dalam keberagaman di lingkungan keluarga
  21. Menceritakan ciri-ciri fisik di lingkungan keluarga dan sekolah sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI
  22. Menyebutkan contoh perilaku dan sikap menjaga lingkungan sekitar
  23. Menerapkan sikap kerja sama dalam menjaga lingkungan sekitar
3.Bahasa Indonesia
  1. Mempraktikkan instruksi lisan yang diberikan orang tua dan guru mengenai aktivitas yang berhubungan dengan bantu diri (mandi, berganti pakaian, membersihkan diri, makan, mengenal anggota tubuh dan fungsinya)
  2. Menyebutkan identitas dasar buku dan unsur intrinsik penokohan dari buku yang dibacakan. (judul buku, nama pengarang, nama tokoh utama,latar, dan inti cerita).
  3. Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks aural yang dibacakan guru dan orang tua sesuai jenjangnya. Kata tanya yang dikuasai: 'apa' dan 'siapa'.
  4. Memahami makna aneka kata yang sering digunakan dalam keseharian dan lingkungannya (berhubungan dengan tubuh dan diri sendiri, lingkungan sekitar, keluarga, konsep waktu, rutinitas harian di rumah, sekolah, dan tempat umum).
  5. Membaca gambar atau ilustrasi dalam sebuah teks secara tepat (denah rumah dan sekolah, gambar hewan, benda, lingkungan sekitar).
  6. Menjelaskan hubungan antara tulisan dengan ilustrasi/gambar pada buku cerita atau teks non fiksi sederhana (denah rumah dan sekolah, gambar hewan, benda, lingkungan sekitar).
  7. Menjelaskan kembali makna sebuah ilustrasi atau gambar dengan kalimat sendiri (denah rumah dan sekolah, gambar hewan, benda, lingkungan sekitar).
  8. Menjelaskan konteks dasar saat berbicara.
  9. Menanggapi aneka informasi yang mereka terima dengan reaksi yang tepat atau sesuai.
  10. Menceritakan tentang dirinya sesuai konteks dengan runtut dan jelas (pengalaman, identitas, keunikan diri, peran di dalam keluarga).
  11. Menuliskan ke-26 alfabet dengan tulisan tangan secara benar.
  12. Membedakan huruf dan bunyi huruf sehingga mampu menyalin kata yang dilihat dan didengar.
  13. Mengidentifikasi tulisannya sendiri kemudian memperbaiki kesalahan sederhana dalam tulisannya.
4.Matematika
  1. Membilang banyak benda dari 1 sampai 50
  2. Membaca dan menulis lambang bilangan cacah 1 sampai 50
  3. Membaca dan menulis nama bilangan cacah 1 sampai 50
  4. Menentukan tempat bilangan cacah 1 sampai 50
  5. Menentukan nilai angka pada bilangan cacah kurang 50 
  6. Membandingkan 2 bilangan cacah 1 sampai 50
  7. Mengurutkan bilangan cacah 1 sampai 50 dari yang paling kecil atau sebaliknya
  8. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan bilangan cacah dari 1 sampai 50
  9. Menjumlahkan 2 bilangan cacah dengan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 50
  10. Menjumlahkan 2 bilangan cacah dengan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10
  11. Menyelesaikan permasalahan sehari - hari yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan cacah dari 1 sampai 10
  12. Mengurangkan 2 bilangan cacah dengan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10
  13. Menyatakan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak
  14. Menyatakan pecahan setengah yang merupakan bagiandari keseluruhan atau melalui benda konkret dan gambar bagian yang terarsir
  15. Menyatakan pecahan seperempat yangmerupakan bagian dari keseluruhan atau melalui benda konkret dan gambar bagian yang terarsir
  16. Menyelesaikan permasalahan sehari - hari yang berkaitan dengan pengurangan bilangan cacah dari 1 sampai 10
  17. Membilang dan membaca banyak benda dari 51 sampai 100
  18. Menulis dan membaca lambang bilangan cacah 51 sampai 100
  19. Menulis nama bilangan cacah 51 sampai 100
  20. Menentukan tempat bilangan cacah 51 sampai 100
  21. Menentukan nilai angka pada bilangan cacah 51 sampai 10
  22. Membandingkan 2 bilangan cacah 51 sampai 100
  23. Mengurutkan bilangan cacah 51 sampai 100 dari yang paling kecil atau sebaliknya
  24. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan bilangan cacah dari 51 sampai 100
  25. Menjumlahkan 2 bilangan cacah dengan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya 11 sampai 20
  26. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan cacah dari 1 sampai 20
  27. Mengurangkan 2 bilangan cacah dengan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya dari 11 sampai 20
  28. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan cacah dari 1 sampai 20
  29. Menyatakan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak
  30. Menyatakan pecahan setengah yang merupakan bagian dari keseluruhan atau melalui benda konkret dan gambar bagian yang terarsir
  31. Menyatakan pecahan seperempat yang merupakan bagian dari keseluruhan atau melalui benda konkret dan gambar bagian yang terarsir
  32. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan representasi pecahan seperempat atau setengah
  33. Mengenal bangun datar menggunakan benda konkret (segitiga, segiempat, lingkaran)
  34. Menggambar bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran)
  35. Menentukan posisi dengan menggunakan navigasi sederhana (kanan, kiri, depan, belakang)
  36. Menunjukkan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola)
  37. Menggambar bangun Ruang
  38. Mengukur panjang benda menggunakan satuan ukur tidak baku (jengkal, hasta, depa, langkah)
  39. Mengukur berat benda dengan menggunakanalat ukur tidak baku dengan menggunakan benda-benda disekitar (alat dari penjemur pakaian).
  40. Membandingkan panjang benda menggunakan satuan ukur tidak baku dengan menggunakan benda-benda disekitar (buku, meja, ubin)
  41. Membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tidak baku dengan menggunakan benda-benda disekitar.(kelereng, bola, penghapus papan tulis, buku)
  42. Membandingkan dua kegiatan berdasarkan lama durasi waktu 
  43. Mengidentifikasi macam-macam benda kongkrit
  44. Mengurutkan benda kongkrit dari yang terkecil ke yang terbesar
  45. Mengelompokkan benda konkrit
  46. Menyajikan data dalam bentuk turus
  47. Mengurutkan data melalui diagram gambar.
  48. Menyortir data melalui diagram gambar.
  49. Mengelompokkan data melalui diagram gambar.
  50. Membandingkan data melalui diagram gambar.
  51. Menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
5.Seni Musik
  1. Menunjukkan lagu Nasional dan lagu Daerah
  2. Menunjukan Pencipta lagu Nasional
  3. Menyanyi lagu nasional sendiri atau bersama
  4. Menyanyi lagu daerah sendiri atau bersama
  5. Menebak lagu daerah dan lagu Nasional
  6. Menjelaskan berbagai jenis warna bunyi non- Musikal
  7. Menjelaskan berbagai jenis warna bunyi Musikal
  8. Menirukan berbagai jenis warna bunyi non- Musikal
  9. Menirukan berbagai jenis warna bunyi Musikal
  10. Membandingkan berbagai jenis warna bunyi Musikal
  11. Mengidentifikasi tinggi rendah bunyi (nada)
  12. Menunjukkan macam – macam pola irama di sekitar
  13. Menentukan perbedaan macam – macam bunyi musik dari tubuh manusia
  14. Menentukan bunyi musik yang di dengar dari benda sederhana.4. Memainkan karya musik sederhana secara artistik
  15. Mengidentifikasi buny musik yang sederhana
  16. Menjelaskan unsur unsur bunyi musik instrinsik mauoun ekstrinsik1. Memainkan alat musik sederhana
  17. Menyanyikan lagu dengan iringan musuk sederhana
6.Seni Rupa
  1. mengidentifikasi jenis-jenis garis berdasarkan arah dan bentuk 
  2. Mengidentifikasi bentuk geometris di lingkungan sekitar
  3. Mengindentifikasi warna primer dan sekunder melalui kegiatan mewarnai dan mencampur warna dengan pewarna kering/basah
  4. Menggabungkan unsur rupa garis, bentuk geometris, dan warna dalam sebuah karya 2D atau 3D
  5. menjelaskan secara lisan/tulisan dengan sederhana mengenai jenis garis, bentuk geometris, dan warna primer atau sekunder yang digunakan pada karyanya.
7.Seni Tari
  1. Membedakan unsur ruang gerak tari
  2. Menerapkan unsur ruang gerak tari melalui rangsangan atau stimulus
  3. Memperagakan koordinasi gerak anggota tubuh1. mengidentifikasi unsur utama tari (gerak, ruang, waktu, dan tenaga), gerak di tempat dan gerak berpindah untuk membuat gerak yang memiliki kesatuan gerak yang indah
  4. Menampilkan  gerak dengan menerapkan unsur ruang gerak tari 
  5. Menceritakan hasil gerak yang ditampilkan berdasarkan pengalaman pribadi
  6. Menumbuhkan keingintahuan, menunjukkan antusiasme saat proses pembelajaran tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.
8.PJOK
  1. Menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai pola gerak dasar lokomotor (jalan, lari, dan lompat)
  2. Menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai pola gerak dasar nonlokomotor (memutar, mengayun/menekuk)
  3. Menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai pola gerak dasar manipulatif (melempar dan menangkap bola)
  4. Menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkanberbagai pola gerak dominan keseimbangan, guling depan, dan guling belakang senam
  5. Menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalama ktivitas gerak berirama
  6. Menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai pengenalan air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas pilihan permainan dan olahraga air
  7. Menyebutkan berbagai pola gerak dasar lokomotor (jalan, lari, dan lompat)
  8. Menyebutkan berbagai pola gerak dasar nonlokomotor (gerakan memutar, mengayun/menekuk)
  9. Menyebutkan berbagai pola gerak dasar manipulatif (gerakan melempar dan menangkap bola)
  10. Menyebutkan berbagai pola gerak dominan keseimbangan dan berguling senam
  11. Mengidentifikasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan music dalam aktivitas gerak berirama
  12. Memahami berbagai pengenalan air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas pilihan permainan dan olahraga air
  13. Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani untuk kesehatan diantaranya: sikap tubuh dalam keadaan diam, sikap tubuh dalam keadaan bergerak, sikap tubuh dalam posisi berdiri, dan sikap tubuh dalam posisi berjalan
  14. Menjelaskan bagian-bagian tubuh,bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya,dan kebersihanpakaian sesuai dengan pola perilaku hidup sehat
  15. Mengidentifikasi kualitas dan minat diri serta tantangaN
  16. Menerapkan perilaku disiplin diri
  17. Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menyimak arahan dan umpan balik yang diberikan guru
  18. Menunjukkan sikap tanggap terhadap lingkungan sosial
9.Bahasa Inggris
  1. Mengucapkan salam dan selamat tinggal
  2. Menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dalam situasi sosial dan kelas seperti berkenalan
  3. Merespon instruksi sederhana dengan tindakan
  4. Menyebutkan hewan piaraan dan warnanya yang dimiliki
  5. Menyebutkan kegemaran atau hobinya
  6. Mengidentifikasi anggota keluarganya
  7. Membaca  teks pendek sederhana dan familiar, berbentuk teks tulis seperti anggota tubuh
  8. Menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dalam situasi sosial dan kelas seperti menyebutkan nama nama benda di sekolah
  9. Melakukan instruksi sederhana dengan tindakan tentang cara menjaga kebersihan kelas
  10. Menjawab pertanyaan sederhana tentang bangun ruang / shapes
  11. Menjelaskan isi teks pendek sederhana dan familiar, berbentuk teks tulis seperti penampakan alam dan cuaca
  12. Menjawab pertanyaan sederhana tentang buah yang disukainya
10.Mulok Bahasa Jawa Banyumasan
  1. Menceritakan perkenalan diri didepan kelas dengan tepat. 
  2. Mengidentifikasi basa ngoko dan basa kromo dengan benar. 
  3. Menyebutkan nama-nama anggota tubuhnya beserta fungsinya dengan benar.
  4. Memahami pesan lisan dengan berbahasa jawa yang baik
  5. Memahami kalimat pernyataan dengan baik
  6. Menemukan informasi dan menyimpulkan perasaan tokoh-tokoh pada gambar dengan baik
  7. Memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar denganpengalamannya sendiri dengan baik
  8. Menceritakan kembali dongeng yang dibaca dengan benar
  9. Menyebutkan suku kata tentang nama-nama anggota tubuh dengan tepat
  10. Menyampaikan pendapat dengan sopan
  11. Menulis kata kalimat dengan huruf tegak lepas
  12. Menulis huruf tegak bersambung
  13. Menulis kalimat yang didekte guru dengan rapi.  
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:24 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.