Home » , , » Cara Menyajikan Bilangan di Sempoa

Cara Menyajikan Bilangan di Sempoa

Soroban adalah nama yang diberikan untuk sempoa Jepang, yang merupakan instrumen untuk perhitungan profesional dan praktis. Itu ditemukan di Cina di mana itu disebut Suanpan, dan dibawa ke Jepang sekitar tahun 1600.

Soroban adalah alat yang sangat sederhana, terdiri dari batang dan manik-manik, dilekatkan pada bingkai. Ada berbagai jenis sempoa, yang berasal dari 400 tahun sebelum Kristus. Itu digunakan secara luas di Mesir, Roma, Yunani, India dan peradaban kuno lainnya.

Soroban terdiri dari beberapa kolom yang masing-masing mewakili satu satuan, sepuluh, seratus, dst. 
  1. Posisikan sempoa dengan benar. Sebuah sempoa standar terdiri dari dua baris manik-manik yang tersusun berdasarkan jumlah variabel kolom. Setiap kolom di baris atas memiliki satu atau dua manik-manik setiap barisnya, sedangkan setiap kolom di baris bawah memiliki empat manik-manik.
  2. Berikan setiap kolom nilai tempat. Pada kalkulator modern, setiap kolom manik-manik mewakili nilai “tempat”. Jadi, kolom terjauh di kanan adalah nilai tempat “satu” (1-9), kedua terjauh adalah nilai tempat “puluhan” (10-99), ketiga terjauh adalah nilai tempat “ratusan” (100-999), dan seterusnya.
  3. Mulailah menghitung. Untuk menghitung sebuah digit, “naikkan” sebuah manik-manik. “Satu” diwakili dengan menaikkan satu manik-manik dari baris bawah pada kolom terjauh di kanan, “dua” dengan menaikkan dua, dan seterusnya.
  4. Lakukan “perpindahan dari 4 ke 5. Karena hanya ada empat manik-manik di baris bawah, kamu bisa “menurunkan” manik-manik di baris atas dan “menurunkan” keempat manik-manik di baris bawah, untuk memindahkan angka dari “empat” ke “lima”. Sempoa saat ini menunjukkan angka “lima”. Untuk menghitung “enam”, “naikkan” satu manik-manik di baris bawah, sehingga manik-manik di baris atas turun (mewakili nilai 5) dan satu manik-manik di baris bawah naik.
Menguasai Teknik Penjumlahan dan Pengurangan
  1. Masukkan angka pertamamu. 
  2. Mulailah menambah dari kiri. Tidak seperti matematika tradisional yang memulai perhitungan dari kolom nilai tempat satu dan bergerak ke kiri, sempoa digunakan dari kiri ke kanan. Jadi, angka pertama yang akan kamu tambahkan adalah 1 dan 5 dari nilai tempat ribuan. Dalam kasus ini, kamu harus “menurunkan” satu manik-manik di baris atas kolom itu untuk menambahkan angka 5, sehingga totalnya adalah 6.
  3. Lakukan perpindahan. Inilah saatnya berkreativitas. Karena menambahkan dua angka di nilai tempat puluhan menghasilkan angka 10, kamu harus memindahkan angka 1 ke nilai tempat ratusan, menghasilkan angka 9 di kolom itu. Selanjutnya, turunkan semua manik-manik di nilai tempat sepuluh, sehingga menghasilkan nol.
  4. Hitunglah manik-manikmu. 

Menguasai Teknik Perkalian dan pembagian
Untuk melakukan perkalian, angka pertama pada bilang pertama dikalikan dengan angka pertama dari bilangan kedua (tahap pertama). Hal yang sama juga berlaku untuk angka kedua dari bilangan pertama yang juga dikalikan dengan angka pertama dan kedua pada bilangan kedua (tahap kedua).

Hasil perkalian tahap pertama akan diletakkan di kolom pertama lalu berlanjut ke kolom kedua dan mungkin ketiga pada zona hasil. Perkalian tahap kedua akan ditempatkan di kolom kedua, ketiga, dan kemungkinan empat. Pada kolom kedua dan ketiga, bilangan dari perkalian pertama dan kedua akan bertemu. Kedua bilangan ini dijumlahkan untuk mendapatkan hasil perkaliannya.

Pembagian lebih rumit daripada perkalian. Kolom paling kiri dalam sempoa akan menjadi pembagi, angka yang membagi. Kolom selanjutnya di kanan adalah untuk jawabannya.

1. Bilangan apakah yang ditunjukkan oleh sempoa berikut ini?
Latihan sempoa
Angka yang ditunjukkan adalah : 278.563
Sempoa menunjukkan angka dari kanan ke kiri; nilai satuan, nilai puluhan, dan nilai ratusan. Di sebelah kanan nilai satuan disebut nilai desimal pertama. Untuk menunjukkan bilangan di sempoa, pertama-tama, angka pada nilai satuan di tetapkan terlebih dulu di nilai satuannya.

2. Ayo, sajikan bilangan berikut dengan sempoa setelah menetapkan nilai satuannya.
① 8.126
Sempoa 1
② 1.375.604
Sempoa 2
③ 1.200.000.000
Satu Miliar
④ 3.000.000.000.000
Triliun
⑤ 12,9
Soal 4
⑥ 0,8
Soal 5
2. Pengurangan dan Penambahan
1. Ayo menghitung dengan menggunakan Sempoa
Menghitung
Pikirkan cara menghitung 58 + 54.
  1. Pertama, di tempat puluhan, mari kita fokus pada fakta bahwa angka 5 tidak bisa dibiarkan apa adanya.
  2. Buat 100, sehingga Anda berpikir bahwa Anda harus mengurangi terlalu banyak. Oleh karena itu, berhati-hatilah untuk mengembalikan angka 5 di tempat puluhan.
  3. Pertama-tama, mari fokus pada 4 hal yang tidak dapat dilakukan sebagaimana adanya. Kemudian buat 10 sehingga Anda berpikir bahwa Anda harus mengurangi terlalu banyak.
Latihan
Ayo menghitung dengan menggunakan Sempoa.
Latihan
Ayo menghitung menggunakan Sempoa
Pengurangan
Latihan
Ayo menghitung dengan menggunakan Sempoa.
Latihan2
Demikian pembahasan mengenai Cara Menyajikan Bilangan di Sempoa. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Matematika Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:31 PM

1 komentar:

  1. Apa jawaban dari soal .ayo menghitung dengan menggunakan sempoa

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif.