Home » , , » Mengkreasi Jenis dan Pola Ragam Hias

Mengkreasi Jenis dan Pola Ragam Hias

Pada pembelajaran seni rupa kelas v Unit 10 terdapat kegiatan Mengkreasi Jenis dan Pola Ragam Hias. Tujuan pembelajaran kali ini adalah siswa dapat menentukan fungsi ragam dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat menguraikan jeni-jenis ragam hias dari unsur bentuknya. Siswa dapat membandingkan pola ragam hias berasarkan visualisasi bentuk polayang diamatinya. Siswa dapat menciptakan ragam hias dengan jenis dan pola tertentu yang disukai.

Pada Pembelajaran Unit 10 ini siswa diajak untuk menggambar ragam hias dengan kreativitas sesuai jenis dan pola tertentu yang paling disukai, siswa bebas berkreasi menggambar ragam hias tersebut.

Ragam hias merupakan hiasan yang terbentuk dari inspirasi flora, fauna, figuratif, dan bentuk geometrik. Dalam menggambar ragam hias dapat secara stilasi/penggayaan dengan tidak meninggalkan bentuk aslinya dan juga penyederhanaan bentuk sertaperubahan bentuk (deformasi) sehingga menghasilkan ragam hias yang indah.

Gambar ragam hias dapat berasal dari salah satu bagian saja atau keseluruhan bagian secara utuh dari objek inspiratifnya dan dapat dikombinasikan sehingga menghasilkan gaya ragam hias yang indah. Ragam hias ini dapat diterapkan pada karya seni dua dimensi atau tiga dimensi dengan memperhatikan unsur dan prinsip seni rupa.

Dalam ragam hias terdapat pola hias dan motif hias dimana pola hias adalah  unsur dasar yang digunakan sebagai acuan dalam sebuah hiasan, sedangkan motif hias adalah bentuk dasar yang berasal dari inspirasi bentuk benda alam berupa flora, fauna, manusia, air, api, awan, dan lain-lain, maupun buatan manusia berupabangunan, dan benda buatan manusia lainnya dengan dasar dari unsur-unsur seni rupa di dalamnya.

Siswa dapat menciptakan ragam hias dari objek inspiratif sesuaiide kreatifnya sendiri sesuai jenis-jenis dan pola ragam hias tersebut di atas, dandapat dilakukan menggunakan penggayaan/stilasi dengan cara menyederhanakanbentuk/deformasi dari inspirasi objek asli tersebut dengan mempertimbangkan segikeindahanya.

Dalam proses menggambar ragam hias dengan inspirasi objek sekitar, langkah pertama adalah siswa mengamati objek benda di sekitar untuk meniru bentuk dasar benda baik berupa objek alam berupa flora, fauna, manusia, air, api, awan, dan lain-lain, atau objek buatan berupa bangunan, kendaraan, dan benda lainnya untuk dijadikan sebagai model dasar dalam menciptakan motif hias.
Stilasi
Dalam ragam hias terdapat pola hias dan motif hias dimana pola hias adalah unsur dasar yang digunakan sebagai acuan dalam sebuah hiasan, sedangkan motif hias adalah bentuk dasar yang berasal dari inspirasi bentuk benda alam berupa flora, fauna, manusia, air, api, awan, dan lain-lain, maupun buatan manusia berupa bangunan, dan benda buatan manusia lainnya.

Dengan dasar dari unsur-unsur seni rupa didalamnya, siswa dapat menciptakan ragam hias   dari objek inspiratif sesuai ide kreatifnya sendiri sesuai jenis-jenis dan pola ragam hias tersebut di atas, dan dapat dilakukan menggunakan penggayaan/stilasi dengan cara menyederhanakan bentuk/deformasi dari inspirasi objek asli tersebut dengan mempertimbangkan segi keindahanya.
Contoh Ragam Hias
Dalam proses menggambar ragam hias dengan inspirasi objek sekitar, langkah pertama adalah siswa mengamati objek benda di sekitar untuk meniru bentuk dasar benda baik berupa objek alam berupa flora, fauna, manusia, air, api, awan, dan lain- lain, atau objek buatan berupa bangunan, kendaraan, dan benda lainnya untuk di jadikan sebagai model dasar lam menciptakan motif hias.

Langkah-langkah Mengganbar Ragam Hias
Berikut adalah langkah-langkah menggambar ragam hias flora dengan pola geometris.
Menggambar
  1. Gambarlah pola geometris dengan sket garis-garis sesuai bentuk yang diinginkan dengan pensil;
  2. Gambarlah kontur daun dengan cara deformasi atau menyederhanakan bentukdaun dalam pola garis yang telah dibuat;
  3. Buatlah gambar pola daun tersebut pada semua garis yang ditentukan;
  4. Hapuslah pola garis-garis dasar sket pada gambar tersebut;
  5. Mulailah dengan pewarnaan pada bidang-bidang pola sesuai warna yangdiinginkan;
  6. Melakukan finishing dengan pewarnaan pada pola daun dan bidang dasar yang telah dibuat dengan prinsip gradasi warna dari warna terang ke warna yang lebih gelap. Dapat juga menggunakan teknik lain yang sesuai dengan mempertimbangkan segi keindahan.

Alat dan bahan
  1. Pensil/Pensil warna/Krayon/Spidol/cat air/cat minyak/ alat dan bahan mewarnai yang lain.
  2. Alternatif : Arang/Kapur/tumbuhan yang mengandung warna dan lain-lain. Kertas A4/buku gambar (ketebalan dibebaskan).
  3. Alternatif : Kardus/papan kayu/media yang tersedia.
  4. Siswa dipersilahkan memilih dan mencoba alat bahan yang berbeda.
  5. Siswa dipersilahkan menggunakan alat yang tersedia di daerah sekitar.

Demikian pembahasan mengenai Mengkreasi Jenis dan Pola Ragam Hias. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Rupa Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.