Home » , , » Menghitung Bilangan Desimal Kali Bilangan Desimal

Menghitung Bilangan Desimal Kali Bilangan Desimal

Pada pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka Bab 3 Perkalian Bilangan Desimal terdapat kegiatan tentang Menghitung Perkalian Bilangan desimal dengan Bilangan Desimal. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah memahami dan menggeneralisasi cara menghitung (desimal) x (desimal) dan memikirkan tentang cara menulis (tempat desimal kedua) x (tempat desimal pertama).

Bilangan desimal adalah bilangan yang punya penyebut khusus, yaitu sepuluh, seratus, seribu, dan seterusnya. Bilangan desimal memiliki ciri khas dalam penulisannya, yaitu menggunakan tanda koma sebagai pemisah antara bilangan bulat dan bilangan pecahannya. Menurut asal terbentuknya, bilangan desimal termasuk dalam kelompok bilangan pecahan.

Contoh:
2,145
Dari bilangan desimal di atas, angka 2 adalah bilangan bulat yang menunjukkan bilangan satuan. Kemudian, angka 1 yang terletak di belakang koma menunjukkan bilangan persepuluhan yang nilainya 0,1.Angka 4 merupakan bilangan bulat yang menunjukkan bilangan perseratusan dengan nilai 0,04. Terakhir, angka 5 menunjukkan bilangan perseribuan yang nilainya 0,005. Dengan begitu, bilangan di atas terdiri atas, 2 satuan + 1 persepuluhan + 4 perseratusan + 5 perseribuan.

Kita dapat mengecat dinding seluas 2,1 m² dengan 1 dl cat. Berapa luas dinding yang dapat kita cat dengan 2,3 dl?

Pikirkan rumus untuk mencari luas bagian yang diwarnai dengan 2,3 dL cat jika 1 dL cat bisa untuk mewarnai tembok berukuran 2,1m² dengan cara menggambar diagram dan menggambar tabel.

1 Ayo gambarkan diagramnya.
Mengecat
2 Ayo tuliskan kalimat matematikanya.
Luas dinding yang dapat dicat (m²)2,1?
Banyaknya cat (dl)12,3

2,1x2,3
Luas dinding yang dapat dicat dengan 1dlBanyaknya cat (dl)
  • Persamaan kata tersebut adalah 2,1 × 2,3 karena merupakan luas yang dapat dicat dengan 1 dL × banyaknya cat.
  • Berdasarkan diagram garis bilangan, yaitu 2,1 m² dikalikan 2,3, jadi 2,1 x 2,3.
  • Berdasarkan tabel tersebut, 2,1 × 2,3

3 Ayo pikirkan bagaimana cara menghitungnya.
Cara Dadang
Kalikan pengali atau pengali dengan angka 10 dan hitung jawabannya menggunakan metode (desimal) x (bilangan bulat) atau (bilangan bulat) x (desimal) yang telah dipelajari sebelumnya.
  • Karena kita dapat mengalikan (desimal) dengan (bilangan bulat), kita mengalikan 2,3 dengan 10; 2,1 x 23 = 48,3, atau 1/10 dari 48,3 untuk  mendapatkan 4,83 m²
  • Kita juga bisa mengalikan angka yang akan dikalikan dengan 10 untuk mendapatkan bilangan bulat, 21 × 23 = 483, atau 1/100 dari  483 yaitu 4,83 m²

 4 Ayo jelaskan cara menghitung 2,1 x 2,3 dalam bentuk vertikal.
Dalam unit pembelajaran ini, sebagai sarana agar peserta didik mengetahui jumlah digit setelah koma desimal dalam penjelasan  cara berhitung tertulis, bilangan dengan digit di bawah koma bilangan yang dikalikan dan pengali diberi tanda dengan ⃝.Metode untuk melakukan ⃝ tidak ditentukan sebelumnya dan tidak perlu dibatasi. Misalnya, titik desimal dapat digarisbawahi atau diarsir. Tidak peduli metode apa yang digunakan. Sampai peserta didik menjadi terbiasa dengan perkalian desimal tertulis, mereka harus memasukkan tugas untuk mengetahui jumlah digit setelah koma desimal dalam perhitungan tertulis mereka dengan cara yang mudah dipahami.
Vertikal
Berapa luas dari sebuah taman bunga berbentuk persegi panjang yang memiliki lebar 2,4 m dan panjang 3,1 m?

1 Tulislah kalimat matematikanya:
2,4 x 3,1
2 Hitunglah jawabanmu dalam bentuk vertikal di bawah ini.
Soal 2
Luas dari persegi panjang tetap dapat dihitung menggunakan rumus walaupun ukuran panjang dan lebarnya merupakan bilangan desimal.

Dengan menggunakan model luas peserta didik diharapkan dapat memahami bahwa terdapat 6 buah 1m², 14 buah 0,1m², dan 4 buah 0,01m². Selain itu, peserta didik diharapkan mampu memahami arti 6, 1,4, dan 0,04 dalam bentuk tertulis dengan membandingkannya dengan model luas.

Latihan
Ayo hitunglah perkalian di bawah ini dalam bentuk vertikal. 
Latihan

3. Ayo jelaskan cara menghitung dengan cara vertikal.
Latihan2
Tuliskan 526 × 48 dan jawabannya adalah 25.248. Jumlah angka di bawah koma desimal adalah 3, jadi hitung tiga dari kanan dan tambahkan koma desimal.
Ketika mengalikan dalam bentuk vertikal, tempatkan tanda koma dari bilangan hasil perkalian dengan menjumlahkan tanda koma dari bilangan pengali dan bilangan yang dikalikan serta dihitung dari kanan.

4. Ayo jelaskan cara menghitung 4,36 x 7,5 dalam bentuk vertikal.
Soal 3
Ketika digit terakhir adalah nol, nol harus dihilangkan.
5. Ayo tempatkan tanda koma dari bilangan hasil perkalian pada perhitungan berikut ini.
Soal 4

Latihan
Ayo hitunglah perkalian di bawah ini dalam bentuk vertikal.
Latihan2
Untuk anak-anak yang bingung, perhatikan berapa kali pengali dan bilangan yang dikalikan harus digabungkan, dan bantu mereka agar tidak salah menempatkan koma desimal. Berikan instruksi individu tentang bagaimana mengekspresikan produk dalam perhitungan di mana angka terakhir dalam produk adalah nol.

Demikian pembahasan mengenai Menghitung Bilangan Desimal × Bilangan Desimal. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Matematika Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:59 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.