Home » , , » Seni Rupa Kelas IV Membuat Bendera Hias

Seni Rupa Kelas IV Membuat Bendera Hias

Pada pembelajaran Seni Rupa Kelas IV Kurikulum Merdeka terdapat kegiatan pembelajaran Membuat Bendera Hias. Tujuan pembelajaran kali ini adalah siswa dapat mengidentifikasi dan mengklasifikasi bendera berdasarkan  bentuk dan fungsinya. Siswa dapat membangun ide dan rancangan sebuah bendera hias. Siswa dapat membuat bendera sebagai gambaran dari suatu hal (jati diri, cita-cita atau suasana hati). Siswa dapat menjelaskan tentang bendera hias ciptaannya

Materi pembelajaran unit 4 berupa membuat bendera hias dapat diajarkan dengan model pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) yang menekankan penjelajahan gagasan, imajinasi dan eksperimen. Model pembelajaran ini dilakukan dengan menyatukan berbagai unsur pengetahuan (misalnya, seni rupa dengan wawasan budaya mengenai identitas seseorang atau kelompok sosial) yang dimiliki siswa melalui pengalaman, penjelasan guru serta sumber lainnya.

Di samping itu, model pembelajaran ini menempatkan siswa sebagai subjek utama dalam pembelajaran dengan berperan aktif. Selama proses pembelajaran, guru menyampaikan pokok-pokok materi yang telah disediakan, menambah pengetahuan dari berbagai sumber serta menyampaikannya secara inspiratif. Pada akhir pembelajaran, para siswa akan membuat sebuah karya yang diapresiasi bersama-sama serta dievaluasi dan dinilai oleh guru.

Bendera merupakan produk seni rupa yang mengandung unsur desain (rancangan), warna, komposisi. Selain unsur seni rupa juga mengandung unsur budaya yaitu sebagai lambang identitas suatu negara atau kelompok, gambaran dari sebuah gagasan dan perasaan pembuatnya. 

Pada unit pembelajaran kali ini, guru menjelaskan secara inspiratif mengenai bendera secara umum, memperhatikan berbagai jenis, fungsi dan bentuk-bentuknya. Setelah mengetahui gambaran bendera secara umum, guru membuka imajinasi para siswa mengenai bendera hias buatannya sendiri. Bendera tersebut dibuat untuk menggambarkan suatu hal dan dihias sedemikian rupa. Misalnya,benderanya berupa huruf-huruf yang membentuk kalimat atau nama dengan diberi hiasan yang mewakili gagasan dan perasaan siswa. Bentuknya pun bisa segi empat, segitiga, bulat, bahkan bisa berbentuk figuratif misal binatang dan manusia. 

Adapun unsur seni rupa yang diperkenalkan adalah komposisi, warna, rancangan dan ragam hias dekoratif. 
  1. Rancangan atau desain (design) adalah perencanaan dalam sebelum objek dibuat agar memiliki fungsi, keindahan dan manfaat bagi manusia.
  2. Komposisi adalah penempatan, tata letak atau pengorganisian berbagai objek visual agar tampil menarik dengan adanya keteraturan, keseimbangan, ritme dan pusat perhatian (focus of interest) dalam sebuah karya seni.
  3. Warna dalam seni rupa adalah pantulan cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Singkatnya, warna adalah pigmen dari sebuah benda. Dalam seni rupa terdapat warna primer yang tidak merupakan campuran dari warna-warna lain merah, biru, dan kuning. Warna primer bisa juga disebut sebagai warna pokok, warna dasar ataupun warna pertama. Kemudian warna sekunder sebagai hasil pencampuran warna-warna primer dengan. Warna sekunder sering disebut sebagai warna kedua. Terakhir adalah warna tersier sebagai campuran salah satu warna primer dengan salah satu warna sekunder. Misalnya warna jingga kekuningan didapat dari pencampuran warna kuning dan jingga. Unsur seni rupa berikutnya adalah ragam hias dekoratif, yaitu hiasan yang berpola seperti batik, relief atau teralis.
  4. Ragam Hias Dekoratif merupakan ragam hias buatan manusia dan biasanya merupakan penggabungan dari beberapa inspirasi ragam hias pada kelompok yang ada sebelumnya yang dimodifikasi sehingga menjadi sebuah bentuk ragam hias yang baru dan memiliki nilai estetika tersendiri.

Alat dan Bahan
  1. Kertas Origami berwarna merah
  2. Gunting
  3. Lem
  4. Benang jahit

Langkah Langkah
Bendera Hias
  1. Posisikan bagian kertas origami berwarna merah di depan, dan lipat kedua sisi bawah kertas ke belakang hingga sudut bawah membentuk segitiga.
  2. Rekatkan lipatan kedua sisi tersebut dengan menggunakan lem.
  3. Kemudian lipat sisi berwarna putih ke belakang hingga semua bagian origami berwarna merah. 
  4. Masukkan benang jahit ke dalam lipatan tersebut dan rekatkan menggunakan lem.
  5. Satu bendera berwarna merah sudah jadi, deh!
  6. Lakukan hal yang sama pada bagian kertas origami berwarna putih sehingga bendera yang tertempel di benang adalah bendera berwarna merah dan putih secara selang-seling.
  7. Buatlah bendera tersebut beberapa kali sesuai dengan kebutuhanmu menghias rumahmu

Demikian pembahasan mengenai Membuat Bendera Hias. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Rupa Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:31 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.