Home » , , » Seni Musik Kelas IV Membaca Not Angka

Seni Musik Kelas IV Membaca Not Angka

Pada pembelajaran seni musik kelas iv Kurikulum Merdeka terdapat materi Membaca Not Angka. Tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik dapat mengasah kemampuan musikal dan multitaskingnya melalui primavista not angka (membaca sambil menyanyikan atau membunyikan not pada instrumennya). Peserta didik dapat melatih konsentrasinya melalui kegiatan primavista not angka.. Peserta didik dapat membaca partitur not angka pada lagu-lagu sederhana secara menyeluruh.

Bagi siapapun yang sedang belajar tentang musik, harus bisa membaca not balok ataupun not angka. Karena itu termasuk salah satu kemampuan dasar untuk kamu belajar ke level yang lebih rumit. Mulai dari menyanyikan lagu atau memainkan alat musik. Kemampuan ini sangat berguna dan sangat bisa dirasakan manfaatnya apalagi ketika sudah lancar membaca dan menulis not, maka akan sangat mempermudah kamu untuk menciptakan sebuah komposisi aransemen atau saat ingin menciptakan sebuah lagu.

Aku Anak Indonesia

1. Nama Not 
Notasi angka digunakan untuk menulis nada yang sudah dikenal dengan bunyi do (1), re (2), mi (3), fa (4), sol (5), la (6) si (7) do (i)

2. Titik (.)
Tanda ini digunakan dalam dua macam fungsi, yakni:
  • Sebagai tanda tinggi dan rendah nada: Pada nada rendah, titik akan diletakkan di bawah nada yang dimaksud. Sedangkan pada nada tinggi, titik akan diletakkan di atas nada yang dimaksud.
  • Sebagai tanda jumlah atau panjang ketukan: Tanda titik digunakan untuk penambahan jumlah atau panjang ketukan suatu nada.

3. Garis Birama (|)
Garis birama pada not angka biasanya digunakan untuk batas birama. Ini adalah bagian atau segmen dari suatu baris melodi yang menunjukkan berapa ketukan dalam bagian tersebut.

3. Garis mendatar (---)
Pada not angka, garis mendatar ini berfungsi sebagai tanda pembagian jumlah ketukan.

4. Tanda Ulang (𝄇)
Tanda ulang adalah tanda mengulang notasi, berbentuk dua garis tegak tipis, tebal bertitik dua. Tanda ulang berfungsi untuk meringkaskan tulisan musik.

5. Busur Legato
Istilah legato berasal dari kata legare yang berarti mengikat. Garis lengkung legato ini berfungsi untuk mengikat dua atau lebih not berbeda-beda yang saling menyambung. Not yang setelahnya tidak dibunyikan tetapi ditambahkan ketukannya.

7. Tanda Istirahat
Dalam not angka juga terdapat tanda istirahat, yaitu angka 0. Jika angkanya ditulis berarti nada dibunyikan, sebaliknya jika tanda istirahat berarti nadanya tidak dibunyikan. Tapi meskipun nadanya tak dibunyikan, bagian itu tetap ikut dihitung jadi nada seperti yang lainnya.

8. Tanda Selesai (𝄂)
Tanda selesai ini menunjukkan bahwa lagu sudah selesai.

Demikian pembahasan mengenai Membaca Not Angka. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Musik Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:16 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.