Home » , , » Komik Sederhana Tentang Sahabat dan Keluarga

Komik Sederhana Tentang Sahabat dan Keluarga

Komik merupakan karya seni rupa yang menggunakan gambar dan tulisan sebagai dua unsur yang disatukan. Biasanya, gambar dalam komik berupa para tokoh cerita, sedang tulisannya berupa bercakapan para tokoh yang ditaruh dalam kolom balon dan latar cerita dalam kolom persegi. Jalan cerita dalam komik disatukan dari gambar ke gambar hingga bisa menjadi cerita panjang yang bersambung.

Pengertian komik yang sudah umum tersebut bukan aturan yang harus ditaati sedemikian rupa, melainkan hanya sebagai acuan untuk membuat komik yang lebih inovatif, segar dan menarik. Misalnya, komik tanpa kolom percakapan ketika cukup dengan berupa gambar cerita atau gagasan yang hendak disampaikan dapat dipahami pembaca. Tokoh-tokohnya pun tidak harus berupa manusia tetapi bisa berupa binatang, pohon, atau percakapan antar sepasang sepatu yang biasa kita kenakan! Bahkan kita bisa membuat komik berisi pelajaran di sekolah agar lebih menarik dan mudah dipelajari.

Indonesia memiliki banyak komik legendaris dengan cerita dan gaya lukisan yang beragam dan digemari pembaca. Ceritanya mulai leganda, dongeng, kisah kerajaan, humor dan bahkan orang . Misalnya, Ganes TH yang terkenal dengan serial Si Buta dari Gua Hantu, Hasmi dengan Gundala Putra Petir, Jan Mintarga dengan serial Api di Bukit Menoreh, Raden Ahmad (RA) Kosasih dengan serial Mahabarata dan Ramayana, Tatang S dengan komik humor serial Petruk. 

Di masa kini, Indonesia memiliki beberapa komikus yang tak kalah menarik dan disukai para pembaca. Misalnya serial Benny & Mice, Si Juki dan Garudayana. Seorang seniman Indoesia, Samuel Indratma (salah satu penulis buku ini) bersama beberapa temannya membuat sanggar komik bernama Apotik Komik yang ditujukan untuk mengembangkan komik sedemikian rupa, termasuk membuat komik di dinding-dinding kota Yogyakarta sehingga kota tersebut penuh dengan cerita dalam bentuk gambar atau umum disebut mural. Selain di kota Yogyakarta, Samuel juga diundang beberapa negara untuk berpameran dan membuat komik di dinding. Dengan komik, kita bisa keliling dunia gratis.

Pada unit pembelajaran ini, guru dapat memberi tugas eksperimen membuat komik sederhana. Meski sederhana, para siswa dapat memilih jenisjenisnya sebagai berikut disertai dengan langkah-langkah pembuatannya.

a. Komik Konvensional
  1. Guru menyampaikan materi tentang komik disertai contoh
  2. Menyiapkan bahan berupa kertas, pensil, pena, spidol dan pewarna lainnya
  3. Membangun ide dan mengembangkan menjadi adegan-adegan cerita
  4. Membagi ke dalam beberpa kolom gambar
  5. Membuat sketsa
  6. Mewarnai agar menarik
  7. Mempertegas bagian yang dianggap penting 
Komik
b. Komik Kolase
Membuat komik bisa juga bisa dilakukan dengan teknik kolase (memotong/menggunting beberapa foto/gambar figur/objek dari majalah/koran/buku, selanjutnya ditempel pada kertas polos dan dirangkai dalam sebuah cerita sesuai kemampuan siswa). Siswa juga bisa menambahkan balon kata dari masing-masing figur foto yang ditempelkan, sebagai ruang percakapan atau aktivitas para tokoh dalam komik tersebut.
Komik Kolase
Komik kolase adalah alat menyampaikan suatu ide atau gagasan berupa buku yang berisi suatu cerita bergambar untuk dibaca. Komik kolase tidak jauh berbeda dari pengembangan-pengembangan teknik kolase sebelumnya. Hanya penekanannya adalah pada kekuatan komikalnya.

Dalam menyampaikan materi unit pembelajaran ini, guru dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekolah, lingkungan sekitar dan kemampuan siswa. Model pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) dapat dipilih sebagai alternatif. Model ini menekankan penyatuan (sintesa) pengetahuan lama dan baru, menempatkan siswa sebagai subjek utama dalam pembelajaran, menekankan aspek penjelajahan dan kreativitas.

Berdasarkan hal tersebut, materi pelajaran ini dapat ditambah dari banyak sumber, terutama karya komikus Indonesia. Dalam proses berkarya, guru dapat memberikan pengarahan dan pendampingan serta membuat apresiasi dan evaluasi pada akhir pelajaran.

Demikian pembahasan mengenai Komik Sederhana Tentang Sahabat dan  Keluarga. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Rupa Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:37 PM

3 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.