Home » , , » Seni Musik Kelas IV Interval dan Harmoni

Seni Musik Kelas IV Interval dan Harmoni

Pada pembelajaran seni musik kelas iv sekolah dasar Kurikulum Merdeka terdapat pembelajaran tentang Interval dan Harmoni. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah peserta didik dapat memahami hubungan antarnada melalui pemahaman interval dan harmoni sederhana. Peserta didik dapat memahami perbedaan setiap nada berdasarkan intervalnya. Peserta didik dapat memahami peran musik sebagai pengiring dengan mempelajari harmoni akor-akor dasar. Berikut penjelasan mengenai Interval dan Harmoni.

A. Interval
Interval adalah jarak diantara satu nada dengan nada lainnya. Jarak ini merupakan hasil bagi frekuensi antara satu nada ke nada yang lainnya baik ke atas maupun ke bawah. Setiap interval diberikan nama yang mengandung arti kuantitas dan kualitas. Dalam sebuah tangga nada ada 7 (tujuh) nada yang masing-masing mempunyai nama kuantitas interval. Jenis-jenis interval yang digunakan dalam pembahasan kali ini adalah sebagai berikut :
  1. Prim yaitu interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misalnya dari nada "do" ke "do".
  2. Sekon yaitu interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misalnya nada "do" ke "re".
  3. Terts yaitu interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misalnya nada "do" ke "mi".
  4. Quart/Kuart yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misalnya nada “do” ke “fa”.
  5. Quin/Kuint yaitu interval lima nada. Misalnya nada "do" ke "sol"
  6. Sekt yaitu interval enam nada. Misalnya nada "do" ke "la"
  7. Septim yaitu interval tujuh nada. Misalnya nada "do" ke "si"
  8. Oktaf yaitu interval delapan nada. Jarak ini adalah jarak dimana nadanya kembali ke asalnya seperti “do” ke ‘do” lagi tetapi pada oktaf yang lebih tinggi.

B. Harmoni
Harmoni secara harfiah memiliki arti selaras. Harmoni dalam musik merupakan susunan beberapa nada yang memiliki keselarasan frekuensi jika dibunyikan serentak. Harmoni dari susunan tiga nada atau lebih tersebut jika digabungkan akan membentuk sebuah akor. Agar lebih mudah memahaminya, disini guru hanya memberikan penjelasan mengenai akor-akor paling dasar pada tangga nada C Mayor, seperti berikut:
Akord
  1. Akor I berisi nada-nada ke 1, 3, dan 5. Akor I dalam do = C adalah akor C Major yang berisi nada do, mi, dan sol.
  2. Akor IV berisi nada-nada ke 4, 6, dan 1. Akor IV dalam do = C adalah akor F Major berisi nada fa, la,  dan do.
  3. Akor V berisi nada-nada ke 5, 7, dan 2. Akor V dalam do = C adalah akor G Major berisi nada sol, si dan re.

Peserta didik dalam mempelajari harmoni tidak diharuskan bisa bermain tiga nada sekaligus. Untuk memudahkan peserta didik memahaminya guru dapat membagi ke dalam tiga kelompok untuk mencoba setiap harmoni dari akor I, IV, dan V. Berikut materi lagu sederhana yang dapat menambah pemahaman peserta didik terhadap harmoni;
Gundul Pacul
Kalau melodi adalah rangkaian nada yang berurutan, harmoni adalah gabungan beberapa nada yang menjadi akor. Harmoni diartikan sebagai ilmu untuk menyusun dan menyambung akor. Akor sendiri adalah susunan nada yang terdiri dari 3 nada atau lebih.

Harmoni juga bisa diartikan perpaduan nada, yaitu perpaduan bunyi nyanyian atau permainan musik yang menggunakan dua nada atau lebih dan dibunyikan secara bersamaan. Dengan kata lain, harmoni adalah keselarasan bunyi yang merupakan gabungan dua anda atau lebih yang berbeda tinggi rendahnya.

Demikian pembahasan mengenai Interval dan Harmoni. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Musik Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud.

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:55 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.