Home » , , » Projek Belajar Perubahan Wujud Benda

Projek Belajar Perubahan Wujud Benda

Pada pembelajaran IPAS Kelas IV sekolah dasar kurikulum merdeka Bab 2 Wujud Zat dan Perubahannya terdapat kegiatan projek belajar. Dalam proyek ini kalian akan diberikan kesempatan untuk memilih bahan yang akan diubah wujudnya. Setelahnya, kalian akan mencari tahu bagaimana bahan itu bisa berubah wujud. Kemudian mempresentasikan proyek kalian kepada guru serta teman-teman kalian.

Suatu benda dapat berubah wujud dari satu bentuk ke bentuk yang lain akibat beberapa faktor, salah satunya adalah perubahan suhu. Perubahan wujud benda terjadi karena adanya aksi terhadap benda tersebut. Berikut adalah 6 macam perubahan wujud benda:
  1. Menguap. Menguap adalah peristiwa perubahan zat cair menjadi gas. Terdapat empat cara untuk mempercepat terjadinya penguapan, yakni memanaskan, memperluas permukaan, meniup udara di atas permukaan, dan mengurangi tekanan di atas permukaan. Prinsip penguap dipakai sebagai cara kerja beberapa benda yang sering digunakan sehari-hari, yakni sebagai dasar untuk membuat kulkas dan AC.
  2. Mencair atau meleleh. Mencair merupakan peristiwa perubahan zat padat menjadi zat cair. Suatu benda dapat mencair karena adanya kenaikan suhu menjadi lebih panas. Contoh perubahan zat padat menjadi zat cair adalah es batu di dalam air yang semakin lama akan berubah menjadi air. Mentega yang dipanaskan di atas wajah dan menjadi minyak juga merupakan contoh proses perubahan zat padat menjadi zat cair.
  3. Menyublim Menyublim adalah peristiwa perubahan zat padat menjadi gas. Contoh peristiwa menyublim adalah kapur barus (kamper) yang disimpan di dalam lemari dan semakin lama akan semakin habis.
  4. Mengkristal atau deposisi. Mengkristal adalah peristiwa perubahan zat gas menjadi zat padat. Proses ini dapat terjadi karena adanya pelepasan energi panas dari suatu benda. Baca juga: Pertama Kali Terjadi, Es di Laut Arktik Gagal Membeku Contoh dari peristiwa mengkristal adalah perubahan uap air menjadi salju atau berubahnya udara dingin di dalam lemari es menjadi bunga es.
  5. Mengembun Mengembun adalah peristiwa perubahan zat gas menjadi zat cair. Peristiwa ini dapatterjadi karena adanya paparan energi panas pada suatu benda. Contoh peristiwa mengembun adalah gelas yang berisi air es dan diletakkan di ruangan dengan suhu yang panas akan memunculkan embun di bagian permukaan luar gelas.
  6. Membeku Membeku adalah peristiwa perubahan zat cair menjadi zat padat. Peristiwa ini membutuhkan suhu yang dingin hingga titik beku. Contoh peristiwa membeku adalah air yang berubah menjadi es saat dimasukkan ke dalam freezer.

Panduan Untuk Guru
  1. Pastikan peserta didik memahami tujuan dan kriteria dari proyek yang diberikan.
  2. Guru bisa memodifikasi pilihan proyek disesuaikan dengan kondisi dan kreativitas masing-masing. 
  3. Informasikan rubrik penilaian kepada peserta didik di awal kegiatan. 
  4. Rubrik yang pada buku ini merupakan rekomendasi. Guru diberikan keleluasaan untuk memodifikasi rubrik sesuai kebutuhan dan kondisi siswa.
  5. Usahakan melakukan pemanfaatan barang bekas saat membuat produk.
  6. Biasakan peserta didik selalu membuat jurnal dalam proyeknya. Jurnal bisa berupa catatan dalam buku tugas maupun disediakan oleh guru.
  7. Guru dapat memodifikasi kegiatan proyek belajar sesuai kebutuhan dan kondisi.
  8. Pengerjaan proyek bisa dilakukan dalam 2 cara:a. Proyek sepenuhnya dikerjakan di sekolah dengan bimbingan guru saat jam IPAS. b. Proyek dikerjakan secara mandiri oleh peserta didik. Guru mengalokasikan waktu dalam jam pertemuan sains untuk peserta didik dapat berkonsultasi. Guru memberikan waktu ke peserta didik untuk melakukan demonstrasi serta presentasi proyek.

Tujuan Proyek
Memanfaatkan konsep dasar perubahan wujud zat untuk menghadapi tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Langkah-Langkah Pengerjaan Proyek

Tahap 1: Menentukan Bahan
Sebelum menentukan bahan apa yang akan digunakan dalam proyek ini, kalian perlu menentukan terlebih dahulu perubahan wujud apa yang ingin kalian pilih: apakah padat ke cair, cair ke padat, cair ke uap, uap ke cair, padat ke gas atau gas ke padat.

Setelahnya, dengan mencari informasi dari internet/buku/eksperimen lainnya, carilah bahan-bahan yang ada di sekitar kalian yang ingin kalian ubah wujudnya. Pastikan kalian bertanya kepada orang dewasa di sekitar kalian tentang keamanan benda yang ingin kalian ubah wujudnya. Sebab tidak semua benda bisa dibakar/dipanaskan agar wujudnya berubah.
Agar Agar
Alat dan Bahan
  1. Serbuk agar-agar
  2. Bubuk cokelat
  3. Gula pasir
  4. Air matang
  5. Panci
  6. Kompor
  7. Pengaduk/Sendok
  8. Loyang / Gelas cup

Tahap 2: Melakukan Percobaan
  1. Dalam proyek ini kalian akan mengubah wujud bahan pilihan kalian. Perhatikan contoh percobaan berikut jika kalian memilih percobaan mengenai mencair.
  2. Sediakan wadah yang tahan panas, kompor/pemanas dan bahan yang dibutuhkan.
  3. Jika kalian menggunakan agar-agar; a. larutkan 1 bungkus agar-agar ke dalam 200 mL air;b. panaskan hingga air mendidih sambil diaduk-aduk.
  4. Jika kalian menggunakan coklat; a. letakkan cokelat di atas wadah tahan panas lalu simpan wadah itu di atas air mendidih; b. diamkan hingga cokelat meleleh.
  5. Tuangkan agar-agar atau lelehan cokelat pada cetakan. Lalu, diamkan hingga dingin.
  6. Amati dan catat perubahan yang terjadi pada setiap tahapan. Jelaskan juga mengapa hal itu bisa terjadi.
  7. Jika memiliki termometer, catat pada suhu berapa agar-agar mulai mendidih atau cokelat mulai mencair.

Tahap 3: Menyiapkan Presentasi
Setelah mendapatkan data-data pendukung, siapkan sebuah presentasi untuk menyampaikan hasil proyek kalian kepada teman dan guru kalian.
Agar-agar pada mulanya berbentuk serbuk atau berupa wujud padat kemudian dicampur dengan air dan di masak sehingga berubah menjadi wujud cair. Setelah itu, ketika terjadi kenaikan suhu maka air dalam agar-agar akan menguap atau berubah menjadi gas. Setelah itu api dipadamkan dan agar-agar kemudian didinginkan, sehingga yang tadinya berupa wujud cair menjadi wujud padat atau membeku. 

Proses perubahan wujud pada pembuatan agar - agar adalah peristiwa membeku. Tepung agar - agar yang dicampur dengan air dan dipanaskan, setelah didinginkan akan berubah wujud dari bentuk cair menjadi bentuk padat. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan suhu dan pelepasan kalor.

Demikian pembahasan mengenai Projek Belajar Perubhan Wujud Benda. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku IPAS Kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:51 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.