Home » , » Struktur Organisasi Hotel Besar Menengah dan Kecil

Struktur Organisasi Hotel Besar Menengah dan Kecil

Hotel adalah sebuah bangunan yang dikelola secara komersial untuk memberikan pelayanan kepada para tamu atau pengunjung berupa layanan penginapan, layanan makan dan minum, serta layanan lainnya yang diberikan kepada tamu untuk mememenuhi kebutuhan tamu selama menginap, serta untuk mendapatkan keuntungan bagi pihak hotel.

Struktur Organisasi adalah gambaran tentang jenjang dan alur kepemimpinan serta menunjukkan hubungan wewenang dan tanggungjawab dari setiap unit kerja dalam suatu organisasi. Dalam sebuah hotel, pasti membutuhkan banyak pekerja, khususnya hotel-hotel besar atau berbintang 5, sehingga diperlukan adanya struktur organisasi yang dibuat khusus untuk hotel.

Struktur tersebut berguna untuk membagi tugas setiap orang berdasarkan jabatannya. Dengan demikian, pelayanan hotel bisa berjalan dengan baik, sehingga tamu hotel pun puas menginap di sana.

1. Struktur Organisasi Hotel Kecil (Hotel Bintang 1 dan 2)
Struktur organisasi untuk hotel kecil adalah struktur organisasi dalam sebuah hotel yang paling sederhana. Karena fasilitas serta tamu yang dimiliki oleh hotel kecil atau hotel bintang 1 dan bintang 2 ini tidak terlalu banyak dan lengkap. Berikut ini struktur organisasi untuk hotel bintang 1 dan bintang 2 yang perlu Anda ketahui dalam sebuah hotel kecil.
Hotel Kecil
  • Corporate Owner adalah pemilik atau orang yang ditunjuk untuk mengawasi seluruh kegiatan sebuah hotel sebagai jabatan tertinggi.
  • General Manager. Sama seperti hotel besar dan menengah, jabatan teratas yang ada di hotel kecil yaitu General Manager. Tugasnya adalah bertanggung jawab terhadap semua kegiatan yang ada di hotel dan pekerja yang ada di bawahnya.
  • Front Office. Front Office yaitu salah satu divisi pekerjaan yang ada di hotel kecil yang bertugas dalam melayani tamu, seperti ketika tamu memesan kamar sampai dengan ketika tamu meninggalkan hotel. Teknologi seperti aplikasi invoice online dapat membantu divisi ini dalam bekerja lebih cepat dalam menghasilkan invoice bagi tamu hotel, sehingga pelayanan akan lebih maksimal.
  • Front desk Attendent atau resepsionis adalah karyawan yang tugas utamanya menerima pengunjung atau tamu dan memberikan informasi yang tepat kepada tamu jika dibutuhkan.
  • F&B Department. F&B Department memiliki tugas yang sama dengan hotel besar atu menengah, yaitu bertanggung jawab terhadap pengolahan makanan dan penyajian makanan kepada tamu hotel.
  • Waiter adalah bagian dari team food and beverage service yang mempunyai peran penting dalam lancarnya operasional di sebuah restaurant. Selain tugasnya yang mencatat dan membawakan makanan ke meja.
  • Executive Housekeeper adalah penanggung jawab semua operasional tata graha pada hotel dimana bertanggung jawab penuh mengordinir antara bagian tata graha sepenuhnya dengan dengan departemen lain.
  • Room attendant adalah posisi di dalam departemen housekeeping yang bertanggung jawab dalam kebersihan kamar dan memperhatikan kerapihan dan kelengkapan kamar sebelum di gunakan oleh tamu hotel. 
  • Trainee memiliki tugas dan tanggung jawab mendukung bagi kelancaran kerja di hotel

2. Struktur Organisasi Hotel Menengah (Hotel Bintang 3)
Struktur organisasi untuk hotel menengah ada di tengah-tengah antara struktur organisasi untuk hotel besar dan untuk hotel kecil. Sebagai perbandingan, hotel menengah sama halnya dengan struktur organisasi untuk hotel bintang 3. Nah, berikut ini jabatan serta alur kepemimpinan yang ada di hotel menengah atau hotel bintang 3.
Hotel Menengah
  • Corporate Owner adalah pemilik atau orang yang ditunjuk untuk mengawasi seluruh kegiatan sebuah hotel sebagai jabatan tertinggi
  • General Manager. Jabatan yang pertama yaitu general manager. Hal ini sama dengan struktur organisasi yang ada di hotel besar atau bintang 5. Tugasnya pun sama yakni bertanggung jawab terhadap semua penyelenggaraan kegiatan hotel serta melakukan pengawasan terhadap performa kerja bawahannya.
  • Sales and marketing manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasikan kebijakan dan program pemasaran hotel.
  • Chief Engineer. Divisi ini bertanggung jawab dalam memelihara dan memperbaiki fasilitas yang ada di hotel.
  • Duty Manager adalah adalah orang yang ditugaskan untuk menangani setiap permasalahan pada saat manajemen atau manajer tidak melakukan tugas pada jam tersebut.
  • Hotel Accounting. Seperti namanya, divisi Accounting bertugas dalam mengatur hal akuntansi atau hal yang berkaitan dengan keuangan hotel.
  • Personnel Manager / Human Resources. Human Resources merupakan divisi dalam sebuah hotel besar yang bertugas terhadap manajemen SDM yang hotel miliki dan mengatur sistem ketenagakerjaan.
  • F&B Manager. Jabatan selanjutnya yang ada di hotel menengah yaitu F&B Department. Bagian ini bertugas dalam hal pengolahan dan penyajian makanan kepada para tamu hotel.
  • Room Division Manager. Room division yaitu divisi hotel yang bertanggung jawab dalam menyiapkan kamar tamu serta melayani tahu, seperti pemesanan kamar dan lain sebagainya.
  • Front Office Manager. Front Office yaitu salah satu divisi pekerjaan yang ada di hotel yang bertugas dalam melayani tamu, seperti ketika tamu memesan kamar sampai dengan ketika tamu meninggalkan hotel.
  • Executive Housekeeper adalah penanggung jawab semua operasional tata graha pada hotel dimana bertanggung jawab penuh mengordinir antara bagian tata graha sepenuhnya dengan dengan departemen lain.

3. Struktur Organisasi Hotel Besar (Hotel Bintang 4 dan 5)
Struktur ini merupakan struktur organisasi yang terlengkap yang ada dalam sebuah hotel. Hal ini karena hotel dengan kapasitas yang besar atau hotel berbintang 5 mempunyai fasilitas yang lebih banyak dan lengkap. Berikut ini Struktur Organisasi Perusahaan Hotel GRAND CLARION & CONVENTION
Hotel Besar
Tidak hanya itu, pelayanan yang ditawarkan juga lebih lengkap, sehingga membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak pula. Oleh karena itu, struktur organisasi ini adalah yang terlengkap. Berikut ini struktur organisasi untuk hotel bintang 4 dan 5 beserta tugasnya yang perlu Anda ketahui.
  • Corporate Owner adalah pemilik atau orang yang ditunjuk untuk mengawasi seluruh kegiatan sebuah hotel sebagai jabatan tertinggi.
  • General Manager merupakan pimpinan tertinggi yang ada di sebuah hotel. Tugasnya yaitu bertanggung jawab terhadap semua penyelenggaraan kegiatan hotel serta melakukan pengawasan terhadap performa kerja bawahannya.
  • Assistant General Manager. Assistant General Manager yaitu jabatan yang ada di bawah langsung dari jabatan general manager. Tugasnya adalah untuk membantu seluruh tugas dari general manager.
  • Front Office. Front Office yaitu salah satu divisi pekerjaan yang ada di hotel berbintang 5 yang bertugas dalam melayani tamu, seperti ketika tamu memesan kamar sampai dengan ketika tamu meninggalkan hotel.
  • Housekeeping. Housekeeping merupakan jabatan yang ada dalam struktur organisasi selanjutnya. Divisi ini bertugas dalam menjaga kebersihan dan kerapian hotel.
  • F&B Service. F&B Service merupakan bagian hotel yang bertanggung jawab dalam menyajikan makanan. Namun, divisi ini hanya perlu menyiapkan makanan yang sudah disediakan oleh Food Production.
  • Engineering. Engineering merupakan salah satu divisi di hotel besar yang bertugas dalam pemeliharaan serta perbaikan semua fasilitas yang ada. Sebagai contoh, divisi ini bertugas dalam memelihara dan memperbaiki fasilitas yang ada di gedung, peralatan elektronik hotel, dan lain sebagainya.
  • Human Resources/Personnel. Human Resources merupakan divisi dalam sebuah hotel besar yang bertugas terhadap SDM yang hotel miliki dan mengatur sistem ketenagakerjaan.
  • Accounting. Accounting merupakan jabatan dalam sebuah hotel yang bertanggung jawab terhadap keuangan hotel.
  • Sales & Marketing. Dalam sebuah hotel, terdapat juga divisi Sales & Marketing yang bertugas dan bertanggung jawab dalam hal penjualan dan pemasaran produk hotel.
  • Security. Jabatan yang terakhir yaitu security yang bertugas dalam menjaga keamanan seluruh area hotel.

Demikan pembahasan mengenai Struktur Organisasi Hotel Besar, Menengah, Kecil. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:21 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.