Home » , » Menyimak dan Memahami Teks “Pentingnya Air bagi Tubuh Kita”

Menyimak dan Memahami Teks “Pentingnya Air bagi Tubuh Kita”

Pada Pembelajaran Bab VIII Sehatlah Ragaku muatan Bahasa Indonesia Kelas IV kita akan belajar menjelaskan kembali ide pokok pada teks yang dibacakan berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar pendukung. Dengan demikian, membandingkan teks adalah upaya mencari persamaan atau perbedaan isi dua teks atau lebih untuk tujuan tertentu. Salah satu tujuan membandingkan teks adalah menenmukan adanya kesamaan dan perbedaan informasi pada teks tersebut.

Simaklah guru membacakan teks berikut ini.  Lalu, perhatikan gambar di bawahnya.

Pentingnya Air bagi Tubuh Kita
Tubuh manusia sangat membutuhkan asupan air putih. Selain karena sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air, konsumsi air putih dibutuhkan agar organ tubuh bisa bekerja maksimal. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain, tergantung pada kondisi tubuh, aktivitas yang dilakukan, hingga kondisi cuaca.

Orang dewasa umumnya membutuhkan 2 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap hari. Tentu saja kita tidak harus meminum 2 liter air sekaligus. Kita bisa membagi waktu mengonsumsi air putih, sehingga jumlah yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi. Salah satu waktu terbaik untuk mengonsumsi segelas air putih adalah pada pagi hari atau saat bangun tidur. Selebihnya, bisa dibagi setelah sarapan, makan siang, saat belajar, berolahraga, atau ketika rasa haus datang.

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Saat beraktivitas, tubuh mungkin akan kehilangan cairan. Jika cairan tubuh yang hilang terlalu banyak, akan membahayakan bagi tubuh. Minum air putih dalam jumlah yang cukup bisa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut. Dengan demikian, kesehatan tetap terjaga.

Sebaliknya, kekurangan konsumsi air putih dapat mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh. Dehidrasi dapat menimbulkan gejala berupa tubuh lemas, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, bahkan dapat menyebabkan hilangnya kesadaran. Jelaslah, kekurangan konsumsi air putih dapat membahayakan kesehatan.

Di samping itu, minum air putih membantu kelancaran metabolisme tubuh kita. Secara sederhana, metabolisme adalah proses tubuh mencerna makanan/minuman yang kita konsumsi, menyerap zat-zat yang diperlukan tubuh, lalu membuang zat-zat sisa yang tidak diperlukan. Sisa ini dikeluarkan melalui keringat, urine, atau feses. Proses ini akan lebih lancar jika kita mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

Air Bagi Tubuh Kita
Ar Bagi Tubuh Kita
Bandingkan informasi pada teks “Pentingnya Air bagi Tubuh Kita” dengan teks visual “Air dan Tubuh Kita”. 

Apakah ada informasi yang sama? Sebutkan. 
Informasi yang sama :
Pentingnya Air bagi Tubuh KitaAir Bagi Tubuh Kita
Agar organ tubuh bisa bekerja maksimal.Melindungi organ-organ penting
Menyerap zat-zat yang diperlukan tubuhMembantu tubuh menyerap energi
Membuang zat-zat sisa yang tidak diperlukanMembuang kotoran
Minum air putih membantu kelancaran metabolisme tubuh kita
Membantu mengantarkan zat gizi dan oksigen ke seluruh tubuh
Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air
Terdiri dari air : Otak (75%) Darah (83%) Tulang (22%) dan Otot (75%)

Apakah ada informasi yang bertentangan? Sebutkan. 
Tidak ada

Teks mana yang lebih kalian sukai? Sebutkan alasannya. (Contoh)
Teks yang saya sukai adalah Teks Visual Air Bagi Tubuh Kita karena pada teks tersebut disajikan secara lebih ringkas.

Berdiskusi
Bentuklah kelompok yang terdiri atas 4 atau 5 orang.Carilah informasi tambahan tentang pentingnya air bagi tubuh kita. Contohnya sebagai berikut. 
  1. Ciri-ciri air putih yang aman diminum
  2. Keunggulan air putih dibandingkan dengan jenis minuman lain
  3. Mengapa air minum perlu dimasak terlebih dahulu?
  4. Sumber-sumber air yang bisa dikonsumsi

1. Ciri-ciri air putih yang aman diminum
Air merupakan salah satu kebutuhan vital bagi kehidupan manusia. Anda memerlukan air untuk bermacam-macam keperluan. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan cairan. Berikut ciri air putih yang aman untuk diminum.
  • Tidak Berwarna. Air yang aman dikonsumsi akan terlihat tidak berwarna dan jernih. Apabila warnanya tidak wajar seperti keruh atau kecokelatan, sebaiknya jangan dikonsumsi.
  • Memiliki rasa tawar ketika diminum. 
  • Air Tidak Memiliki Bau. Air minum yang baik itu tidak memiliki aroma apapun.
  • Bebas Bakteri. Bakteri yang buruk dari kasus air mineral adalah pathogen yaitu jenis mikroba yang berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit.
  • Memiliki Suhu Normal. Air mineral yang baik tidak boleh terpapar suhu panas atau dingin secara ekstrim. Hal ini menyumbang beberapa indikasi yang membuat kualitas air berkurang seperti penguapan dan pembekuan.

2. Keunggulan air putih dibandingkan dengan jenis minuman lain
Dalam sehari, kita disarankan untuk konsumsi air putih setidaknya sebanyak 8 gelas. Salah satu air yang penting kita konsumsi adalah air putih. Kunggulan air putih dibandingkan jenis air lainya adalah :
  • Mencegah dehidrasi. Menjaga asupan cairan dengan minum air putih penting untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. 
  • Menjaga kesehatan sendi dan otot. Konsumsi air putih secara rutin juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh. 
  • Menjaga kesehatan pencernaan. Kurangnya asupan cairan diketahui dapat mengganggu fungsi pencernaan. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, termasuk sembelit.

3. Mengapa air minum perlu dimasak terlebih dahulu?
Tujuan dari merebus air adalah untuk membunuh mikroorganisme atau kuman yang mungkin ada dalam air. Air yang belum dimasak mengandung mikrobiologi atau kuman penyebab berbagai penyakit dan bahan kimia berbahaya lainnya.

4. Sumber-sumber air yang bisa dikonsumsi
Untuk keperluan air minum, maka sumber air baku yang dapat digunakan untuk kebutuhan air minum dapat terdiri dari mata air, air permukaan (sungai, danau, waduk, dll.), air tanah (sumur gali, sumur bor) maupun air hujan.
  • Air hujan merupakan sumber air utama di bumi. Walaupun pada saat pretisipasi merupakan air yang paling bersih, air tersebut cenderung mengalami pencemaran ketika berada di atmosfer. 
  • Air Permukaan. Air permukaan yang meliputi badan-badan air semacam sungai, danau, telaga, waduk, rawa, air terjun, dan sumur permukaan, sebagian besar berasal dari air hujan yang jatuh ke permukaan bumi. 
  • Air Tanah. Air tanah (ground water) berasal dari air hujan yang jatuh ke permukaanbumi yang kemudian mengalami penyerapan ke dalam tanah danmengalami proses filtrasi secara alamiah. 

Presentasikan hasil diskusi kalian secara bergiliran di depan kelas.

Demikian pembahasan Menyimak dan Memahami Teks “Pentingnya Air bagi Tubuh Kita” semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IV, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:29 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.