Home » » Siklus Air dan Ketersediaan Air Di Muka Bumi

Siklus Air dan Ketersediaan Air Di Muka Bumi

Pada Pembelajaran Kelas V semester dua pada pembelajaran Tema Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.8 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup dan KD 4.8 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber. Materi yang dibahas pada pembelajaran tersebut siklus air. Simak pembahasannya berikut ini.

Pentingnya Air Bagi Kelangsungan Makhluk Hidup
Air selalu tersedia di bumi karena adanya siklus air. Siklus air adalah proses perputaran air yang terjadi secara terus menerus dari permukaan bumi ke atmosfir dan kembali lagi ke permukaan bumi. Tahapan siklus air yang bermanfaat bagi makhluk hidup adalah hujan. Berikut ini beberapa manfaat air bagi makhluk hidup yang ada di bumi
  1. Air diperlukan oleh manusia untuk minum, memasak, membersihkan tubuh, mencuci bahan makanan dan pakaian
  2. Air diperlukan oleh hewan antara lain untuk minum, membersihkan diri, dan sebagai tempat hidup hewan air
  3. Air diperlukan oleh tanaman dalam proses fotosintesis.

Tuliskan hasil diskusi kalian dalam bentuk peta pikiran seperti berikut. Kemudian, ceritakan hasil diskusi kelompokmu kepada kelompok-kelompok lain.
Fungsi Air Bagi Manusia Hewan dan Tumbuhan
Buatlah kelompok beranggotakan 4-5 siswa. Bersama kelompokmu perhatikan gambar berikut!
Daur Air
1. Ceritakan gambar di atas.
Gambar di atas menceritakan tentang siklus air. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke Bumi.
2. Proses apa sajakah yang terjadi pada gambar tersebut? Coba jelaskan.
Proses yang terjadi pada siklus air antara lain penguapan, pengendapan, dan pengembunan

Siklus Air
Manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan air antara lain untuk keperluan rumah tangga, pertanian, industri, dan untuk pembangkit listrik. Air selalu tersedia di bumi karena air mengalami siklus. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terusmenerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke bumi. Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan.
  1. Air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara. Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara.
  2. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Titik-titik air ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).
  3. Titik-titik air di awan selanjutnya akan turun menjadi hujan. Air hujan akan turun di darat maupun di laut. Air hujan itu akan jatuh ke tanah atau perairan. Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah. Selanjutnya, air tanah akan keluar melalui sumur.
  4. Air tanah juga akan merembes ke danau atau sungai. Air hujan yang jatuh ke perairan, misalnya sungai atau danau, akan menambah jumlah air di tempat tersebut. Selanjutnya air sungai akan mengalir ke laut. Namun, sebagian air di sungai dapat menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan. Proses siklus air pun terulang lagi.

Kamu telah membaca teks “Siklus air”. Bersama kelompokmu, gambarlah bagan sederhana karyamu sendiri untuk menjelaskan siklus air. Tambahkan kalimat-kalimat untuk menjelaskan proses siklus air. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.
Siklus Air
Air sangat diperlukan bagi kelangsungan hidup di bumi. Semua makhluk hidup membutuhkan air. Banyak cara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan air. 

Keberadaan Air Di Permukaan Bumi
Di daratan air hujan dapat mengalir ke sungai atau danau ada juga yang diserap oleh tanah. Proses penyerapan air ke dalam tanah disebut dengan infiltrasi. Sungai merupakan sumber air yang banyak dimanfaatkan makhluk hidup. 

Sungai terbentang dari hulu hingga hilir sungai. Hulu sungai adalah bagian awal terbentuknya sebuah sungai, sedangkan hilir adalah bagian akhir sungai. Sungai mendapatkan air dari mata air, aliran air dalam tanah, hujan, dan aktivitas masyarakat.

Pada siang hari yang terik, panas matahari akan menguapkan air dari permukaan sungai. Apa akibatnya bagi persediaan air sungai? Air sungai menjadi berkurang. Apalagi saat terjadi musim kemarau jumlah air yang menguap lebih banyak sehingga bisa menyebabkan kekeringan. Namun siklus air akan mengembalikan ketersediaan air sungai pada saat terjadi musim hujan. 

Siklus air sangat berguna bagi makhluk hidup di bumi. Sebagai makhluk yang bijak sudah seharusnya kita menghemat penggunaan air.

Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.
1. Dari mana asal persediaan air sungai?
Air sungai berasal dari air hujan dan air yang mengalir dari hulu sungai.
2. Siapa saja yang memanfaatkan air sungai?
Air sungai dimanfaatkan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan di sekitar sungai, serta hewan, dan tumbuhan di dalam sungai.
3. Apa saja manfaat air sungai?
Manusia memanfaatkan air sungai untuk mengairi tanaman pertanian, sebagai sumber air keperluan sehari-hari, dan sebagai sarana angkutan. Hewan darat memanfaatkan air sungai sebagai sumber air minum. Tumbuhan darat memanfaatkan air sebagai sumber air untuk proses fotosintesis. Hewan dan tumbuhan sungai memanfaatkan air sungai sebagai tempat hidup.
4. Apakah persediaan air sungai dapat berkurang karena menguap saat terkena panas matahari? Jelaskan jawabanmu.
Persediaan air sungai tidak berkurang hanya karena menguap saat terkena panas matahari. Siklus air akan mengembalikan air yang menguap. Namun, dalam kondisi kemarau yang sangat ekstrim, sungai dapat mengalami kekeringan.
5. Faktor-faktor apa yang dapat memengaruhi persediaan air sungai?
Faktor-faktor yang memengaruhi persediaan air sungai antara lain curah hujan, cuaca, dan kondisi hulu sungai

Demikian pembahasan mengenai Siklus Air dan Ketersediaan Air Di Muka Bumi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas V Tema 8, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:11 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.