Home » » Upaya Kebangsaan Menuju Masyarakat Sejahtera

Upaya Kebangsaan Menuju Masyarakat Sejahtera

Pada pembelajaran Kelas VI tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat terdapat muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kompetensi dasar yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.4  Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera. KD 4.4  Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

A. Makna Proklamasi Indonesia
Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menunjukkan bahwa Bangsa Indonesia telah menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat, dan memiliki kedudukan yang sama dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
Proklamasi Indonesia
Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional.

Proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna yang lain, di antaranya sebagai berikut.
  1. Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.
  2. Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum nasional.
  4. Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.

B. Upaya Mewujudkan Kehidupan yang Sejahtera
Pembangunan nasional merupakan upaya pemerintah yang dilakukan terus-menerus untuk mencapai kehidupan bangsa yang sejahtera. Pembangunan nasional merupakan tanggung jawab pemerintah, namun rakyat Indonesia harus mendukung pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Dalam teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tertulis tujuan negara yang salah satunya adalah memajukan kesejahteraan umum. Hal ini berarti negara memiliki tujuan dan harapan kehidupan masyarakat yang sejahtera. Negara selalu berupaya untuk mengembangkan kehidupan berbangsa yang mendorong untuk mencapai masyarakat sejahtera.

Banyak upaya yang dapat ditempuh untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Upaya yang ditempuh tidak hanya dilakukan oleh negara, namun harus didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah mengembangkan sikap saling toleransi antar warga negara atas perbedaan masing-masing. Seperti diketahui bahwa Indonesia memiliki beragam suku, budaya dan agama. Untuk itu setiap warga negara harus saling menghormati dan menghargai, karena beragam suku, budaya dan agama merupakan kekayaan budaya Indonesia.

Pemerataan pembangunan juga menjadi upaya untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia. Pembangunan tidak hanya dilaksanakan di kota-kota besar saja, namun diratakan hingga ke pelosok dan perbatasan wilayah negara Indonesia. Memperbanyak lapangan kerja dan memperbaiki fasilitas umum akan membuat masyarakat Indonesia lebih nyaman dan sejahtera karena pengangguran akan semakin berkurang dan masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan fasilitas umum.

Berikut bentuk upaya yang dilakukan pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan hidup rakyatnya.
  1. Meningkatkan pendapatan warga masyarakat.
  2. Penyediaan sarana pendidikan dan kesehatan yang memadai.
  3. Pemberian beasiswa pendidikan kepada pelajar Indonesia.
  4. Pembangunan jalan yang memudahkan aktivitas masyarakat dan penyaluran kebutuhan sehari-hari.
  5. Mengadakan pelatihan kerja kepada pelajar putus sekolah.
  6. Melestarikan budaya Indonesia.

Berikut ini beberapa upaya kebangsaan menuju masyarakat sejahtera :
  1. Bersikap toleransi antarwarga negara atas perbedaan suku, agama, ras, dan budaya.
  2. Saling menghormati dan menghargai dengan keragaman budaya yang menjadi kekayaan Indonesia.
  3. Pemerataan pembangunan diseluruh wilayah di Indonesia, sehingga tidak hanya terpusat di kota-kota besar saja.
  4. Menyediakan lapangan kerja yang memadai, sehingga tingkat kemiskinan dapat ditekan.
  5. Menyediakan dan memperbaiki fasilitas umum yang nyaman, agar masyarakat dengan mudah dalam mendapatkan fasilitas umum.
  6. Taat membayar pajak, agar pembangunan infrastruktur dan pembangunan fasilitas publik lainnya dapat terus berjalan.
  7. Membangun sarana dan prasarana pendidikan yang baik bagi masyarakat dengan tingkat pendidikan kurang.

Ayo Mencoba
Cobalah melakukan wawancara dengan pejabat pemerintah atau tokoh masyarakat yang ada di sekitarmu tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera. Selanjutnya buatlah laporan hasil wawancara dan serahkan pada gurumu untuk dinilai.

Laporan Hasil Wawancara: (contoh : Kepala Desa)
Pernyataan Proklamasi mencerminkan tekad kemandirian bangsa Indonesia untuk terlepas dari penjajahan bangsa asing. Kemerdekaan yang dicapai oleh bangsa Indonesia adalah hasil perjuangan seluruh rakyat yang telah berlangsung sangat lama. Beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa dalam membangun masyarakat sejahtera lain sebagai berikut.
  1. Desa harus mampu mengurus dirinya sendiri dengan kekuatan yang dimilikinya;
  2. Pemerintah desa memiliki kewenangan dalam mengatur dan mengelola pembangunan yang ada di wilayahnya
  3. Sistem pemerintahan desa menjunjung tinggi aspirasi dan partisipasi warga desa
  4. Sumber daya pembangunan desa dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan sosial seluruh warganya.

Agar tercipta masyarakat yang sejahtera, selain melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara, juga diperlukan berbagai upaya untuk mengembangkan kehidupan berbangsa. Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera telah tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Hal ini berarti negara selalu mengupayakan kesejahteraan masyarakat dan bangsa.

Namun demikian, upaya tersebut harus selalu mendapat dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh warga negara. Kamu juga merupakan warga negara, sehingga kamu juga harus mendukung dan berpartisipasi dalam upaya pengembangan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.