Home » » IPS Kelas VI Sikap Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

IPS Kelas VI Sikap Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Pada pembelajaran Kelas VI tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera terdapat muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kompetensi dasar yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.4  Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera. KD 4.4  Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama tanpa kecuali. Persamaan hak antarwarga negara ini dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. Dengan dilaksanakannya hak-hak warga negara Indonesia secara seimbang diharapkan tidak terjadi perpecahan antarwarga negara Indonesia sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga.

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan upaya mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Banyak cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Contohnya melestarikan budaya daerah sebagai akar budaya nasional berkompetisi dalam meraih prestasi, menggunakan produk buatan dalam negeri, menghormati antarsesama, serta menaati peraturan yang berlaku.
Mempertahankan Kemerdekaan
Mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia tidak harus kamu lakukan dengan angkat senjata. Mempertahankan kemerdekaan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tindakan yang dapat dilakukan yaitu dengan membiasakan tindakan-tindakan positif yang dapat mencegah terjadinya perpecahan antaranggota keluarga, antarteman, dan antarwarga masyarakat. Selain itu, tindakan berupa menghargai perbedaan yang ada dan jangan jadikan perbedaan sebagai alasan terjadi perpecahan.

Menjaga kemerdekaan Indonesia harga mati dan tidak bisa ditawar. Semua warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara Indonesia. “Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh” merupakan slogan yang tepat untuk kita bersatu padu menjaga keutuhan dan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Buatlah kelompok di kelas yang terdiri atas tiga sampai lima orang. Bacalah dengan cermat bacaan di atas, kemudian diskusikan dengan teman satu kelompokmu cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan. Tuliskan cara lain yang dapat kamu lakukan selain yang ada dalam bacaan.
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan  untuk mempertahankan kemerdekaan.
  • Belajar dengan giat, tekun dan rajin.
  • Menggunakan produk buatan dalam negeri
  • Melestarikan budaya asli Indonesia
  • Menaati peraturan dan tata tertib di sekolah sebagai seorang pelajar

Setiap warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha mempertahankan kemerdekaan NKRI. Perilaku warga negara Indonesia harus mencerminkan sikap sebagai berikut: 
  1. Cinta tanah air. Cinta tanah air artinya berbakti kepada negara dan bersedia berkorban membela negara. Cinta tanah air menjadi sikap penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial budaya, ekonomi, dan politik bangsa. Cinta tanah air perlu ditanamkan dan dikembangkan dalam jiwa setiap individu sejak dini.
  2. Membina persatuan dan kesatuan. Semboyan Bhineka Tunggal Ika mencerminkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia. Kemajemukan bangsa Indonesia mampu membangun kesatuan bangsa yang kokoh. Prinsip dari persatuan dan kesatuan di Indoesia yaitu menjadi satu atau tunggal yang menuntut keterpaduan dari kemajemukan bangsa Indonesia.
  3. Rela berkorban Rela berkorban yaitu bersedia dengan senang hati, ikhlas, dan tidak mengharapkan imbalan. Bersedia memberikan segala sesuatu yang dimiliki untuk kepentingan bangsa dan negara.

Tuliskan perilaku-perilaku warga negara Indonesia yang mencerminkan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
Upaya Mempertahankan Kemerdekaan NKRI
No.Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRIPerilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI
1.Cinta tanah air
  1. Melestarikan budaya bangsa
  2. Menjaga kelestarian lingkungan
  3. Rajin belajar
  4. Hidup rukun dan bergotong royong
  5. Menjaga kerukunan antar umat beragama
2.Membina persatuan dan kesatuan
  1. Berteman dengan siapa saja
  2. Mau mempelajari kesenian dari daerah lain.
  3. Menolong siapa saja tanpa membedakan suku
  4. Tidak membedakan teman berdasarkan SARA
  5. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain
3.Rela Berkorban
  1. Bersedia menolong dengan tenaga
  2. Bersedia menolong dengan pikiran
  3. Bersedia menolong dengan harta
  4. Membantu teman yang sedang kesusahan
  5. Meminjamkan alat tulis kepada teman yang membutuhkan
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:29 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.