Home » » Pemanfaatan dan Perubahan Bentuk Energi

Pemanfaatan dan Perubahan Bentuk Energi

Pada Pembelajaran Kelas IV semester dua pada pembelajaran Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari. KD 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi. Materi yang dibahas pada pembelajaran tersebut adalah sumber energi. Simak pembahasannya berikut ini.

Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Salah satunya adalah kekayaan sumber energi. Minyak bumi, gas alam, arus sungai dan sinar matahari merupakan sumber energi yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Energi dapat berubah bentuk. Perubahan bentuk energi inilah yang dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Contoh pemanfaatan sumber daya energi dan perubahan energi (gas menjadi panas) bagi manusia adalah penggunaan gas LPG. Gas LPG diperoleh dari pengolahan dan penyaluran gas alam. Gas tersebut berubah menjadi energi panas sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memasak. 
Sumber Energi
Energi listrik yang dialirkan akan memanaskan lempeng logam pada setrika. Setrika dimanfaatkan oleh manusia untuk merapikan pakaian. Energi kimia pada baterai remot televisi dimanfaatkan untuk menghidupkan dan mematikan televisi. Energi panas matahari dimanfaatkan untuk panel surya. Listrik dari panel surya digunakan untuk menyalakan peralatan rumah tangga. Energi gerak pada ban sepeda dimanfaatkan untuk menggerakan dinamo. Energi listrik yang dihasilkan dinamo digunakan untuk menyalakan lampu sepeda. 

Seperti yang telah kita ketahui, energi merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha atau kerja. Energi pun dapat berubah bentuk menjadi energi lainnya. Beberapa sumber energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini.
Sumber Energi
No.KegiatanSumber Energi Yang DigunakanPerubahan Energi Yang
1.Bermain layang-layangEnergi AnginEnergi angin menjadi energi gerak
2.Menyetrika pakaianEnergi ListrikEnergi listrik menjadi energi Panas
3.Membakar sateEnergi KimiaEnergi kimia menjadi energi panas
4.Pembuatan garamEnergi Panas MatahariEnergi panas menjadi energi kimia
5.MemblenderEnergi listrikEnergi listrik menjadi energi Gerak

Carilah contoh pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Konversi Sumber energi

Banyak sekali contoh perubahan energi dan pemanfatannya yang ada di sekitar kita. Agar dapat mengidentifikasi contoh-contoh perubahan energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai bentuk-bentuk energi. Macam-macam energi sebagai berikut:
Perubahan Energi
1. Energi Bunyi
Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan dari suara atau bunyi-bunyian, misalnya bunyi halilintar, bunyi gitar, bunyi klakson, dan bunyi gong.

2. Energi Panas
Energi panas yang terbesar di bumi ini adalah energi panas matahari. Energi panas disebut juga energi kalor. Energi panas terbesar di bumi adalah panas matahari.

3. Energi Listrik
Energi listrik paling banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. Energi ini bisa diganti ke energi lain seperti energi panas, bunyi, dan gerak. Nah, dari bentuk-bentuk energi yang kita kenal ada beberapa contoh perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut.
  • Energi Listrik-Energi Panas. Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas adalah penggunaan oven, kompor listrik, dan setrika.
  • Energi Listrik-Energi Gerak. Contoh perubahan energi listrik menjadi gerak adalah penggunaan AC, kipas angin, mobil mainan, mixer, dan blender.
  • Energi Gerak-Energi Panas. Contohnya ketika sepeda motor dipakai perjalanan jauh, maka akan panas.
  • Energi Cahaya-Energi Listrik. Contohnya penggunaan panel surya.
  • Energi Gerak-Energi Bunyi. Contohnya menabuh gendang atau bertepuk tangan.

Begitu banyak contoh perubahan energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari kita. Sekarang bersama kelompokmu, temukan contoh-contoh lain perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari kita. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut
Bentuk Perubahan EnergiContoh dalam Kehidupan Sehari-hari
Energi Listrik-Energi PanasSetrika, microwafe, solder, oven, rice cooker, Kompor listrik, Pemanggang listrik, Pemanas air listrik
Energi Listrik-Energi GerakKipas angin, blender, mesin bor, lift/elevator, tangga berjalan, Mixer, Motor listrik, Mesin jahit, Penyedot debu, Mesin cuci
Energi Gerak-Energi PanasMenggosokan telapak tangan, berjalan kaki yang jauh, bermain prosotan, ban sepeda dan aspal saat mengerem, membuat api dengan batu.
Energi Cahaya-Energi ListrikPanel surya
Energi Gerak-Energi BunyiBertepuk tangan, Getaran pita suara manusia, Drummer memukul drum, Memetik gitar, Lebah berdengung, Derap langkah sekelompok orang berbaris di jalan.

Demikian pembahasan mengenai Pemanfaatan dan Perubahan Bentuk Energi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas IV Tema 9, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:33 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.