Home » » Manfaat Energi Listrik dan Energi Matahari Bagi Kehidupan

Manfaat Energi Listrik dan Energi Matahari Bagi Kehidupan

Pada Pembelajaran Kelas IV semester dua pada pembelajaran Tema 9 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.  KD 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi. Materi yang dibahas pada pembelajaran tersebut adalah sumber energi. Simak pembahasannya berikut ini.

Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. Energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Energi berasal dari sumber energi. Semakin menipisnya bahan bakar minyak menyebabkan perlunya menemukan energi alternatif. Energi Alternatif adalah energi ramah lingkungan yang dimanfaatkan untuk menggantikan bahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, gas alam).

1. Air dan Listrik
Air memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan air adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air. Manfaat air sangat besar dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Oleh sebab itu, dalam pemanfaat air hendaknya diimbangi dengan kehidupan manusia. Oleh sebab itu, dalam pemanfaat air hendaknya diimbangi dengan kesadaran menjaga sumber air yang adadi bumi. Membuang-buang air merupakan perbuatan yang tidak bijak.
Energi Listrik
Air dan listrik menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa digantikan oleh apa pun. Kegiatan sehari-hari akan terganggu ketika pasokan air dan listrik terganggu.

Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga air adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat. Banyaknya ketersediaan air menjadi salah satu alasan paling mendasar untuk membangun pembangkit listrik tenaga air di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di Indonesia memiliki banyak waduk atau bendungan. Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air. Aliran air dari bendungan atau waduk digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan membangkitkan energi listrik.

Air merupakan salah satu sumber energi yang cukup berlimpah. Air menyimpan energi yang cukup besar. Aliran air mampu menggerakkan kincir yang dibangun di dekat sungai. Kincir-kincir ini akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik. Makin deras aliran air, semakin kencang kincir berputar. Energi listrik yang dihasilkan pun semakin besar.

Dengan adanya PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air, ketersediaan energi listrik ke rumah-rumah akan terpenuhi. Kita pun bisa memanfaatkannya untuk menghidupkan berbagai peralatan listrik yang memudahkan kegiatan kita sehari-hari seperti lampu, televisi, dan peralatan lainnya.

Cara Kerja Pembangkit Tenaga Listrik
Pembangkit Listrik Tenaga Air adalah suatu sistem pembangkit listrik dengan cara memanfaatkan aliran air.. Empat komponen utama pembangkit listrik tenaga air adalah waduk atau bendungan., Saluran pelimpah atau pembawa air, Gedung sentral atau power house, dan unit transmisi yang mengalirkan produksi listrik ke konsumen.

Berikut ini urutan cara kerja pembangkit tenaga listrik :
  1. Pembangkit listrik tenaga air bekerja dengan cara mengubah energi potensial air dari bendungan atau air terjun menjadi energi mekanik dengan bantuan turbin air. Dari energi mekanik diubah menjadi energi listrik dengan bantuan generator.
  2. Bendungan berfungsi menaikan permukaan air untuk menciptakan tinggi jatuh air. Selain menyimpan air bendungan juga dibangun dengan tujuan untuk menyimpan energi.
  3. Intake adalah pintu air yang berguna untuk memasukan air menuju turbin melalui pipa pesat.
  4. Pipa pesat adalah saluran pipa air yang menuju ke turbin. Di dalam pipa pesat tekanan air akan naik.
  5. Turbin berfungsi untuk mengubah energi potensial menjadi energi mekanik. Air akan memutar  sudu-sudu dari turbin, sehingga turbin berputar. Perputaran turbin kemudian dihubungkan ke generator.
  6. Generator yang terhubung ke turbin dengan bantuan poros dan gear box. Memanfaatkan perputaran turbin untuk memutar kumparan magnet dalam generator. Sehingga terjadi pergerakan elektron yang menghasilkan arus AC.
  7. Trafo digunakan untuk menaikan tegangan arus bolak-balik, agar listrik tidak banyak  terbang  saat dialirkan melalui  saluran transmisi. Trafo yang digunakan adalah trafo Step UP.
  8. Transmisi berguna untuk mengalirkan listrik dari pembangkit ke rumah-rumah atau industri. Sebelum listrik digunakan oleh rumah atau industri tegangannya diturunkan lagi dengan trafo Steo Down.

2. Sumber Energi Yang Dapat Diperbaharui dan Tidak Dapat Diperbaharui
Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber energi. Sumber energi mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Sumber-sumber energi tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Kesemuanya harus dimanfaatkan secara bijak demi kesejahteraan penduduknya.

a. Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya. Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal dari tum buhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.
Minyak Bumi dan Batu Bara
b. Sumber Energi yang Dapat Diperbarui
Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pula sumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan dan tumbuhan.

3. Manfaat Energi Matahari
Matahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup.Kegiatan ini akan memudahkanmu memahami manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia.

Buatlah peta konsepnya dengan mengisi kolom kolom berikut.
Manfaat Energi Matahari
1. Manfaat energi matahari bagi Alam :
  • Menerangi bumi
  • Sebagai Pusat Tata Surya
  • Sebagai Sumber Energi tak terbatas bagi alam dan isinya
  • Mengeringkan Tanah yang basah setelah diguyur hujan
  • Membantu terjadinya siklus air
  • Panas matahari menjaga kelangsungan hidup organisme di Bumi.

2. Manfaat energi matahari bagi manusia :
  • Membantu manusia untuk mengeringkan Pakaian
  • Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya
  • Membantu petani garam menguapkan air laut yang ada di ladang garamnya
  • Membantu petani untuk mengeringkan gabah
  • Memberikan vitamin D yang dibutuhkan oleh Tubuh

3. Manfaat energi matahari bagi hewan :
  • Untuk menghangatkan tubuh
  • Membantu penyerapan kalsium
  • Untuk Pertumbuhan
  • Membantu proses pencernaan
  • Mengeringkan bulu atau rambut

4. Manfaat energi matahari bagi Tumbuhan :
  • Membantu proses fotosintesis
  • Mengaktifkan Klorofil
  • Menjaga temperatur tumbuhan
  • Membantu pertumbuhan bunga dan daun
  • Menghilangkan air yang ada pada tumbuhan

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Energi Listrik dan Energi Matahari Bagi Kehidupan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas IV Tema 9, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:12 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.