Home » » Membuat Ulasan Teks Narasi Sejarah

Membuat Ulasan Teks Narasi Sejarah

Teks ulasan adalah teks yang dibuat pengulas dari pengamatan, pemeriksaan, dan hasil penilaian pada suatu karya. Teks ulasan memberikan pendapat yang berhubungan dengan objek yang ingin diulas. Pembaca bisa menilai kualitas sebuah karya dalam buku atau film. Dalam teks tersebut bisa ditambahkan kekurangan dan kelebihan dalam sebuah karya.

Teks ulasan bisa memberi informasi dan mempengaruhi pembaca untuk mendiskusikan lebih jauh mengenai sebuah karya. Pembaca bisa memikirkan apakah karya ini layak untuk dinikmati oleh pembaca atau tidak.

Untuk membuat ulasan mengenai teks narasi sejarah ada beberapa hal yang harus disajikan. Hal-hal yang harus disajkan antara lain sebagai berikut.
  1. Judul Teks
  2. Bagian yang menarik dari teks
  3. Informasi penting teks
  4. Pendapat mengenai teks
  5. Saran untuk pembaca teks tersebut

Berikut ini beberapa contoh membuat ulasan teks narasi sejarah pada pembelajaran kelas V tema 7

Pembelajaran 1 Subtema 1
Pada Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan terdapat teks Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Diskusikan teks Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat dengan teman sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut seperti di bawah ini.
Ulasan Teks
Judul TeksPeristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Bagian yang paling menarikKekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Harga rempah-rempah sangat mahal semahal emas (gold). Mereka sangat
membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak
Informasi pentingFaktor-faktor pendorong penjelajahan samudra antara lain .
  1. Adanya keinginan mencari kekayaan (gold)
  2. Adanya keinginan menyebarkan agama (gospel)
  3. Adanya keinginan mencari kejayaan (glory)
  4. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat sprti dikembangkannya teknik pembuatan kapal, ditemukannya mesiu, dan ditemukannya kompas.
Pendapat saya tentang teks iniBangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya dan memiliki potensi besar untuk menjadi bangsa yang maju. Hal ini dibuktikan banyaknya penjajah yang ingin menguasai Indonesia.
Saya menyarankan teks ini karenaTeks ini mengajarkan kita terhadap sejarah perjalanan Indonesia dan dengan teks ini dapat menyadarkan masyarakat Indonesia bahwa negaranya merupakan negara yang besar sehingga diinginkan oleh bangsa penjajah.

Pembelajaran 6 Subtema 1
Pada Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan terdapat teks Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Diskusikan dengan teman sebangkumu teks di atas. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut pada bagan di bawah ini.
Ulasan Teks
Judul teksDampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928
Bagian yang paling menarikSejak peristiwa Sumpah Pemuda 1928, dunia dikejutkan oleh kemampuan dan kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan.
Informasi penting
  1. Pada tanggal 28 Oktober 1928 terbentuk tekad untuk bersatu dalam ikrar Sumpah Pemuda.
  2. Sejak peristiwa Sumpah Pemuda 1928 timbul kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan.
  3. Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 berpengaruh sangat besar bagi organisasi pergerakan.
  4. Peristiwa Sumpah Pemuda menegaskan rasa senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa.
Pendapat saya tentang teks iniTeks yang sangat bagus karena menjelaskan pentingnya persatuan dalam menggapai cita-cita, yaitu Indonesia merdeka. Ikrar Sumpah Pemuda membawa perubahan yang sangat besar dalam perjuangan bangsa Indonesia dalam melepaskan diri dari penjajahan.
Saya menyarankan teks ini karenaTeks ini menceritakan proses perjuangan bangsa Indonesia dalam usaha melepaskan diri dari penjajahan. Dengan didasari nilai Persatuan dalam ikrar Sumpah Pemuda, akhirnya cita-cita bangsa Indonesia tersebut dapat tercapai dalam beberapa tahun kemudian.

Pembelajaran 4 Subtema 2
Pada Pembelajaran 4 Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan terdapat teks Ahmad Soebarjo
Ahmad Soebarjo

Diskusikan dengan teman sebangkumu teks di atas. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut pada bagan di bawah ini.
Ulasan Teks
Judul teksAhmad Soebarjo
Bagian yang paling menarikPeran Akhmad Soebarjo ketika beliau ikut menjadi Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal Pembukaan UUD 1945.
Informasi penting
  1. Ahmad Soebarjo lahir di Karawang, Jawa Barat pada tanggal 23 Maret 1897.
  2. Beliau ikut menjadi Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal Pembukaan UUD 1945.
  3. Ahmad Soebarjo juga dikenal sebagai tokoh perumus naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Pendapat saya tentang teks iniAhmad Soebardjo layak menjadi teladan, sikap kepemimpinan yang bisa ditiru, karena mempunyai peran yang besar bagi perjalanan bangsa dan negara Indonesia dalam usaha mencapai kemerdekaan.
Saya menyarankan teks ini karenaTeks ini berisi sikap keteladanan salah seorang pemimpin Indonesia, selain itu teks ini juga berisi tentang peran beliau dalam perjuangan bangsa Indonesia.

Demikian pembahasan mengenai Membuat Ulasan Teks Narasi Sejarah. Semoga Tulisan ini bermanfaat. Terima kasih.

Sumber : Buku Kelas V Tema 7, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:25 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.