Home » » Menentukan Alur Cerita Pada Teks Cerita Pendek

Menentukan Alur Cerita Pada Teks Cerita Pendek

Pada pembelajaran kelas VI tema 9 subtema 2 akan membahas muatan Bahasa Indonesia yaitu cerpen. Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu karangan fiksi. Karangan fiksi adalah karangan yang berisi kisah atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Cerpen dikemas secara pendek, jelas dan ringkas. Cerpen biasanya hanya mengisahkan cerita pendek tentang permasalahan yang dialami satu tokoh saja.

Pada umumnya permasalahan yang dikisahkan pada cerpen tidak terlalu rumit. Maka dari itu jumlah kata pada cerpen juga dibatasi. Biasanya cerpen terdiri dari berbagai kisah seperti genre percintaan, kasih sayang, jenaka, dan lain-lain. Pada cerpen juga mengandung pesan dan amanat untuk para pembaca.

Salah satu unsur dalam cerpen adalah alur atau jalan cerita. Jalan cerita atau isi cerita atau alur cerita disebut dengan plot. Plot merupakan salah satu bagian tulisan fiksi yang sangat penting. Plot atau alur cerita berisi tentang peristiwa-peristiwa yang mempunyai hubungan satu dengan yang lainnya. Keterkaitan ini akan membentuk satu kesatuan cerita yang utuh.;

Biasanya, alur cerita dalam cerita fiksi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal, tengah, dan akhir. Bagian awal biasanya berisi tentang pengenalan tokoh dan masalah. Bagian tengah biasanya berisi tentang masalah dan konflik dalam cerita. Sedangkan bagian akhir biasanya menceritakan tentang penyelesaian masalah dari cerita tersebut.

Alur cerita atau jalan cerita sebuah tulisan fiksi membantu pembaca untuk mengetahui rangkaian peristiwa di dalamnya. Alur cerita biasanya menjelaskan masalah atau konflik dan penyelesaiannya.

1. Pembelajaran 1
Pada Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya terdapat teks Langit di Wae Rebo Oleh Diana Karitas

A. Melengkapi Diagram
Judul Cerita: Langit Wae Rebo
Siapa Tokohnya?
Gita dan Ayah Gita
Di mana peristiwanya? Desa Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Kapan?
Malam hari
Apa yang terjadi dan mengapa?
Gita pertama kali dapat melihat bintang sebanyak dan seterang di Wae Rebo. Mengapa Gita tidak pernah melihatnya ketika berada di luar rumahnya?

Bagaimana penyelesaiannya?
Ayah Gita menjelaskan bahwa mereka dapat melihat bintang sebanyak dan seterang ini karena berada di ketinggian yang cukup tinggi dan di sekeliling kita terlalu banyak cahaya.

B. Gambar Penjelasan Cerita
Langit penuh Bintang

Pembelajaran 2
Pada Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya terdapat teks Teropong Binokular dan Bintang Jatuh Oleh Diana Karitas

A. Melengkapi Diagram
Judul Cerita: Teropong Binokular dan Bintang Jatuh
Siapa Tokohnya?
Dimas dan Om Dodi, Ibu Dimas
Di mana peristiwanya?
Rumah Dimas

Kapan?
Sore hari
Apa yang terjadi dan mengapa?
Dimas sangat menginginkan sebuah teropong binokuler karena Dimas ingin mengamati bintang-bintang di langit

Bagaimana penyelesaiannya?
Om Dodi .memberikan hadiah sebuah teropong binokuler

B. Gambar Penjelasan Cerita Pendek
Teropong Binokular dan Bintang Jatuh

Pembelajaran 3
Pada Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya terdapat teks Berkunjung ke Observatorium Bosscha Oleh: Diana Karitas

A. Melengkapi Diagram Bagian Cerita Pendek
Mengunjungi Observatorium Boscha
  1. Judul : Berkunjung Ke Observatorium Boscha
  2. Pengarang : Diana Karitas
  3. Bagaian Awal : Rombongan siswa kelas VI sekolah Rima mengunjungi Observatorium Boscah di Lembang, Bandung, Jawa Barat.
  4. Bagian tengah : Di dalam observatorium mereka mendengan suara seseorang menangis. Ternyata Agatha teman satu sekolah Rima tertinggal dari rombongan.
  5. Bagian Akhir : Sambil menunggu Kak Yani menghubungi rombongan. Rima membagi minumannya agar Agatha tenang. Rima bersyukur karena diperingatkan peristiwa ini.

B. Mengubah Bagian Cerita Pendek
Bagian Tengah :
Rima yang berada di bagian belakang rombongan mendengar suara anak perempuan menangis. Rima berusaha mencari asal suara tersebut, sehingga tanpa sadar Rima juga ikut terpisah dari rombongannya. Rima memang akhirnya mengetahui suara anak yang menangis tersebut. Ternyata suara tangisan itu adalah suara Agatha yang juga terpisah dari rombongan kelasnya. Rima dan Agatha akhirnya sama-sama terpisah dari rombongan, sehingga kepanikan sempat melanda kedua siswa kelas enam tersebut. Namun Rima tidak larut dalam kepanikan. Segera ia mengajak Agatha untuk mencari petugas observatorium Bosscha dan meminta tolong ke bagian informasi untuk memberitahukan keberadaan mereka kepada rombongan.

Pembelajaran 4
Pada Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya terdapat teks Berbesar Hati Menerima Kekalahan Oleh Fitri Kurnia Sari

A. Melengkapi Diagram Bagian Cerita Pendek
Berbesar Hati Menerima Kekalahan
  1. Judul : Berbesar Hati Menerima kekalahan
  2. Pengarang : Fitri Kurnia Sari
  3. Bagaian Awal : Edo dan Bagus adalah sahabat karib, namun seminggu ini sikap Edo mendadak berubah terhadap Bagus.
  4. Bagian tengah : Karena tergesa-gesa Edo tersandung kaki meja. Bagus, Damar, dan Bimo segera menolong Edo.
  5. Bagian Akhir : Edo mengaku tidak bisa  menerima kekalahan pada waktu pemilihan ketua kelas, lalu Edo meminta maaf pada Bagus.

B. Penjelasan Menggunakan Gambar
Persahabatan Bagus dan Edo

Pembelajaran 5
Pada Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya terdapat teks Kakek Banu Oleh Diana Karitas

A. Pesan Cerita
Kakek Banu
B. Mengubah Bagian Cerita
Bagian Akhir :
Andi dan Bayu pun lupa dengan permainan gawainya karena kakek terus bersemangat membuat cerita buat para cucunya. Sebenarnya ibu sudah menyuruh anak-anak untuk beristirahat, tetapi anak-anak tidak mau, dan kakek Banu pun menyuruh ibu untuk membiarkan anak-anak tersebut. Kakek mengajak anak-anak pindah ke ruang keluarga sambil tetap meneruskan cerita. Anak-anak sambil tiduran di lantai yang sudah dilapisi karpet terus bersemangat mendengarkan cerita tersebut. Akhirnya anak-anak tertidur di ruang keluarga. Kakek Banu pun tersenyum bahagia

Pembelajaran 6
Pada Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya terdapat teks Cita-Cita Anak Belitong Oleh Yudi Suharso

A. Pesan Cerita Pendek
Anak Belitong
B. Mengubah Bagian Cerita
Bagian Tengah :
Pada hari Minggu pagi yang cerah Andi pergi jalan-jalan sendirian di tepi pantai. Andi melihat ada sekumpulan karang di tepi pantai. Andi menuju ke ke karang tersebut untuk melakukan pemotretan. Beberapa anak penduduk setempat yang berada tak jauh dari tempat Andi berdiri berteriak agar Andi mengurungkan niatnya. Namun, Andi tidak mengindahkannya dan terus berdiri di atas karang. Tanpa Andi sadari sebuah ombak besar menerjang kumpulan batu karang tersebut dan menghempaskan Andi ke laut. Segera anak-anak kampung menolong Andi. Andi menyesal tidak menghiraukan peringatan anak-anak kampung tersebut Sebagai ungkapan terima kasih Andi berkenalan dan mengajak anak-anak tersebut untuk mengunjungi rumah tempat tinggalnya di Belitong

Demikian pembahasan mengenai alur atau plot pada teks cerita pendek. Semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan anda tentang alur cerita pendek.

Sumber : Buku Siswa Tema 9 kelas VI, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:36 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.