Home » » Pembelajaran 6 Tema 5 Subtema 3 Sikap Kepahlawanan

Pembelajaran 6 Tema 5 Subtema 3 Sikap Kepahlawanan

Pada Pembelajaran 6 Tema 5 Subtema 3 Sikap Kepahlawanan akan mempelajari tentang membaca dan menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu sosok yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar kita. Menjelaskan kaitan sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila. Mempresentasikan kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila. Setelah berdiskusi dan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri cedera luka dan lepuh dan cara-cara penanggulangannya.. Setelah berdiskusi dan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan penanggulangan cedera luka dan lepuh dan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Banyak sikap kepahlawanan yang ditunjukkan oleh orang-orang di sekitar kita. Siapa saja mereka? Ayo, kita cari tahu.

Ayo Membaca
Setiap orang bisa menjadi pahlawan, asalkan dia melakukan hal-hal yang berguna untuk lingkungannya. Apakah sikap yang dimiliki sosok di bawah ini mencerminkan sikap kepahlawanan?

Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih
Berbuat baik tidak harus menunggu kaya. Itulah falsafah hidup seorang pria 65 tahun di Sumedang, Jawa Barat. Dengan ketekunan dan kesederhanaan, sang kakek mampu mengubah lahan yang tandus di kaki Gunung Tampomas menjadi lahan hijau.

Kaki Gunung Tampomas dulunya hanyalah padang tandus yang rusak karena penambangan pasir. Setelah habis ditambang, tempat tersebut ditinggal begitu saja meranggas dan gersang. Tidak ada yang bertanggung jawab. Tidak ada yang dikenai sanksi karena kerusakan ekosistem ini.
Duha Juhaeri


Duha Juhaeri menjadi penyelamat lahan yang rusak. Selama 26 tahun tanpa dibayar, tanpa pamrih, terus berupaya supaya lahan kering menjadi hijau. Usaha yang tidak sia-sia. Kini puluhan petani dan peternak menggantungkan hidup dari jerih payah Juhaeri.

Oleh ketekunannya pula, sang kakek rajin ini berhasil menjadi peternak. Namun, Juhaeri bukanlah tipe orang egois. Ketika berhasil, dia membagi kebahagiaan itu ke penduduk sekitar untuk diajak menjadi peternak.

Kini Kakek Juhaeri menuai kebahagiaan dari apa yang ditabur. Hanya dengan upaya sederhana, Juhaeri ternyata mampu mengubah dari tiada menjadi ada. Dari kerusakan menjadi keteduhan. Untuk berbuat baik, perlu usaha yang tiada henti.(JUM)Sumber: Liputan6.com

Tulislah pertanyaan sebanyak mungkin tentang Kakek Duha Juhaeri.
  1. Di mana kakek Duha Juhaeri tinggal?
  2. Apa yang dilakukan kakek Duha Juhaeri?
  3. Mengapa kaki Gunung Tampomas menjadi tandus?
  4. Bagaimana cara kakek Duha Juhaeri menjaga kelestraian lingkungan?
  5. Berapa lama kakek Duha Juhaeri berjuang menanami lahan yang tandus?
  6. Apa manfaat yang diperoleh masyarakat sekitar dari jerih payah kakek Duha Juhaeri?

Tukarkan pertanyaanmu dengan teman dan minta teman tersebut menjawab pertanyaan yang kamu tulis.
  1. Kakek Duha Jauhari tinggal di Sumedang, Jawa Barat.
  2. Duha Juhaeri menghijaukan lahan yang tandus.
  3. Kaki gunung Tampomas tandus akibat penambangan pasir.
  4. Beliau mengubah lahan tandus di kaki Gunung Tampomas menjadi lahan hijau.
  5. Kakek Duha Juhaeri selama 26 tahun berjuang menanami lahan yang tandus.
  6. Masyarakat sekitar dapat menjadi petani dan peternak di lahan hijau.

Cari informasi penting dari teks di atas dan tuliskan pada kolom berikut
Duha Juhaeri menjadi penyelamat lahan yang rusak. Selama 26 tahun tanpa dibayar, tanpa pamrih, terus berupaya supaya lahan kering menjadi hijau. Usaha kakek ini tidak sia-sia. Kini puluhan petani dan peternak menggantungkan hidup dari jerih payah Juhaeri.
Presentasikan hasil temuanmu dalam kelompok

Kakek Duha Juhaeri mempunyai tanggung jawab sosial yang sangat tinggi. Tindakan yang dilakukan oleh Kakek Juhaeri adalah sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Jelaskan maksud dari pernyataan di atas sehubungan dengan sila kelima Pancasila
Sikap dan perilaku kakek Duha Juhaeri yang sesuai dengan nilai pancasila sila ke-5, antara lain membiasakan hidup sederhana, hemat, dan berusaha menolong orang lain sesuai kemampuan kita.

Kamu juga dapat menerapkan sikap yang menunjukkan tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari, khususnya terhadap lingkungan. Berikan contoh!
  1. Melakukan penghijauan di sekitar rumah
  2. Membuang sampah pada tempatnya
  3. Membantu korban bencana alam

Apa yang akan terjadi jika kita tidak mempunyai tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari?
Jika tidak ada tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari maka terjadi kesenjangan sosial.

Ayo Berlatih
Membantu orang-orang di sekitar kita yang mengalami kecelakaan adalah merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial yang sesuai denga sila ke- 5 Pancasila.

Kamu telah belajar bagaimana menangani cedera akibat luka, luka memar, dan luka melepuh.

Sekarang kamu akan mencoba melakukan simulasi secara berkelompok bagaimana memberi pertolongan kepada orang-orang yang mengalami cedera tersebut.

Kamu akan dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa. Setiap kelompok mendiskusikan dan menuliskan skenario untuk simulasi.
Cedera Luka
  1. Bersihkan bagian yang terluka dengan sabun anti septik
  2. Tekan perlahan bagian luka dengan perban atau kain bersih
  3. Oleskan bagian luka dengan krem antiseptik

Lepuh
  1. Dinginkan bagian yang lepuh dengan air bersih.
  2. Bersihkan dan keringkan bagian yang lepuh.
  3. Balut longgar dengan perban.

Ayo Renungkan
Hal-hal penting apa yang kamu pelajari dalam satu pekan ini?
Hal penting yang saya pelajari adalah Non fiksi, tabel KW, Cahaya dan cermin cekung, cermin cembung dan cermin datar, Sikap kepahlawanan sebagai peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya, Perpotongan garis sejajar, Nilai-nilai Pancasila, Ciri-ciri cedera luka dan lepuh serta penanggulangannya, Cahaya dan periskop, Tinggi rendah nada dan tempo, Sikap kepahlawanan seorang tokoh,
Apa manfaat pelajaran tersebut untuk dirimu, orang lain, dan lingkungan?
Manfaat pelajaran bagi diriku, orang lain dan lingkungan adalah menambah pengetahuan tentang berbagai hal di lingkungan sekitar kita.
Sikap baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari- hari?
Sikap baik yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah Jujur dan tanggung jawab

Kerja Sama dengan Orang Tua
Jelaskan dan peragakan kepada orang tuamu cara mengatasi luka, memar dan melepuh. Minta mereka menulis komentar tentang penjelasan dan peragaanmu!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:29 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.