Home » » Pembelajaran 3 Tema 4 Subtema 3: Pekerjaan Orang Tuaku

Pembelajaran 3 Tema 4 Subtema 3: Pekerjaan Orang Tuaku

Pada Pembelajaran 3 Tema 4 Subtema 3: Pekerjaan Orang Tuaku akan mempelajari tentang mengidentifikasi unsur intrinsik dari cerita yang dibaca dengan teperinci. Setelah membaca cerita, siswa mampu menuliskan unsur intrinsik cerita yang dibaca dalam bentuk peta pikiran dengan teperinci. Setelah membaca cerita, siswa mampu menghubungkan sikap tokoh dengan pengamalan sila ketiga Pancasila dengan benar.. Setelah membaca cerita, siswa mampu menceritakan kegiatan yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sesuai sila ketiga pancasila dengan benar. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai penduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu Guru.

Ayo Berlatih
Kamu telah berlatih tentang langkah, pukulan, tangkisan, dan tendangan dalam pencak silat.Hari ini kamu akan berlatih seluruh gerakan tersebut sebagai persiapan untuk pengambilan nilai pada pertemuan berikutnya.

Apakah kamu masih ingat gerakan-gerakan dasar dalam pencak silat berikut?
  1. Langkah. Langkah dalam pencak silat antara lain : Langkah lurus depan kiri, langkah lurus depan kanan, langkah lurus mundur kiri, langkah lurus mundur kanan, langkah samping kanan dan kiri, langkag serong depan kiri dan kanan, langkah serong belakang kanan adan kiri.
  2. Pukulan.  Pukulan dalam Pencak Silat. Pukulan Lurus. Posisi tangan saat memukul lurus dan mengepal ke depan tepat di dada lawan Pukulan tegak. Posisi tangan kanan memukul tegak lurus dan mengepal dengan sasaran tepat ke bahu bagian kanan lawan. Pukulan bandul. Pukulan yang diambil dari bawah dengan sasaran tepat ke arah ulu hati. Pukulan melingkar. Pukulan berbentuk lingkaran dengan sasaran ke arah pinggang lawan
  3. Tangkisan. Tangkisan dalam Pencak SilatTangkisan Dalam. Tangkisan dari luar ke dalam sejajar dengan bahu. Tangkisan Luar. Tangkisan dari dalam ke luar sejajar dengan bahu Tangkisan Atas. Tangkisan dari bawah ke atas, untuk melindungi kepala dari serangan. Tangkisan Bawah. Tangkisan dari atas ke bawah
  4. Tendangan. Tendangan dalam Pencak Silat.Tendangan lurus. Tendangan yang menggunakan ujung kaki dengan tungkai lurus. Tendangan ini mengarah ke depan pada sasaran dengan meluruskan tungkai sampai ujung kaki. Bagian kaki yang kena saat menendang adalah pangkal bagian dalam jari-jari kaki. Posisi badan menghadap ke sasaran.. Tendangan tusuk. Hampir sama dengan tendangan lurus, yakni mengarah ke depan, namun perkenaannya adalah ujung jari-jari kaki.. Tendangan jejak. Disebut juga dorongan telapak kaki. Tendangan ini mengarah ke depan yang sifatnya mendorong ke sasaran dada dengan perkenaan telapak kaki penuh.. Tendangan T. Hampir sama dengan tendangan lurus, yakni menggunakan sebelah kaki dan tungkai. Lintasannya lurus ke depan dan perkenaannya pada tumit, telapak kaki, dan sisi luar telapak kaki. Tendangan ini biasanya digunakan untuk serangan samping dengan sasaran seluruh bagian tubuh.

Diskusikan dan peragakan secara berpasangan seluruh gerakan dasar tersebut! Setelah berlatih jawablah pertanyaan berikut!

Gerakan mana yang sudah dapat kamu lakukan dengan baik? Jelaskan!
Saya sudah baik dalam melakukan gerakan langkah dan tendangan.
Gerakan mana yang belum dapat kamu lakukan dengan baik? Jelaskan!
Gerakan yang belum saya lakukan dengan baik adalah tangkisan dan pukulan.
Tuliskan rencanamu untuk lebih meningkatkan keterampilanmu dalam gerakan  dasar pencak silat!
Saya akan berlatih dengan lebih giat;
Diskusikan dengan gurumu gerakan-gerakan di atas.

Tahukah kamu bahwa banyak perlengkapan olahraga silat yang dibutuhkan oleh para pesilat? Terbuat dari sumber daya alam apa peralatan tersebut?  Pekerjaan apa saja yang terlibat untuk menghasilkan kebutuhan tersebut?

Pekerjaan ibu temanku adalah pengrajin cendera mata dari barangbarang bekas. Ingin tahu lebih lanjut tentang pekerjaan itu?

Ayo Membaca
Pekerjaan ibuku adalah pengrajin cendera mata. Barang yang diciptakannya sangatlah unik, karena dibuat dari barang-barang bekas. Cenderamata yang dihasilkan oleh Ibuku adalah tempat tisu dan gantungan kunci.

Memanfaatkan barang-barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai merupakan pekerjaan yang mulia. Di samping dapat mendatangkan uang, juga dapat menjaga lingkungan dari pencemaran yang berdampak buruk bagi kehidupan.

1. Apa produk yang dihasilkan Ibu tersebut?
Cenderamata dari barang bekas.
2. Mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas? 
Untuk mengurangi pencemaran lingkungan karena sampah dan untuk menghemat sumber daya alam.
3. Sikap apa yang bisa dicontoh dari pengrajin barang bekas?
Sikap peduli lingkungan dan sikap peduli pelestarian sumber daya alam.

Seorang pengrajin barang bekas, mengolah barang bekas atau sampah menjadi benda yang bisa dijual dan menghasilkan uang. Selain itu, pekerjaan ini juga mengurangi tumpukan sampah yang ada di sekitar kita.

Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut dalam hati. Tahukah kamu cara lain pengolahan sampah? Mengolah sampah bisa kita lakukan dengan berbagai cara.

Cara Mengolah Sampah
Mengolah sampah bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Cara yang pertama, kita bisa mengurangi pemakaiannya. Istilah ini dikenal dengan nama reduce (mengurangi). Sebisa mungkin kita kurangi penggunaan kemasan barang. Semakin banyak kita menggunakan kemasan barang, semakin banyak sampah yang dihasilkan.

Cara yang kedua, kita bisa memakai kembali. Istilah ini dikenal dengan reuse (memakai kembali). Sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai). Hal itu dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum ia menjadi sampah.

Cara yang ketiga, kita bisa mendaur ulang. Istilah ini dikenal dengan recycle (mendaur ulang). Sebisa mungkin, barang-barang yang sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Tidak semua barang bisa didaur ulang, namun saat ini sudah banyak industri yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain.
Mengolah Sampah

Cara yang keempat, kita bisa mengganti ulang. Istilah ini dikenal dengan replace (mengganti). Teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang- barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. Telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, misalnya ganti kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja.

Buatlah peta pikiran berdasarkan teks tadi!
Mengolah Sampah
Mengolah sampah termasuk kegiatan melestarikan sumber daya alam karena  kita menggunakan barang-barang bekas. Perhatikanlah lingkunganmu!

Tulislah sebanyak-banyaknya kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan sampah.
  1. Pembuatan Kertas Daur Ulang 
  2. Pembuatan Kerajinan dari Koran Bekas
  3. Kerajinan dari Kaleng Bekas atau Gelas
  4. Pembuatan Makan Ternak
  5. Pembuatan Kompos 
  6. Pembuatan Gas Methan 
  7. Membuat Bank Sampah
  8. Pembuatan kerajinan topeng dari kertas bekas
  9. Reduce (Mengurangi)
  10. Reuse (Memakai Kembali)
  11. Recycle (Mendaur Ulang)
  12. Replace (Mengganti)

Ayo Mencoba
Ambillah tulisanmu tentang komentarmu terhadap cerita ‘Tupai dan Ikan Gabus’!
1. Judul: Tupai dan Ikan Gabus

2. Tokoh: Tupai, Ikan Gabus, dan Ikan Yu

3. Sifat Tokoh:
  • Tupai: Setia kawan, suka menolong, cerdik, pemberani
  • Ikan Gabus: Setia kawan
  • Ikan Yu: Ganas

4. Tempat: Pantai dan laut di daerah Kalimantan Barat

5. Awal Cerita: Ikan Gabus, sahabat Tupai, sedang terbaring lemah karena sakit. Ia ingin memakan hati Ikan Yu supaya sehat kembali

6. Akhir Cerita: Tupai berhasil mendapatkan hati Ikan Yu untuk sahabatnya, Ikan Gabus. Ikan Gabus pun kembali sehat

7. Pesan Moral: 
  • Masalah besar bisa diselesaikan bersama dengan sahabat
  • Sahabat akan selalu ada di saat susah maupun bahagia
  • Perbuatan baik akan dibalas dengan kebaikan.
1. Tukarkan tulisanmu dengan tulisan teman di sebelahmu!

2. Berilah komentarmu terhadap tulisan temanmu!
Tulisan temanku sudah bagus.
3. Bacalah tulisanmu yang telah diberikan komentar temanmu!

4. Perbaikilah komentarmu apabila dibutuhkan!

Ayo Renungkan
Apa yang sudah kamu lakukan dengan sampah yang ada di rumahmu?
Sampah di rumahku dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Salah satu diantaranya adalah sampah organik dimanfaatkan sebagai pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik diberikan kepada pemulung.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikanlah dengan orang tuamu tentang sampah yang ada di rumahmu!  Apa yang dapat kamu lakukan dengan sampah di rumahmu? Ceritakan kegiatan tersebut kepada gurumu!
Sampah dirumahku diolah dengan baik. Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan sampah di rumahku antara lain :
  1. Kami memilih sampah untuk di daur ulang
  2. Kami memilih sampah yang masih bisa digunakan
  3. Kami memilih sampah sesuai jenisnya
  4. Kami membuang pada tempatnya
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.