Home » » Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan

Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan

Pada Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan akan mempelajari tentang menjelaskan variasi gerak dasar dalam permainan kasti dengan runtut. Mempraktikkan variasi gerak dasar dalam permainan kasti dengan benar. Menjelaskan cara menyajikan laporan hasil wawancara secara lisan dengan rasa percaya diri. Mempresentasikan laporan hasil wawancara dengan sistematis. Menyebutkan contoh sikap dalam melestarikan lingkungan sebagai bentuk kewajiban warga negara. Mengomunikasikan ajakan untuk melestarikan lingkungan sebagai bentuk kewajiban sebagai warga dengan penuh tanggung jawab. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Apakah kamu masih ingat cara bermain kasti? Ayo, kita berlatih kembali!
Apakah kamu masih ingat cara bermain kasti? Hari ini kamu dan teman-temanmu akan mempraktikkan kembali permainan kasti. Semakin sering berlatih, tentunya akan membuat kamu semakin terampil dalam bermain. Sebelum bermain, diskusikan kembali secara berpasangan bagaimana cara memainkan permainan tersebut.
Permainan Kasti
Diskusikan strategi yang akan kamu terapkan agar dapat melakukan permainan dengan baik secara berkelompok dan memenangkan pertandingan.

Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut
Agar dapat melakukan permainan dengan baik pemukul harus memukul bola dengan keras agar lambungannya sukar dijangkau penjaga dan dapat melampaui pos jaga (base). Selain itu juga diperlukan kerjasama antar anggota regu.
Sekarang saatnya kamu bermain kasti. Perhatikan instruksi yang diberikan oleh gurumu.

Setelah selesai bermain kasti, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan permainan hari ini dengan menjawab pertanyaan berikut.
Apa yang sudah kamu lakukan dengan baik?
Saya sudah dapat memukul dan menangkap bola dengan baik.
Apa yang masih belum dapat kamu lakukan dengan baik?
Saya masih belum bisa melempar bola dengan baik.
Apa rencanamu agar lebih terampil dalam bermain kasti?
Saya akan terus berlatih agar dapat bermain dengan baik.
Sebelumnya kamu telah menulis laporan tentang hasil wawancara. Ayo, presentasikan laporan tersebut dalam kelompok!

Sebelum kamu melakukan presentasi, diskusikan dengan temanmu apa saja yang harus dipenuhi agar presentasi berhasil dengan baik.

Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut
  1. Menentukan Tujuan Presentasi dengan Jelas
  2. Menentukan Topik Presentasi
  3. Membuat Kerangka Presentasi
  4. Menyusun Materi Presentasi
  5. Persiapkan Peralatan Presentasi
  6. Melakukan Latihan Presentasi dalam kelompok

Kamu telah membuat diagram frayer tentang mencintai lingkungan pada pertemuan sebelumnya. Ayo, ceritakan isi diagram tersebut!

Sebelumnya kamu telah menuliskan pada diagram frayer tentang mencintai lingkungan. Pada diagram tersebut kamu menuliskan:
  1. Contoh sikap mencintai lingkungan.
  2. Bukan contoh sikap mencintai lingkungan.
  3. Ciri-ciri perilaku yang mencintai lingkungan.
  4. Kesimpulan.

Ceritakan diagram frayer tersebut dalam kelompok. Kamu dan teman dalam satu kelompok dapat menanyakan berbagai pertanyaan kepada teman yang bercerita untuk menjawab rasa ingin tahumu.
Diagram
Isi diagram Frayer.
Mencintai lingkungan merupakan kewajiban setiap warga masyarakat. Masyarakat yang mencintai lingkungan ciri-cirinya antara lain : peduli dengan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, dan tidak senang apabila ada orang yang membuang sampah sembarangan.

Beberapa contoh tindakan mencintai lingkungan antara lain : membuang sampah pada tempatnya, melakukan kerja bhakti membersihkan lingkungan sebulan sekali, membuat bak penampung sampah, menanam pohon di sekitar rumah, dan memisahkan sampah organik dan anorganik.

Beberapa contoh tidakan yang mencerminkan tidak mencintai lingkungan antara klain : membuang sampah di sungai, enggan membersihkan lingkungan sekitar, belum menanam pohon di sekitar rumah, membuang sampah sembarangan dan tidak mempedulikan kerbersihan lingkungan sekitar.

Mencintai lingkungan adalah kewajiban seluruh masyarakat. Dengan mencintai lingkungan kita akan memberikan hak orang lain untuk hidup dengan nyaman.

Ayo Renungkan
Setelah belajar selama satu pekan, renungkanlah!

Hal-hal penting apa saja yang kamu pelajari dalam satu pekan ini?
Selama sepekan saya telah belajar tentang kalimat tanya, Sumber daya alam di lingkungan sekitar dan pemanfaatannya dan Peduli lingkungan, Hak dan kewajiban, montase, kolase, Variasi pola gerak dasar jalan, lari, lompat, lempar, Teks laporan, dan Pelestarian sumber daya alam dan lingkungan
Apa manfaat pelajaran tersebut untuk dirimu, orang lain dan lingkungan?
Manfaat pembelajaran tersebut bagi saya adalah menjadi lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan.
Nilai-nilai apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
Nilai yang dapat saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain disiplin, peduli lingkungan, dan tanggung jawab

Kerja Sama dengan Orang Tua
Presentasikan laporan hasil wawancara yang telah kamu buat kepada orang tuamu. Minta orang tuamu memberikan komentar dan saran tentang presentasimu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:35 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.