Home » » Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan

Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan

Pada Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan akan mempelajari tentang menilai tokoh yang ada dalam cerita dan endeskripsikan tokoh melalui gambar dan tulisan dengan perinci. Membandingkan jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar mereka dalam bentuk diagram Venn. Mengembangkan laporan tentang jenis pekerjaan dalam bentuk tulisan dengan lengkap. Menginformasikan pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam dalam bentuk peta pikiran. Menuliskan contoh kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam dengan lengkap. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Perhatikan lingkungan tempat tinggalmu! Apakah kamu tinggal di pegunungan? Di dataran rendah? Ataukah di wilayah pantai? Bagaimana jenis tumbuhan yang terdapat di sana? Pekerjaan apa yang ada di sana? Untuk memahami, ayo kita pelajari.

Ayo Membaca
Ketika liburan tiba, Lani mengunjungi kakeknya. Kakek Lani tinggal di daerah pegunungan. Udara di sana terasa sejuk, berbeda dengan udara di tempat tinggal Lani. Setiap pagi, Lani tidak pernah bosan menemani kakeknya berjalan pagi. Tempat tinggal Kakek Lani dekat perkebunan teh. Kakeknya sering mengajak Lani berjalan-jalan mengitari perkebunan teh.

Lani diberitahu oleh kakeknya bahwa teh merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di daerah berudara sejuk.

Tempat Hidup Tanaman Teh
Teh merupakan minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Di Indonesia tanaman teh tumbuh subur di wilayah pegunungan yang berudara sejuk.

Teh merupakan salah satu tanaman tropis yang tumbuh pada ketinggian antara 200 sampai dengan 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu yang dibutuhkannya untuk dapat tumbuh dengan baik antara 14°– 25°C, yang diikuti oleh cahaya matahari yang cerah. Sinar matahari sangat mempengaruhi pertumbuhan teh. Makin banyak sinar matahari, pertumbuhan tanaman teh akan terhambat. Tanaman teh juga tidak tahan terhadap kekeringan. Curah hujan sangat dibutuhkan tanaman teh.

Di Indonesia, perkebunan teh tersebar di beberapa wilayah pegunungan di Pulau Jawa dan Sumatera. Ada pula yang berada pada ketinggian 800–1200 meter di atas permukaan laut. Namun pada ketinggian ini, hasil perkebunannya tidak sebaik hasil dari perkebunan di daerah yang lebih tinggi. Aroma teh yang dihasilkan di sini tidak sewangi teh di perkebunan yang lebih tinggi. Pada ketinggian ini, kebun teh memerlukan pohon pelindung tetap dan memerlukan material penutup tanah untuk menjaga kelembapan tanah.

Pohon teh juga berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi. Tanaman teh yang ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter dapat menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air. Jadi, selain berfungsi sebagai bahan minuman, teh juga berfungsi untuk menjaga lingkungan.

Setelah membaca teks di atas, Lani semakin paham. Tak heran pohon teh di kebun dekat rumah kakeknya tumbuh subur. Iklim di sana memang sangat mendukung untuk tumbuh kembang tananam teh.

Jawablah pertanyaan berikut!
1. Di mana tanaman teh hidup?
Teh dapat tumbuh di wilayah pegunungan yang berhawa sejuk.
2. Bagaimana caranya agar tanaman teh bisa bermanfaat menahan erosi?
Tanaman teh yang ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air.
3. Apa yang terjadi apabila tanaman teh terus menerus dikonsumsi besar- besaran? 
Apabila tanaman teh dikonsumsi terus menerus dan secara besar-besaran tanaman teh akan terganggu kelestraiannya.
4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani teh agar tumbuhan teh tetap bertahan?
Hal yang perlu dilakukan petani teh agar teh tetap bertahan adalah dengan mengusahakan pengolahan tanah agar tetap subur. Hal lain yang harus diperhatikan adalah penentuan jarak tanam yang tepat dan juga pengairan.
5. Apa yang dapat kamu lakukan agar tanaman teh tidak cepat habis dan tanah yang digunakan untuk menanam tetap subur?
Tanaman teh dapat dijaga kelestarianya dengan pemberian pupuk dan perawatan tanaman yang teratur.

Setiap tanaman yang kita konsumsi harus dijaga kelestariannya. Begitu juga tanah yang ditanaminya. Tanaman dan tanah adalah sumber daya alam yang harus kita jaga keberadaannya. Penggunaan yang berlebihan akan merugikan kita

Buatlah peta pikiran yang berisikan informasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam bagi manusia.
Peta Pikiran
Pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam bagi manusia.
  1. Agar ketersediaan bahan kebutuhan manusia tetap terjaga
  2. Agar keseimbangan alam terjaga
  3. Agar sumber daya alam terjaga kelestraianya
  4. Agar tidak terjadi bencana banjir dan tanah longsor
  5. Agar barang tambang seperti minyak bumi tidak cepat habis.
  6. Agar kelangsungan bumi akan terus terjaga.
  7. Agar kelangsungan hewan dan tumbuhan tetap terjaga
  8. Agar tidak terjadi kerusakan lingkungan

Diskusikan hasilnya dengan teman satu kelompokmu.

Ayo Menulis
Banyak masyarakat yang menikmati teh. Akan tetapi, tahukah kamu tentang proses pembuatan teh? Amati gambar di bawah ini!
Memetik Teh

Untuk mengolah teh menjadi minuman, banyak jenis pekerjaan yang terlibat. Ada penanam teh, pemetik teh, penggiling daun teh, dan pengemas teh. Apa yang kamu ketahui tentang jenis pekerjaan di sekitarmu? Bandingkan temuanmu dengan informasi yang dimiliki temanmu!

Tulislah hasilnya dalam diagram Venn. Diagram Vennmu harus memuat dua jenis pekerjaan, daerah mereka bekerja, apa yang dikerjakan, hasil yang diperoleh, dampak dari pekerjaan mereka bagi masyarakat dan pekerja.
Pekerjaan
Kembangkan diagram Vennmu dalam bentuk tulisan! Sampaikan hasilnya kepada gurumu!

Berdasarkan diagram ven di atas dapat dijelaskan bahwa
Pekerjaan bertani dilakukan di darat. Mereka menenam padi, merawat tanaman padi dan memanen padi. Padi kemudian digiling menjadi beras. Beras tersebut kemudian dikonsumsi dan sebagaian dijual. Para petani mendapatkan uang dari hasil penjualan beras. Selain itu warga masyarakat yang lainya juga mdapat memenuhi kebutuhan pokoknya dengan membeli beras hasil jerih payah Pak Tani.

Nelayan bekerja menangkap ikan di laut. Mereka mencari ikan menggunakan beberapa alat tangkap ikan. Sebagian ikan dikonsumsi oleh keluarga nelayan tersebut, sementara sebagian lainnya dijual kepada mereka yang membutuhkan. Dengan menjual ikan nelayan mendapatkan uang dan warga masyarakat yang lainnya dapat memenuhi kebutuhan akan sebagai bahan makanan.

Ayo Berdiskusi
Tanaman memberikan manfaat bagi manusia. Apabila tidak berhati-hati dalam memanfaatkannnya tumbuhan akan punah. Manusia akan mengalami kesulitan. Oleh sebab itu, kita wajib menjaga keberadaan tanaman dengan menanam kembali serta menjaga lingkungannya. Bacalah teks berikut dalam hati!

Taman Bermain yang Hilang
Malam hari merupakan malam yang ditunggu oleh Kupi, kepiting kecil. Ia menikmati saat-saat berjalan perlahan di gundukan pasir bersama ayahnya. Mereka menanti datangnya air pasang, yang akan membawa mereka ke dunia yang berbeda. Ya, Kupi selalu menanti saat-saat mereka terhempas oleh air pasang, lalu tiba di hutan bakau. Nanti di sana ia pasti akan bertemu dengan teman-teman kecilnya yang lain. Upi, si udang kecil, Kuro, si kura-kura, dan teman-teman yang lebih besar seperti Bangau Cilik dan Momo si monyet. Di antara akar bakau mereka bisa bermain kejar-kejaran, petak umpet, atau tidur di sela akar yang melintang. Seru sekali saat-saat itu.

Ada kalanya mereka berpisah, terbawa oleh pasang surut, kembali ke laut bebas. Namun, suatu hari mereka bertemu lagi dan bermain bersama lagi. Suasana di hutan bakau tentu berbeda dengan suasana di laut lepas. Airnya pun berbeda. Tidak asin seperti air laut, tetapi tidak juga tawar. Kupi tidak tahu apa namanya. Berbeda, tetapi Kupi dan teman-teman tetap bisa bermain dengan nyaman.

Malam itu, di pesisir pantai, Kupi bertanya pada ayahnya. “Ayah, mengapa kita tidak lagi pernah bisa bertemu dengan Bangau Putih, teman ayah? Aku juga sudah rindu bertemu dengan sahabat-sahabat kecilku. Aku sudah lama sekali tidak bertemu dengan Upi, Kuro, Bangau Cilik, dan Momo. Mengapa sekarang susah sekali kita bertemu dengan mereka ya?”

Sambil berjalan pelan di gundukan pasir, ayah kepiting menjelaskan perlahan. “Kupi, sayang sekali hutan bakau tempatmu bermain sudah rusak. Ayah dengar dari Paman Nelayan, manusia di pesisir pantai sana ingin membuat bangunan-bangunan yang tinggi menjulang. Butuh lahan yang lebih luas. Oleh karenanya mereka menebang habis hutan bakau. Mereka bangun gedung tinggi menjulang ke langit di atas taman bermainmu dulu.” Ayah menjelaskan perlahan. Sesungguhnya ia tidak ingin Kupi sedih. Tetapi bagaimana lagi? Ayah tidak ingin Kupi terus menanti tanpa pasti.

Kupi tertunduk sedih. Pupus sudah harapannya bertemu lagi dengan sahabat- sahabat kecilnya.

“Mengapa manusia begitu jahat, ayah? Mengapa manusia tidak memikirkan kita, makhluk kecil di pesisir pantai? Mengapa manusia hanya memikirkan dirinya sendiri?” Kupi meratap pelan, namun penuh amarah.

Ayah ingin menenangkan hati Kupi. Ia menambahkan, “Sebenarnya, ketika hutan bakau tempatmu bermain ditebang, manusia pun menerima akibat buruknya, Kupi. Air laut akan semakin mudah mencapai daratan. Tidak ada lagi pohon bakau yang menahan. Lama-kelamaan, air tanah di sekitar pantai akan menjadi air asin. Manusia ‘kan tidak bisa minum air asin, Kupi.” Ayah berusaha menjelaskan panjang lebar.

Ayah kemudian menambahkan, “Dengan rusaknya pantai akibat penebangan bakau, kegiatan manusia pun menjadi terganggu. Sekarang wisatawan yang berkunjung ke pantai ini semakin berkurang. Para pedagang yang dulu berjualan di sekitar sini tidak ada lagi. Pemandu wisata yang biasa menjelaskan tentang keindahan pantai dan hijaunya bakau pun sudah jarang terlihat. Nelayan yang biasa menjual hasil tangkapan mereka pun tinggal sedikit.”

Kupi tidak terhibur oleh penjelasan ayah. Pikirnya, biarkan saja manusia menerima akibat dari perbuatannya sendiri. Manusia memang sering tidak bijak. Kupi hanya ingin berdoa, dan berdoa semoga suatu saat nanti hutan bakau akan kembali. Semoga suatu saat nanti ada lagi taman tempatnya bermain. Semoga suatu saat nanti ia masih bisa bertemu dengan sahabat-sahabat kecilnya. Kupi hanya bisa berdoa, semoga kelak manusia bisa bertindak lebih bijaksana. Semoga!

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita di atas!
1. Siapa yang tinggal di dalam hutan bakau?
Kupi dan Ayahnya.
2. Apa yang biasa dilakukan Kupi dengan Ayahnya?
Mereka biasa berjalan di gundukan pasir danmenanti datangnya air pasang yang akan membawa mereka ke dunia yang berbeda.
3. Mengapa Kupi sedih dan marah?
Kupi sedih karena tidak bisa bertemu teman-teman kecilnya lagi, kupi marah karena manusia merusak hutan bakau.
4. Gambarlah salah satu tokoh. Tulislah pendapatmu tentang tokoh tersebut.
Si Kupi

Kupi merindukan saat bermain dengan teman-temanya, namun sayang tempat bermain mereka telah rusak akibat ulah manusia.
Sampaikan gambar dan tulisanmu kepada teman kelompokmu! Mintalah pendapat mereka!

5. Apakah gambarmu sama dengan gambar temanmu? Jelaskan!
Gambarku berbeda dengan gambar teman yang lain.
6. Apakah komentarmu tentang tokoh sama dengan komentar temanmu? Jelaskan!
Aku suka tokoh Kupi karena ia sangat perhatian terhadap teman-temanya

Betapa tumbuhan sangat besar perannya dalam kehidupan kita. Kehidupan yang nyaman tercipta dengan adanya berbagai tumbuhan penjaga lingkungan di sekitar kita. Selain bermanfaat untuk manusia, tumbuhan juga bermanfaat bagi kehidupan binatang. Salah satu contohnya adalah tanaman bakau.
  1. Melindungi pantai dari erosi dan abrasi. Adanya bakau di pesisir pantai bermanfaat untuk menjaga agar garis pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak. Rumpun -rumpun bakau mampu menyerap energi gelombang yang datang sehingga hanya riak gelombang yang sampai di sisi pantai.
  2. Menahan rembesan air laut ke darat.
  3. Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri. Selain dapat menjaga daratan, bakau juga memiliki peran penting dalam mengurangi polutan di air laut.
  4. Menciptakan udara pesisir yang bersih dan segar. Daun bakau dapat menyerap gas karbondioksida dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, udara di sekitar pantai tetap bersih dan segar.
  5. Menjadi habitat alami berbagai biota darat dan laut. Kelestarian hewan laut dan darat seperti udang, kepiting, berbagai jenis ikan, burung, monyet, serta biawak terjaga dengan adanya hutan bakau di pesisir pantai.
  6. Mengurangi dampak bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang.

Mengapa kita harus menjaga kelestarian tanaman bakau?
Tanaman bakau memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan.
Apa yang terjadi kalau hutan bakau rusak?
Jika hutan bakau rusak maka keseimbangan alam akan terganggu.
Bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam? Jelaskan. 
Hutan bakau menciptakan udara pesisir yang bersih dan melindungi pantai dari abrasi.
Apa saranmu agar hutan bakau tetap lestari? 
Agar hutan bakau tetap lestari sebaiknya hutan bakau harus dijaga kelestarianya agar keseimbangan alam dan keselamatan manusia tetap terjaga. 
Di sekitarmu terdapat sumber daya alam yang harus kamu jaga. Sebutkan dua sumber daya alam yang ada di lingkunganmu dan tulislah paling sedikit tiga kegiatan untuk menjaganya.
NoSumber Daya AlamCara Menjaga
1.Tumbuhan
  1. Tidak menebang pohon sembarangan
  2. Melakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan.
  3. Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman
  4. Pemeliharaan tanaman dengan benar
2.Hewan
  1. Tidak berburu hewan sembarangan
  2. Melindungi hewan hewan langka
  3. Hewan langka dibudi dayakan
  4. Mencari alternatif pemanfaatan hewan-hewan langka dengan menciptakan pengganti berbahan sintetis

Sampaikan hasil kerjamu kepada gurumu!

Kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan beragam tumbuhan. Yuk, membuat poster untuk menginformasikan pada temanmu di sekolah tentang pentingnya menjaga dan menyayangi tumbuhan yang ada di lingkungan kita

Ayo Renungkan
Bagaimana tanggung jawabmu terhadap tugas-tugas sekolah selama satu hari ini?
Saya sudah melaksanakan tugas-tugas sekolah hari ini.
Sudahkah kamu mempraktikkan ajakan untuk menyayangi, menjaga, dan merawat tumbuhan di sekitarmu?
Saya sudah mempraktekan ajakan menjaga dan merawat tumbuhan di lingkungan sekitarku.
Sudahkah kamu mengajak orang-orang di sekitarmu untuk ikut menjaga dan merawat tumbuhan?
Saya sudah mengajak kedua orang tuaku untuk menjaga dan merawat tumbuhan bersama-sama pada hari Minggu.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan tentang pentingnya tumbuhan bagi kelangsungan kehidupan di Bumi! Diskusikan dengan orang tuamu tentang jenis pekerjaan yang membantu tanaman tumbuh dengan baik!
Tumbuhan dianggap sebagai sumber daya penting karena banyaknya cara mereka mendukung kehidupan di Bumi. Mereka melepaskan oksigen ke atmosfer, menyerap karbon dioksida, menyediakan habitat dan makanan bagi satwa liar dan manusia, dan mengatur siklus air.

Beberapa jenis pekerjaan yang membantu tanaman tumbuh dengan baik antara lain petani, tukang kebun, dan petugas taman kota.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:54 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.