Home » » Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif

Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif

Pada Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif akan mempelajari tentang menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban. Mempresentasikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di lingkungannya. Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tinggi rendah nada. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Penggunaan energi alternatif bertujuan mengurangi penggunaan energi dari fosil, seperti minyak bumi. Mengapa? Karena butuh waktu bertahun-tahun untuk proses pembentukan minyak bumi. Selain itu, energi alternatif juga mengurangi kerusakan lingkungan. Pencemaran asap karena sisa pembakaran minyak bumi menyebar ke udara dan menyebabkan pemanasan global. Salah satu cara paling bijak yang dapat kita lakukan adalah berhemat energi.

Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut. DIkusikan dengan temanmu.

Hari ini, Udin dan teman-teman belajar mengenai energi minyak bumi. Di awal pelajaran, Pak Burhan menyajikan sebuah gambar mengenai proses pembentukan minyak bumi. Ternyata, butuh waktu yang sangat ... sangat ... sangat panjang. Jutaan tahun! Wah, pantas saja Udin sering mendengar anjuran “Hemat Energi” di mana-mana. Ketika berjalan pulang dari sekolah, Udin, Lani, Edo, dan Siti berbincang-bincang mengenai menghemat energi. Mereka berpikir, seharusnya ada yang dapat mereka lakukan untuk mengajak warga di Kampung Babakan untuk melakukan penghematan energi. Listrik, bahan bakar kendaraan, dan air adalah sumber daya yang dikonsumsi oleh warga desa sehari-hari.

Edo ingat, hampir sepanjang hari televisi di rumahnya selalu menyala. Ada, atau tidak ada yang menonton! Seperti sudah menjadi kebiasaan saja untuk langsung menyalakan televisi di pagi hari. Bahkan, ketika Edo ke sekolah, ayah kerja, dan ibunya memasak di dapur, televisi masih menyala tanpa penonton. Nah, itu satu hal yang dapat Edo lakukan. Mengingatkan anggota rumahnya untuk menghemat penggunaan listrik. Memang, memperoleh aliran listrik adalah salah satu hak masyarakat. Tetapi perlu diingat, bahwa kewajiban pemakai listrik bukan hanya membayar tagihan, tetapi juga harus menghemat pemakaian!

Lani juga ingat. Ibunya selalu mengendarai sepeda motor untuk urusan apapun. Bahkan belanja ke warung Mpok Minah di ujung kampung pun, ibu mengendarai motor. Lani menyadari, ia harus mengingatkan ibu untuk menggunakan kendaraan seperlunya. Ibu perlu menghemat bahan bakar motor. Untuk jarak yang dekat, lebih baik berjalan kaki atau naik sepeda. Lebih hemat, lebih murah, dan lebih sehat! Hmm,.. Udin dan Siti jadi berpikir keras. Pasti ada yang dapat mereka lakukan untuk mengajak keluarga dan warga sekitar menghemat energi. Walaupun masih anakanak, mereka pun menggunakan hak mereka sebagai pemakai energi. Jadi, mereka pun mempunyai kewajiban untuk melakukan penghematan. Akan lebih baik lagi jika mereka bisa menjadi pengingat warga.

Ayo, hemat Energi!

Berdasarkan teks di atas analisis pertanyaan berikut.

1. Mengapa kita perlu menghemat energi?
Kita harus menghemat energi karena energi yang ada di alam jumlahnya sangat terbatas, jika tidak digunakan dengan bijak maka energi tersebut akan habis. 
2. Tindakan-tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi?
Untuk menghemat energi dapat dilakukan dengan cara menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja, menghemat penggunaan listrik, mematikan TV jika tidak ditonton.
3. Tuliskan tindakan-tindakan yang belum menunjukkan menghemat energi
Tindakan-tindakan yang belum menunjukkan menghemat energi antara lain : menyalakan lampu pada siang hari, menyalakan televisi tanpa ditonton, dan menggunakan listrik secara berlebihan
4. Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita di atas?
Hal baik yang dapat kita pelajari dari bacaan di atas adalah kita harus membiasakan menghemat energi sejak dini. Hemat energi berarti menjaga kelangsungan hidup generasi mendatang.

Ya, selalu berhemat energi juga cara yang paling bijak untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Sebagai bagian dari masyarakat itu adalah kewajiban kita. Hal-hal apa saja yang sudah kamu dilakukan untuk menghemat energi?
Hemat Energi
Presentasikan hasilmu di depan kelas.

Ayo Mengamat
Sekarang, amatilah lingkunganmu. Tulislah fakta-fakta yang kamu temui mengenai kesadaran masyarakat dalam menghemat energi. Kamu dapat melakukan wawancara kepada ketua RT atau warga di lingkunganmu.

Tulislah fakta-fakta yang kamu temukan pada tabel berikut.
Hal-hal yang dilakukan masyarakat.
  1. Mematikan lampu saat siang hari.
  2. Tetangga masih ada yang membiarkan kran air tetap terbuka sehingga air terus keluar.
  3. Ada warga yang membiarkan lampu teras tetap menyala di siang hari.
  4. Ada warga yang belum menggunakan alat listrik hemat energi.
  5. Ada warga yang bepergian menggunakan kendaraan bersama-sama.
  6. Tetanggaku selalu mematikan komputer ketika tidak digunakan.
  7. Aku dan adikku selalu mematikan TV ketika selesai menonton.
  8. Beberapa anak menggunakan sepeda untuk pergi ke sekolah.
  9. Banyak warga menggunakan motor untuk pergi ke warung.
  10. Beberapa warga membiarkan lampu halaman menyala di siang hari

Dari fakta yang kamu temukan kelompokkan hal yang sudah baik dan hal yang belum baik.
Hal yang sudah baikHal yang belum baik
  1. Mematikan lampu saat siang hari. 
  2. Bepergian menggunakan kendaraan bersama-sama.
  3. Mematikan komputer ketika tidak digunakan. 
  4. Selalu mematikan TV ketika selesai menonton.
  5. Menggunakan sepeda untuk pergi ke sekolah.
  1. Membiarkan kran air tetap terbuka sehingga air terus keluar.
  2. Membiarkan lampu teras tetap menyala di siang hari.
  3. Belum menggunakan alat listrik hemat energi.
  4. Menggunakan motor untuk pergi ke warung.
  5. Membiarkan lampu halaman menyala di siang hari

1. Apa yang bisa kamu simpulkan. Apakah warga di sekitarmu sudah hemat energi. Jelaskan!
Ada sebagian warga yang sudah melakukan tindakan yang menghemat energi, namun ada pula yang belum melakukan penghematan energi.
2. Apa dampak dari tindakan yang dilakukan?
Akibat perilaku tidak hemat energi ternyata merugikan orang lain.
3. Tulislah saranmu!
Sebaiknya sebagai warga negara yang baik kita harus menghemat energi karena energi yang ada jumlahnya terbatas.. Sekain itu semua warga negara berhak menikmati sumber energi.

Menghemat energi adalah kewajiban seluruh masyarakat. Dengan menghemat energi kita ikut menjaga lingkungan.

Berbagai hal sederhana yang dilakukan Lani untuk menghemat energi juga bisa kita contoh. Coba kamu bayangkan kalau sebagian besar orang di lingkunganmu pergi ke sekolah dengan sepeda atau berjalan kaki. Seberapa besar energi yang bisa dihemat? Ayo coba lakukan seperti Lani ya.

Ayo Bernyanyi
Nyanyikan kembali lagu syair “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tinggi rendah nada. Nyanyikan secara berkelompok dengan temanmu.

Simak video berikut ini !
Ayo Renungkan
Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya sudah belajar nilai disiplin dan tanggung jawab.
Sudahkah warga di sekitarmu menghemat energi? Jelaskan?
Sebagian besar warga sekitarku belum melakukan hemat energi. Misalnya saja mereka masih suka bepertgian menggunakan kendaraan pribadi dan masih membiarkan lampu menyala di siang hari.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Sampaikan kepada orang tuamu pentingnya menghemat energi. Diskusikan hal-hal yang dilakukan untuk menghematnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:56 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.