Home » » Karyaku Prestasiku Proyek 1 Travel Agent

Karyaku Prestasiku Proyek 1 Travel Agent

Proyek ini merupakan proyek keterpaduan tiga muatan pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, PPKn dan IPA. Dalam proyek ini, siswa bersama dengan kelompoknya bermain peran sebagai travel agent yang akan menjelaskan perjalanan yang ditempuh oleh makanan dari mulut sampai saluran pembuangan dalam sistem pencernaan manusia. Dalam kelompok siswa membagi tugas menjadi beberapa bagian yaitu organ mulut, organ kerongkongan, lambung, usus besar, usus halus, dan narator. Setiap anggota berkewajiban untuk membuat informasi tentang organ pencernaan dan fungsinya sesuai dengan bagiannya masing-masing dalam bentuk iklan media cetak.

Narator bertugas untuk menceritakan perjalanan makanan dari mulut sampai ke saluran pembuangan, tiap kali berpindah ke organ berikutnya, siswa yang bertugas di organ tersebut menunjukkan dan membacakan iklan yang dibuatnya.

Pada akhir kegiatan, siswa bersama dengan kelompoknya melakukan refleksi diri tentang sikap kerja sama dengan kelompoknya, apakah mereka menemukan kesulitan dalam bekerja sama dengan temannya yang memiliki ide dan gagasan yang berbeda? Bagaimana mereka menyelesaikan kesulitan tersebut?

Bekerjalah dalam kelompok yang beranggotakan 5 sampai 6 orang. Kamu akan berperan sebagai travel agent yang akan menjelaskan perjalanan yang ditempuh makanan dari mulut sampai saluran pembuangan. Ikuti petunjuk kerja dibawah ini !
  1. Bagilah tugas antara anggota kelompok : Siswa 1 Organ mulut, Siswa 2 : Organ kerongkongan , Siswa 3 : Lambung, Siswa 4 : Usus besar, Siswa 5 : Usus halus, Siswa 6 : Narator
  2. Setiap orang berkewajiban untuk membuat informasi tentang organ pencernaan dan fungsinya sesuai dengan bagiannya masing-masing. Informasi tersebut disajikan dalam bentuk iklan media cetak.Pastikan bahwa iklan tentang fungsi organ pencernaan tersebut menarik, mudah dipahami dan memberikan informasi yang lengkap.
  3. Narator bertugas untuk menceritakan perjalanan makanan dari mulut sampai ke saluran pembuangan. Tiap kali narator berpindah pada organ berikutnya, siswa yang bertugas di organ tersebut menunjukkan dan membacakan iklan yang dibuatnya.
  4. Amati penampilan kelompok lain dan berikan komentar yang positif dan saran kepada kelompok lain apabila diperlukan.
  5. Pada akhir kegiatan, buatlah refleksi diri tentang sikap kerja samamu bersama dengan kelompokmu. Apakah kamu menemukan kesulitan dalam bekerja sama dengan temanmu? Apakah kamu menemukan perbedaan ide/gagasan dan pendapat ketika mengerjakan tugas?

Bagaimana kamu mengatasi perbedaan tersebut? Apakah perbedaan yang kamu miliki dalam kelompok memberikan manfaat bagi keberhasilan penyelesaian tugasmu?

Proses terjadinya pencernaan makanan dalam sistem alat pencernaan manusia:
Travel Agent
1. Mulut
Proses pencernaan pada manusia dimulai dari mulut. Ketika membuka mulut untuk memasukkan makanan, dari sinilah perjalanan panjang makanan dimulai. Makanan masuk melalui mulut. Organ yang ada di dalam rongga mulut seperti gigi, lidah, dan kelenjar mulut ikut ambil bagian dalam proses ini. Di dalam mulut, makanan dikunyah secara mekanik dan kimiawi. Makanan dikunyah menjadi bagian-bagian kecil, yang membuatnya mudah dicerna. Sementara itu, air liur yang bercampur dengan makanan-makanan tersebut, akan mengubahnya menjadi bentuk yang bisa diserap oleh tubuh.

2. Kerongkongan
Makanan yang sudah dikunyah akan melewati faring atau persimpangan saluran dari rongga mulut ke kerongkongan. Setelah melewati faring, makanan kemudian masuk ke kerongkongan. Di dalam kerongkongan, makanan akan didorong menuju lambung. Gerakan ini disebut gerakan peristaltik.

3. Lambung
Dari kerongkongan, makanan akan mampir ke lambung. Setelah sampai ke lambung, makanan akan diolah secara kimiawi dan mekanik. Secara kimiawi, makanan dicerna oleh asam lambung, enzim pepsin, dan renin. Secara mekanik, makanan akan diremas-remas di dalam lambung. Ketika meninggalkan lambung, makanan yang semula berbentuk dan mungkin bertekstur keras, akan berubah menjadi cairan atau bentuk lebih halus.

4. Usus Halus
Dari lambung, makanan akan didorong ke usus halus. Makanan yang dikonsumsi menyimpan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel tubuh. Di dalam usus halus, sari-sari makanan diserap. Di sinilah tubuh akan menyerap nutrisi makanan ke aliran darah.

5. Usus Besar
Dari usus halus, makanan akan didorong ke dalam usus besar. Fungsi usus besar adalah tempat untuk menyerap air dan mineral dari sisa-sisa makanan. Saat usus besar sudah penuh dengan sisa-sisa makanan ini, maka proses menuju ke anus akan dimulai.

Makanan yang sudah dicerna akan dikeluarkan melalui anus. Anus adalah pemberhentian terakhir dari proses pencernaan, sebelum akhirnya makanan yang sudah berubah menjadi kotoran atau feses, keluar dari tubuh.

Refleksi :
Selama kegiatan berlangsung saya tidak mengalami kesulitan dalam bekerja sama. Hanya saja pada saat akan menentukan cara kerja sistem pencernaan manusia ada beberapa perbedaan pendapat. Namun perbedaan pendapat tersebut dapat diatasi dengan baik. Perbedaan pendapat yang ada membuat pkerjaan yang kami lakukan menjadi lebih baik karena saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:05 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.