Home » » Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat

Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat

Pada Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat akan mempelajari tentang merancang iklan elektronik dan mendemonstrasikan iklan. Dengan melakukan refleksi dan menjawab pertanyaan tentang kerja sama dalam kelompok, siswa mampu menyebutkan pentingnya keanekaragaman dan menguraikan contoh cerita tentang arti pentingnya memahami keanekaragaman. Dengan menguraikan teknik membuat batik, siswa mampu mengidentifikasikan langkah-langkah membuat karya seni rupa daerah dan mempresentasikannya. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Membaca
Keragaman sangat sering kita temui dimanapun kita berada. Bahkan pada makanan yang kita makan pun terdapat keragaman. Setiap makanan mengandung vitamin dan zat yang berbeda serta penting bagi tubuh. Tentunya akan tidak seimbang jadinya jika kita terus-menerus mengonsumsi protein atau karbohidrat saja. Kita perlu mengonsumsi makan yang beragam untuk pemenuhan gizi tubuh kita. Ternyata, keragaman memberikan banyak manfaat dalam kehidupan kita.
Keragaman Makanan
Keragaman justru semakin memperkuat dan memperkaya suatu bangsa. Keragaman merupakan modal pembangunan bangsa. Ini adalah tema iklan layanan masyarakat kita yang sudah kita rencanakan sejak pertemuan sebelumnya. Kali ini adalah kesempatan kita untuk menampilkannya di depan kelas. Sebelum tampil di depan kelas, pastikan beberapa hal berikut.
  • Menggunakan suara yang keras dan lantang.
  • Menggunakan artikulasi yang jelas dan tidak menggumam.
  • Menggunakan kontak mata dengan penonton.
  • Tidak menghalangi pandangan mata penonton.
  • Tampil penuh percaya diri.
  • Menggunakan perlengkapan pendukung iklan.
  • Menjadikan sketsa gambar sesuai naskah sebagai pedoman berakting.
  • Hapal dengan naskah yang akan dibawakan.

Ayo Berlatih
Saksikanlah iklan layanan masyarakat yang ditampilkan oleh kelompok-kelompok yang lain. Isilah kolom berikut ini setelah kamu selesai menyaksikan penampilan teman-temanmu. (Hanya contoh)

Kelompok : V

Kata kunci dalam iklan :
  1. Persatuan dan kesatuan
  2. Keberagaman tari daerah
Contoh keberagaman yang terdapat dalam iklan: 
Keberagaman tarian daerah dan keberagaman suku bangsa
Makna keberagaman yang terdapat dalam iklan
Keberagaman membuat persatuan dan kesatuan semakin kokoh

Refleksi
  • Apakah aku sudah memberikan kontribusi bagi kerja kelompokku? (Saya sudah berkontribusi bagi kerja kelompokku dalam pembuatan iklan)
  • Apakah aku sudah menampilkan iklan kelompokku dengan penuh percaya diri? (Kelompokku sudah tampil dengan percaya diri)
  • Apakah yang akan aku lakukan agar kerja kelompok menjadi jauh lebih baik? (agar kerja kelompokku lebih baik maka harus lebih banyak berlatih)
  • Manakah yang lebih baik, bekerja sendiri atau bekerja dalam sebuah kelompok? Berikan pendapatmu. (bekerja kelompok lebih baik daripada bekerja sendiri karena dengan kerja kelompok pekerjaan cepat selesai)

Ayo Berlatih
Dalam sebuah kelompok, kita berhadapan dengan keanekaragaman. Perbedaan pendapat pasti terjadi, tetapi bekerja sama dalam keberagaman mengajarkan kita untuk bertoleransi.

Apakah kelebihan bekerja seorang diri?
  1. Melatih kemandirian karena berusaha menyelesaikan sendiri dengan sebaik mungkin.
  2. Lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaan.
  3. Lebih rileks dan nyaman dalam mengerjakannya.

Sebutkan kekurangan bekerja seorang diri.
  1. Tidak ada teman yang bisa dimintai pendapat.
  2. Pekerjaan lebih lama selesai jika dibandingkan dengan bekerja sama
  3. Kurangnya tambahan wawasan
  4. Bekerja sendiri lebih lelah dibandingkan bekerja bersama sama

Apakah kelebihan bekerja dalam sebuah kelompok?
  1. Pekerjaan lebih cepat selesai.
  2. Pekerjaan terasa lebih ringan.
  3. Melatih kerjasama dengan orang lain.
  4. Dapat membagi pekerjaan dengan sesama anggota kelompok.

Sebutkan kekurangan bekerja dalam sebuah kelompok.
  1. Tidak adil dalam pembagian tugas
  2. Ada anggota kelompok yang mendominasi pengambilan keputusan
  3. Sukar konsentrasi karena banyak orang.
  4. Memungkinkan pengambilan keputusan berlarut-larut

Keragaman corak batik Nusantara merupakan kekayaan yang tak ternilai bagi bangsa Indonesia. Corak batik yang beragam motif dan warnanya, tidak hanya menampilkan keindahan dan keunikan tersendiri, tetapi juga sarat dengan makna-makna hidup yang luar biasa. Batik tidak hanya berasal dari satu daerah misalnya Pulau Jawa. Namun, batik juga berasal dari daerah lain dengan ciri khasnya masing-masing seperti batik Bali, batik Kalimantan, batik Minangkabau, batik Toraja, batik Flores, batik Halmahera, dan batik Papua.

Pada pertemuan sebelumnya, kamu sudah membuat motif batik di selembar kertas gambar A4. Jika belum selesai dengan pewarnaannya, selesaikanlah pekerjaanmu. Cari tahu tentang makna motif batik yang kamu buat. Jika motif batik tersebut merupakan hasil karyamu sendiri, jelaskan pula makna motif batik yang terkandung di dalamnya. Setelah selesai, presentasikan hasil karyamu di depan kelas.
Mega Mendung
Mega mendung dapat diartikan dengan ‘awan mendung’ yang bermakna setiap orang harus mampu menahan amarahnya dalam keadaan terpuruk atau sedih dan bisa mengontrol emosinya di segala kondisi. Maknanya cukup dalam, kita harus mampu menahan emosi saat kondisi tidak baik, seperti awan mendung di langit.

Menurut sejarah, adanya batik mega mendung lahir dari pengaruh kebudayaan China yang dibawa oleh warga keturunan Tionghoa sewaktu masuk ke wilayah Indonesia. Faktor lain yang menguatkan pengaruh kebudayaan China adalah, salah satu tokoh penyebar agama Islam yang cukup berpengaruh di wilayah Kota Cirebon yang bernama Sunan Gunung Jati, menikah dengan seorang wanita Tionghoa bernama Om Tim. Sementara itu, motif mega mendung yang berbentuk gumpalan awan ini, pertama kali dibuat oleh Pangeran Cakrabuana yang ditujukan untuk orang-orang keraton. 
Ayo Menulis
Sebutkan teknik-teknik dalam pembuatan batik
1. Batik Tulis
Teknik pembuatan batik ini masih menggunakan alat canting tradisional yang diisi dengan lilin panas sebelum kemudian digoreskan di atas kain membentuk ragam pola batik yang indah. Setelah semua pola yang diinginkan telah tertutupi lilin, barulah kain kemudian diwarnai dan lilin di-”lorot” atau dilepaskan dari kain dan terbentuklah gambar motif batik yang indah.

2. Batik Cap
Proses pembuatan batik ini seperti menggunakan stempel sehingga proses pengerjaan batik menjadi jauh lebih cepat. Tak hanya menggunakan cap secara menyeluruh, tak sedikit juga pembatik yang menggabungkan teknik pembuatan batik tulis dan juga batik cap dimana pola atau gambar utama dibentuk menggunakan cap, dan ornamen dekoratif pelengkap baru ditambahkan dengan teknik canting yang masih tradisional.

3. Teknik Batik Colet
Teknik batik colet atau kerap dikenal juga dengan istilah batik lukis. Ciri khas dari teknik pembuatan batik ini ialah proses pewarnaan dimana setelah lilin diaplikasikan di atas permukaan kain, kemudian kain diwarnai dengan kuas sesuai dengan warna-warna yang diinginkan pada pola batik.

4. Batik Printing
Teknik pembuatan batik yang lebih modern adalah batik printing dimana proses pembuatan batik semuanya telah dilakukan oleh mesin. Kain batik yang dihasilkan dengan teknik printing ini bisa memiliki motif lebih detail dan juga rapi namun dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan batik-batik yang dibuat dengan teknik serta metode pembuatan yang lebih tradisional.

5. Teknik Celup Ikat
Teknik pembuatan batik dengan warna yang mengikat juga disebut teknik celup ikat, banyak dipakai untuk praktek pada kegiatan kesenian sekolah. Pembuatan pola atau motif pada kain dibuat dengan cara mengikat sebagian kain lalu mencelupkan ke dalam cairan pewarna. Dalam proses pewarnaan terkadang kain dicelupkan pada beberapa warna untuk menghasilkan warna campuran yang berpola.

Sebutkan macam-macam motif batik Nusantara
  1. Motif kawung
  2. Motif tiga negeri
  3. Motif jombang
  4. Motif mega mendung
  5. Motif sulur anggrek
  6. Motif beasan
  7. Motif lasem
  8. Motif sekar jagad
  9. Motif Palembang
  10. Motif papua

Apakah manfaat keberagaman budaya bagi suatu bangsa?
  1. Menumbuhkan sikap nasionalisme
  2. Identitas bangsa di mata internasional
  3. Alat pemersatu bangsa
  4. Sebagai ikon pariwisata
  5. Menambah Pendapatan Nasional
  6. Memupuk sikap toleransi
  7. Sumber pengetahuan bagi dunia.

Ayo Renungkan
Tuliskan hal-hal besar yang kamu pelajari hari ini. Buatlah dalam bentuk ringkasan.
Ketika menampilkannya iklan di depan kelas harus memperhatikan hal berikut : 1) Menggunakan suara yang keras dan lantang. 2) Menggunakan artikulasi yang jelas dan tidak menggumam. 3) Menggunakan kontak mata dengan penonton. 4) Tidak menghalangi pandangan mata penonton. 5) Tampil penuh percaya diri. 6) Menggunakan perlengkapan pendukung iklan. 7) Menjadikan sketsa gambar sesuai naskah sebagai pedoman berakting. 8) Hapal dengan naskah yang akan dibawakan.

Dalam sebuah kelompok, kita berhadapan dengan keanekaragaman. Perbedaan pendapat pasti terjadi, tetapi bekerja sama dalam keberagaman mengajarkan kita untuk bertoleransi.

Motif Mega mendung dapat diartikan dengan ‘awan mendung’ yang bermakna setiap orang harus mampu menahan amarahnya dalam keadaan terpuruk atau sedih dan bisa mengontrol emosinya di segala kondisi. Maknanya cukup dalam, kita harus mampu menahan emosi saat kondisi tidak baik, seperti awan mendung di langit.

Beberapa teknik dalam pembuatan batik antara lain : Batik Tulis, Batik Cap, Teknik Batik Colet, Batik Printing, dan Teknik Celup Ikat. Beberapa motif batik Nusantara antara lain :Motif kawung, Motif tiga negeri, Motif jombang. Motif mega mendung, Motif sulur anggrek, Motif beasan, Motif lasem, Motif sekar jagad, Motif Palembang, dan Motif papua

Manfaat keberagaman budaya bagi suatu bangsa antara lain; 1) Menumbuhkan sikap nasionalisme 2)c Identitas bangsa di mata internasional. 3) Alat pemersatu bangsa. 4) Sebagai ikon pariwisata. 5) Menambah Pendapatan Nasional. 6) Memupuk sikap toleransi. 7) Sumber pengetahuan bagi dunia.

Kegiatan Bersama Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu bukalah kembali catatan dan bukumu. Buatlah kartu informasi atau ringkasan tentang topik-topik yang telah kamu pelajari selama seminggu. Gunakan ringkasanmu untuk mengingat kembali apa yang telah kamu pelajari sebelumnya
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:17 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.