Home » » Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Ayo Membaca
Bacalah teks di bawah ini dengan teknik membaca memindai. Identifikasi informasi-informasi penting dari bacaan tersebut.

Dampak Negatif dari Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan
Lingkungan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat besar artinya bagi makhluk hidup. Lingkungan merupakan karunia Tuhan yang tidak ternilai. Tanpa lingkungan tidak akan ada kehidupan. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan sebaik-baiknya.
Dampak Negatif dari Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan
Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Itulah slogan yang sering kita dengar selama ini. Oleh sebab itu, kita harus selalu menjaga kebersihan di mana saja kita berada. Kebersihan juga penting bagi kesehatan kita. Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran termasuk di antaranya debu, sampah, dan bau.

Sampah bukanlah hal yang baru bagi kita. Jika kita mendengar kata ini, pasti terlintas di benak kita sampah adalah semacam kotoran, setumpuk limbah, sekumpulan berbagai macam benda yang telah dibuang ataupun sejenisnya yang menimbulkan bau busuk yang menyengat hidung. Dengan kata lain sampah dapat diartikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah yang tidak diolah cenderung merusak lingkungan di sekitarnya. Sampah merupakan salah satu dari sekian banyak masalah sosial yang dihadapi masyarakat. Masyarakat kota ataupun daerah yang padat penduduknya pasti menghasilkan sampah yang begitu banyak.

Menurut pandangan sebagian masyarakat, sampah bukanlah masalah. Padahal, pemahaman inilah yang sangat mengkhwatirkan. Sampah merupakan masalah yang paling besar bagi lingkungan sekitar kita.

Bayangkan, jika sampah terus-menerus dibuang, berserakan di tengah jalan. Dibuang di sungai, laut atau selokan air rumah kita. Berikut ini akibat yang timbul jika kita membuang sampah sembarangan.

Menimbulkan bau busuk (pencemaran udara)
Di tempat umum seperti taman, jalan, dan tempat rekreasi, sampah yang berserakan jelas berpengaruh ketika orang sedang beristirahat sambil menikmati alam. Hal ini diakibatkan bau yang timbul dari sampah tersebut.

Dapat menyebabkan banjir
Sampah yang setiap harinya kita buang di sungai dan selokan, walaupun hanya sedikit, tetapi lama-kelamaan akan menumpuk dan mengakibatkan penumpukan di gorong-gorong dan bendungan sungai. Pada gilirannya, penumpukan yang terjadi akan menghambat aliran sungai dan mengakibatkan air sungai meluap. Alhasil terjadilah banjir.

Menimbulkan penyakit
Sampah yang menumpuk tanpa ada tindakan selanjutnya akan mengalami pembusukan dan menjadi sarang nyamuk untuk bertelur sehingga yang dirugikan masyarakat itu sendiri. Macam-macam penyakit yang ditimbulkan, yaitu demam berdarah, gangguan pernapasan, gatal-gatal, dll.

Mencemari air (sungai dan laut)
Sampah yang dibuang di sungai selain mengakibatkan banjir, juga mengakibatkan pencemaran air, baik dari warna, bau, dan rasa air tersebut. Adapun sampah yang dibuang ke laut dampaknya sangat besar dan merugikan bagi masyarakat, antara lain: mencemari air laut, mengganggu ekosistem laut menggangu pelayaran.

Ayo Mencoba
Pameran Informasi
Tuliskan 5 informasi penting yang kamu temukan dari bacaan dalam selembar kertas kecil. Tempelkan kertas berisikan informasi tersebut di dinding kelas.
  1. Lingkungan sangat besar artinya bagi makhluk hidup.
  2. Diperlukan upaya melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan
  3. Kebersihan merupakan sebagian dari iman.
  4. Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran termasuk di antaranya debu, sampah, dan bau.
  5. Sampah adalah material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.
  6. Sampah yang tidak diolah cenderung merusak lingkungan di sekitarnya.
  7. Masyarakat kota ataupun daerah yang padat penduduknya menghasilkan sampah yang banyak.
  8. Menurut pandangan sebagian masyarakat, sampah bukanlah masalah.
  9. Padahal, sampah merupakan masalah terbesar bagi lingkungan.
  10. Akibat membuang sampah sembarangan : Menimbulkan bau busuk (pencemaran udara), Dapat menyebabkan banjir, Menimbulkan penyakit, dan Mencemari air (sungai dan laut)

Setelah semua temanmu menempelkan kertas informasinya, bawalah buku catatanmu dan bacalah informasi-informasi tersebut.

Lengkapi informasi pentingmu dengan informasi-informasi penting lainnya yang kamu temukan dari kertas-kertas informasi. Sajikan kembali informasi tersebut dalam bentuk infografis.
Infografis Akibat Membuang sampah sembarangan
Lihatlah kembali contoh-contoh infografis yang pernah kamu pelajari di pembelajaran sebelumnya dan rancanglah infografismu.

Ayo Berlatih
Untuk mendapatkan lingkungan tempat tinggal yang nyaman, sehat, bersih dan bebas dari sampah, tentu saja memerlukan peran serta masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut. Kamu akan bermain peran, memerankan tokoh masyarakat. Sebagai tokoh masyarakat, kamu diminta untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat dan menghimbau masyarakat untuk melaksanakan tanggung jawabmu dalam menjaga lingkungan. Ayo, persiapkan kegiatan penyuluhanmu dengan melengkapi format berikut.

Tujuan penyuluhan:Mengurangi sampah yang dihasilkan masyarakat
Sasaran penyuluhan:Masyarakat sekitar tempat tinggalku
Topik yang akan disampaikan melalui penyuluhan:Daur ulang sampah
Tanggung jawab masyarakat yang akan dihimbau melalui penyuluhan:Tanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan sekitar

Ayo Berlatih
Lingkungan hidup yang nyaman bukan hanya berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan fisik, tetapi juga keseimbangan hidup. Supaya hidup kita seimbang, kita perlu melakukan kegiatan-kegiatan yang menyalurkan hobi kita.

Anak-anak di lingkungan tempat Siti tinggal gemar sekali menari. Ayo, berlatih menari bersama mereka!

Ayo, kita melatih kembali kelincahan dan kelenturan kita dalam menari Gantar. Ingatlah kembali gerakan-gerakan dasar dalam menari Gantar.

Bersama temanmu bergantianlah berlatih menari, mintalah teman sebangkumu mengamati ketika kamu memperagakan gerakan dasar tari Gantang dan memberikan komentar atas gerakanmu. Lakukan hal yang sama untuk temanmu.

Ayo Renungkan
  1. Kegiatan apa saja yang sudah kamu lakukan hari ini?
  2. Kegiatan mana yang paling membuatmu tertarik? Mengapa?
  3. Apa manfaat kegiatan pembelajaran hari ini buatmu?
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:26 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.