Home » » Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Ayo Mengamati
Perputaran Bumi mengelilingi Matahari dan perputaran Bulan mengelilingi Bumi menyebabkan gerhana bulan dan gerhana matahari. Apa perbedaan antara gerhana bulan dan gerhana matahari? Bagaimana posisi Bumi, Bulan, dan Matahari jika terjadi gerhana bulan atau gerhana matahari? Agar kamu memahaminya, pelajarilah uraian berikut.

Gerhana Bulan
Pernahkah kamu melihat gerhana bulan? Kapan gerhana bulan dapat dilihat? Gerhana bulan hanya mungkin terjadi pada malam hari ketika bulan purnama. Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus. Kedudukan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari.
Gerhana Bulan
Pada waktu gerhana bulan, cahaya Matahari yang seharusnya diterima Bulan terhalangi Bumi. Bulan berada dalam bayang-bayang Bumi. Bayang-bayang Bumi ada dua macam, yaitu umbra dan penumbra. 

Ada dua macam gerhana bulan, yaitu gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan total terjadi ketika posisi Bulan berada pada umbra Bumi sehingga Bulan tertutup penuh oleh bayangan Bumi. Adapun gerhana bulan sebagian terjadi ketika hanya setengah bagian Bulan masuk ke dalam umbra Bumi. Bulan bergerak dan masuk ke daerah penumbra Bumi.

Buatlah kartu informasi yang memuat informasi tentang gerakan bulan dan gerhana bulan!
Gerakan BulanGerhana Bulan
  1. Bulan juga berputar pada porosnya atau berotasi..
  2. Bulan berevolusi mengelilingi Bumi.
  3. Perubahan ketampakan bulan disebut fase bulan.
  4. Bulan berputar pada porosnya dan bergerak mengelilingi Bumi dan Matahari.
  5. Dalam 1 tahun, Bulan hanya satu kali mengelilingi Matahari dan dua belas kali mengelilingi Bumi.
  6. Akibat-akibat gerak bulan : adanya fase-fase bulan, terjadinya pasang surut air laut, dan terjadinya gerhana Permukaan Bulan yang terlihat dari Bumi selalu sama
  1. Gerhana bulan hanya terjadi pada malam hari ketika bulan purnama.
  2. Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus.
  3. Pada waktu gerhana bulan, cahaya Matahari yang seharusnya diterima Bulan terhalangi Bumi.
  4. Bayang-bayang Bumi ada dua macam, yaitu umbra dan penumbra.
  5. Gerhana bulan total terjadi ketika posisi Bulan berada pada umbra Bumi.
  6. Gerhana bulan sebagian terjadi ketika hanya setengah bagian Bulan masuk ke dalam umbra Bumi.

Bekerjalah bersama temanmu. Gunakan bacaan yang telah kamu baca sebagai salah satu sumber informasi. Kamu dapat menggunakan sumber-sumber informasi lainnya.

Ayo Mencoba
Bekerjalah bersama kelompokmu. Lakukan kegiatan percobaan “Peristiwa Gerhana Bulan." Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dan ikuti urutan kegiatannya secara runut.

Kegiatan Percobaan “Peristiwa Gerhana Bulan“

A. Alat dan Bahan :
Senter, bola sepak, dan bola tenis.

B. Urutan kegiatan :
  1. Buatlah kelompok yang beranggotakan lima orang.
  2. Bagilah peran untuk tiap anggota kelompok: a. 1 orang sebagai Matahari (memegang senter) b. 1 orang sebagai Bumi (memegang bola) c. 1 orang sebagai Bulan (memegang bola tenis) d. 1 orang sebagai pengarah e. 1 orang sebagai pengamat dan pencatat.
  3. Lakukan kegiatan di dalam ruangan gelap atau sedikit cahaya.
  4. Posisikan Matahari, Bumi, dan Bulan dalam satu garis lurus. Nyalakan senter yang diibaratkan sebagai Matahari. Lalu, anggota kelompok yang berperan sebagai pengamat melakukan pengamatan pada bola tenis dari sisi bola sepak yang tidak terkena cahaya. Bagaimana tampilan Bulan dari sisi bola sepak yang gelap?
  5. Bersama dengan anggota kelompok, diskusikan hal-hal di bawah ini. a. Gambarkan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana bulan sesuai dengan kegiatan di atas! b. Kapan terjadi peristiwa gerhana bulan? c. Apakah semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan? Jelaskan! d. Apa yang akan terjadi pada bagian Bumi yang mengalami gerhana bulan?
  6. Apa yang dapat kelompokmu simpulkan dari kegiatan tersebut? Buatlah laporan hasil kegiatan tersebut yang mencakup judul, identitas kelompok, tujuan, alat, dan bahan, langkah kegiatan, hasil kegiatan, dan kesimpulan. Gunakan kertas HVS.
Laporan Kegiatan Percobaan Peristiwa Gerhana Bulan
Kelompok :Kelompok 3
Tujuan Percobaan :Memahami proses terjadinya gerhana bulan dan penyebabnya.
Alat dan bahan :
  1. Senter
  2. Bola sepak
  3. Bola tenis.
Langkah-langkah :Langkah-langkah Percobaan:
  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan!
  2. Bagilah peran untuk tiap anggota kelompok: 1 orang sebagai Matahari (memegang senter), 1 orang sebagai Bumi (memegang bola), 1 orang sebagai Bulan (memegang bola tenis), 1 orang sebagai pengarah, dan 1 orang sebagai pengamat dan pencatat.
  3. Lakukan kegiatan di dalam ruangan gelap atau sedikit cahaya.
  4. Posisikan Matahari, Bumi, dan Bulan dalam satu garis lurus. Nyalakan senter yang diibaratkan sebagai Matahari.
  5. Anggota kelompok yang berperan sebagai pengamat melakukan pengamatan pada bola tenis dari sisi bola sepak yang tidak terkena cahaya.
  6. Amati peristiwa yang terjadi pada kegiatan percobaa tersebut.
Hasil Percobaan:
  1. Tampilan Bulan dari sisi bola sepak yang gelap adalah bulan (bola tenis) tampak gelap
  2. Gambar posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana bulan adalah sebagai berikut
Gerhana Bulan
  1. Kapan terjadi peristiwa gerhana bulan? Gerhana bulan terjadi pada malam hari, ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus. Kedudukan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari.
  2. Apakah semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan?Tidak semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan, hal ini dikarenakan letak yang berbeda-beda.
  3. Apa yang akan terjadi pada bagian Bumi yang mengalami gerhana bulan? Bagian bumi yang mengalami gerhana bulan akan menjadi gelap
Kesimpulan:
    Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa gerhana bulan terjadi pada malam hari ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus, dan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari. Tidak semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan, hal ini dikarenakan letak yang berbeda-beda. Bagian bumi yang mengalami gerhana bulan akan menjadi gelap
    Ayo Mengamati
    Rotasi dan Revolusi bumi
    Perhatikan peta pikiran di atas. Jelaskan informasi yang kamu dapatkan dari peta pikiran di atas secara tertulis.

    Informasi yang saya dapatkan adalah :
    Bumi melakukan gerak rotasi dan gerak revolus. Gerak rotasi bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam dan pembagian daerah waktu. Sedangkan Gerak revolusi bumi menyebabkan adanya sistem kalender masehi, gerhana bulan, gerhana matahari, dan terjadinya perbedaan musim. Bumi memiliki satelit, yaitu bulan. Bulan melakukan gerakan rotasi dan revolusi. Gerak revolusi bulan ada dua yaitu gerak mengitari bumi dan gerak bulan mengitari matahari bersama bumi.
    Ayo Membaca
    Bacalah teks bacaan di bawah ini dengan teknik memindai!Kita telah mengetahui bahwa Bulan melakukan dua jenis gerakan, yaitu gerakan rotasi dan revolusi. Ayo, kita cari informasi yang lebih rinci tentang hal tersebut.

    Gerakan Bulan
    Berikut jenis gerakan bulan beserta akibatnya.
    a. Rotasi Bulan
    Sama halnya Bumi dan planet lainnya, Bulan juga berputar pada porosnya atau berotasi. Waktu yang diperlukan Bulan untuk melakukan satu kali rotasi sama dengan waktu yang diperlukan Bulan untuk berevolusi mengelilingi Bumi. Dapat dikatakan bahwa periode rotasi bulan sama dengan periode revolusinya. Hal itu menyebabkan permukaan Bulan yang menghadap Bumi akan selalu terlihat sama.

    b. Revolusi Bulan Mengelilingi Bumi
    Selain berputar pada porosnya, Bulan juga bergerak mengelilingi Bumi yang disebut revolusi bulan. Akibat revolusi, Bulan akan tampak berubah-ubah jika dilihat dari bumi, perubahan ini disebut fase bulan. Fase bulan dipengaruhi oleh posisi Bulan terhadap Bumi dan Matahari.

    c. Revolusi Bulan Mengelilingi Matahari
    Selain berputar pada porosnya dan bergerak mengelilingi Bumi, Bulan juga bergerak mengelilingi Matahari. Karena Bulan merupakan satelit alami Bumi yang selalu bergerak mengiringi Bumi, ketika Bumi bergerak mengeliling Matahari, Bulan pun melakukan hal yang sama. Waktu yang diperlukan Bulan mengelilingi Matahari sama dengan waktu yang diperlukan Bumi mengelilingi Matahari. Dapat disimpulkan bahwa dalam 1 tahun, Bulan hanya satu kali bergerak mengelilingi Matahari dan dua belas kali bergerak mengelilingi Bumi. Hal inilah yang menyebabkan ada 12 bulan selama 1 tahun di dalam kalender. Manusia hanya dapat merasakan akibat yang ditimbulkan oleh gerakan Bulan, baik gerak rotasi maupun gerak revolusi.

    Berikut akibat-akibat gerak bulan.
    1. Adanya fase-fase bulan
    2. Terjadinya pasang surut air laut
    3. Terjadinya gerhana
    4. Permukaan Bulan yang terlihat dari Bumi selalu sama

    Berdasarkan informasi yang kamu dapatkan dari bacaan, lengkapilah peta pikiran di bawah ini dengan penjelasannya! Bekerja bersama kelompok itu seru, ya, kita dapat saling mengisi dan melengkapi. Ayo kita perkuat kerja sama kita dengan berlatih menari dalam kelompok.
    Gerakan Bulan
    Gerakan Bulan
    Revolusi mengelilingi matahari
    1. Bulan bergerak mengelilingi matahari
    2. Waktu yang dibutuhkan bulan mengelilingi matahari sama dengan waktu bumi mengelilingi matahari
    3. Dalam 1 tahun bulan sekali mengelilingi matahari dan 12 kali mengelilingi bumi

    Revolusi mengelilingi bumi
    1. Bulan bergerak mengelilingi bumi
    2. Perubahan ketampakan bulan disebut fase bulan
    3. Fase bulan dipengaruhi posisi bulan terhadap bumi dan matahari

    Rotasi
    1. Bulan berputar pada porosnya atau berotasi
    2. Periode rotasi bulan sama dengan periode revolusinya
    3. Permukaan bulan yang menghadap bumi akan terlihat selalu sama

    Ayo Berlatih
    Ayo, kita berlatih menari Gantar, sebuah tarian tradisional dari Kalimantan. Ciri umum gerakan dasar Tari Gantar Berikut adalah unsur-unsur gerakan tari Gantar.
    Gerakan tari Gantar
    1. Gerakan Tangan
    Memegang Kusak Keempat jari tangan memegang kusak, menggenggam dari bawah ke atas, sedang ibu jari melingkari kusak dari atas. Posisi kusak vertikal saat digenggam. Pada saat menggerakkan tangan yang memegang kusak, sudut siku 25 derajat dan ke bawah hingga sudut 45 derajat dengan menggoncang-goncang bambu (kusak). Tangan pergelangan yang aktif bergerak.

    2. Gerakan Tangan Memegang Senak (Tongkat)
    Dasar gerakan memegang senak dan cara menggenggamnya: Keempat jari tangan memegang senak, menggenggam dari sisi luar ibu jari menutup dari atas ujung senak. Senak posisi lurus ke bawah: pada saat diangkat, ujung bawah senak kurang lebih 1 jangkal dari lantai dan ditaruh kembali hingga ujung bawah senak bertumpu di dasar lantai di depan ujung jari kaki kiri. Gerakan ini dilakukan dengan mengikuti gerakan kaki (saat kaki melangkah senak diangkat: pada saat kaki diletakkan, Senak bertumpu di lantai),

    3. Gerakan Kaki dan Gerakan Berjalan
    Posisi awal kedua kaki sejajar. Sebelum kaki dilangkahkan, ujung jari kaki menumpu atau menyentuh lantai, kemudian dilangkahkan. Gerakan ini dilakukan bergantian dengan kaki melangkah kanan, kiri, kanan, kiri dalam hitungan 1 sampai 4 atau sesuai yang dikehendaki pelatih tari. Tumit kaki menumpu lantai. Sebaliknya, jari-jari kaki ke atas dengan arah hadap kaki agak ke kanan 25 derajat dan lurus ke depan. Lalu, tumit kaki diangkat, ujung jari-jari kaki menumpu lantai, kemudian kaki ditarik ke belakang agak ke samping melampaui kaki kiri, ujung jari kaki menyentuh lantai, berat badan pada kaki yang satunya..

    4. Gerakan Posisi Badan
    Pada dasarnya, gerakan dan posisi badan pada saat melakukan gerak tari Gantar dalam posisi biasa. Begitu juga pada gerak tari lainnya dari pedalaman Kalimantan Timur. Kalaupun ada tekanan pada posisi badan, tekanan itu tidak terlalu ditonjolkan seperti pada waktu badan merendah, pantat tidak ditonjolkan ke belakang seperti pada ciri khas tari Bali, dan tidak membusungkan dada ke depan dan belakang hingga badan merendah untuk mengimbangi. Berlatihlah bersama kelompokmu. Pelajari terlebih dahulu gerakan-gerakan dasar tari Gantar.

    Ayo Renungkan
    1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
    2. Apa yang masih belum kamu pahami?
    3. Apakah dampak gerhana bulan bagi kehidupan?
    Posted by Nanang_Ajim
    Mikirbae.com Updated at: 5:01 PM

    0 komentar:

    Post a Comment

    Mohon tidak memasukan link aktif.