Home » » Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Sangat menarik, ya, belajar tentang negara-negara tetangga Indonesia. Belajar tentang kondisi alam dan kondisi sosial budaya negaranegara tetangga dapat membuka wawasan kita. Ayo, kita pelajari kondisi sosial budaya negara. Vietnam dan Thailand.

Vietnam
Keadaan Sosial Budaya
Orang Vietnam merupakan kelompok terbesar di negara Vietnam. Mereka disebut Viet atau Kinh. Mereka tinggal di tepi pantai. Orang Hoa (etnis Tionghoa) tinggal di dataran rendah. Pakaian tradisional wanita Vietnam disebut Ao Dai. Ao Dai dahulu dipakai oleh wanita dan pria. Sekarang kebanyakan dipakai oleh wanita.

Thailand
Keadaan Sosial Budaya
Thailand dikenal sebagai Negeri Gajah Putih. Penduduknya adalah etnis Thai dan Lao. Sebagian besar penduduk Thailand memeluk agama Buddha Theravada. Ada juga pemeluk agama Islam, Kristen, dan Hindu. Bahasa Thailand merupakan bahasa nasionalnya. Bahasa inggris diajarkan di sekolah. Olahraga tinju tradisional Thailand disebut Muay Thai. Thailand merupakan daerah tujuan wisata. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung. Mereka ingin mengunjungi objek wisata pantainya, misalnya Pantai Pattaya.

Bacalah kembali informasi tentang kadaan geografis negara Vietnam dan Thailand. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya.
Vietnam
Kondisi GeografisKondisi Sosial Budaya
  1. Luas Vietnam kurang lebih 331.210 km2. Daerahnya terdiri atas bukit-bukit dan gunung-gunung berhutan serta sedikit dataran rendah.
  2. Wilayah Vietnam bagian utara berupa pegunungan, sedangkan bagian selatan berupa dataran rendah yang subur.
  3. Gunung-gunung yang ada di Vietnam antara lain Gunung Ngoch Linh dan Gunung Chu Yang Sin.
  4. Sungai utamanya adalah Sungai Mekong dan Sungai Sangka.
  1. Orang Vietnam merupakan kelompok terbesar di negara Vietnam.
  2. Mereka disebut Viet atau Kinh.
  3. Mereka tinggal di tepi pantai. Orang Hoa (etnis Tionghoa) tinggal di dataran rendah.
  4. Pakaian tradisional wanita Vietnam disebut Ao Dai.
  5. Ao Dai dahulu dipakai oleh wanita dan pria. Sekarang kebanyakan dipakai oleh wanita.
Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya :
Wilayah Vietnam terdiri atas bukit-bukit, gunung-gunung berhutan. Vietnam bagian selatan berupa dataran rendah yang subur. Gunung-gunung yang ada di Vietnam antara lain Gunung Ngoch Linh dan Gunung Chu Yang Sin. Sednagkan sungai utamanya adalah Sungai Mekong dan Sungai Sangka. Banyak penduduk Vietnam yang berprofesi sebagai petani karena memiliki tanah yang subur.. Kebudayaan Vietnam antara lain pakaian tradisional yang bernama Ao Dai.
Thailand
Kondisi GeografisKondisi Sosial Budaya
  1. Wilayah geografis Thailand dapat dibedakan menjadi empat wilayah
  2. Dataran rendah berada di bagian tengah. Daerah ini dialiri Sungai Chao Phraya yang mengalir ke teluk Thailand. Daerah ini merupakan daerah subur.
  3. Daerah pegunungan berada di bagian utara dan barat. Gunung tertinggi adalah Gunung Doi Inthanon (2.576 m).
  4. Pegunungan kapur berada di bagian timur yang disebut Pegunungan Plato.
  5. Tanah Genting Kra yang memanjang Semenanjung Thailand berada di bagian selatan.
  1. Thailand dikenal sebagai Negeri Gajah Putih. 
  2. Penduduknya adalah etnis Thai dan Lao. 
  3. Sebagian besar penduduk Thailand memeluk agama Buddha Theravada. 
  4. Bahasa Thailand merupakan bahasa nasionalnya. Bahasa inggris diajarkan di sekolah.
  5. Olahraga tinju tradisional Thailand disebut Muay Thai. 
  6. Thailand merupakan daerah tujuan wisata.
  7. Mereka ingin mengunjungi objek wisata pantainya, misalnya Pantai Pattaya.
Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya :
Wilayah geografis Thailand dapat dibedakan menjadi empat wilayah. Dataran rendah berada di bagian tengah. Daerah ini dialiri Sungai Chao Phraya dan merupakan daerah subur. Daerah pegunungan berada di bagian utara dan barat. Pegunungan kapur berada di bagian timur yang disebut Pegunungan Plato. Tanah Genting Kra yang memanjang Semenanjung Thailand berada di bagian selatan..Kegiatan ekonomi penduduk yang utama adalah sektor pertanian, karena tanahnya yang subur. Daerah pantai di Pattaya merupakan salah satu tempat obyek wisata terkenal dari Thailand.

Ayo Membaca
Bacalah Bacaan dibawah ini!
Garis bawahi kata kunci dan informasi penting yang kamu temukan dari bacaan!

Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara
Pertanian merupakan sektor yang sangat strategis untuk menumbuhkan perekonomian negara, khususnya bagi negara-negara berkembang di kawasan Asia Tenggara. Tiga negara, yaitu Thailand, Vietnam, dan Kamboja, menjadi contoh dalam penelitian ini untuk melihat pembangunan sektor pertanian. Bagi ketiga negara tersebut, sektor pertanian adalah ‘kunci’ perekonomian mereka dari waktu ke waktu. Sektor pertanian mempunyai arti yang sangat penting bagi masyarakat dan sangat berarti untuk menopang perekonomian negara di Asia Tenggara. Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand mengibaratkan “agriculture is the human life” (RRI & DOA, 2004: 30), yang dapat diartikan bahwa kehidupan masyarakat sangat bergantung pada sektor pertanian.

Selain sebagai penyumbang perkembangan perekonomian, keuntungan lain yang didapatkan dari sektor pertanian adalah penyerapan tenaga kerja yang tinggi, khususnya tenaga kerja di pedesaan. Di Thailand, misalnya, dari tahun 2001 sampai dengan 2006, sektor pertanian menyerap 38% sampai dengan 39% dari seluruh total tenaga kerja (Encyclopedia of the Nations, 2001; Library of Congress, 2007). Sektor ini pun telah berjasa dalam menyerap tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) ketika krisis ekonomi regional melanda Thailand pada tahun 1997-1998. Sementara itu, Kamboja Data World Bank (2005) menyebutkan bahwa sekitar 75%-85% penduduk bekerja pada sektor pertanian.

Sektor pertanian, terutama pertanian padi, merupakan sumber pendapatan utama bagi mayoritas petani di Thailand, Vietnam, maupun Kamboja. Ketiga negara ini mempunyai kelebihan sumber daya alam, antara lain terdapatnya kawasan subur untuk budidaya tanaman padi, seperti di Delta Sungai Mekong. Sebagai penghasil beras yang utama, kawasan Delta Mekong ini seringkali disebut sebagai “rice bowl”. Produksi pertanian di negara negara yang termasuk dalam kawasan DAS Mekong menjadi andalan utama untuk mencukupi kebutuhan penduduknya, dan juga untuk ekspor. Saat ini, Thailand adalah produsen beras pertama terbesar di dunia, yang diikuti oleh Vietnam.

Walaupun Thailand, Vietnam, dan Kamboja dikenal sebagai negara-negara pengekspor beras, tetapi fluktuasi produksi beras tetap saja mereka alami. Di Vietnam dan Kamboja sebagai contoh, produksi beras sempat menurun ke level terendah ketika kedua negara ini masing-masing mengalami perang saudara. Perang telah membuat rusaknya lahan pertanian dan infrastruktur penunjang, seperti saluran irigasi. Setelah perang berakhir, produksi beras perlahan pulih dan bangkit.

Ayo Berlatih
Dari bacaan di atas, kesimpulan apa yang kamu dapatkan? Tuliskan secara ringkas kesimpulan yang kamu dapatkan dari bacaan. Sebelumnya, identifikasi terlebih dahulu informasi penting yang kamu dapatkan dari bacaan. 
Peta Pikiran Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara
Nama : Dayu
Tanggal : 15 April 2020
Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tengara
Gagasan Utama : Pertanian sektor strategis perekonomian negara

Kata Kunci
Pertanian.
Strategis
Perekonomian negara

Tiga Gagasan Pendukung
  1. Keuntungan lain sektor pertanian adalah penyerapan tenaga kerja yang tinggi
  2. Sektor pertanian tanaman padi merupakan sumber pendapatan utama petani di Thailand, Vietnam, maupun Kamboja
  3. Fluktuasi produksi beras tetap saja mereka alami
Ringkasan Bacaan
Pertanian merupakan sektor yang sangat strategis untuk menumbuhkan perekonomian negara, khususnya bagi negara-negara berkembang di kawasan Asia Tenggara. Selain sebagai penyumbang perkembangan perekonomian. Keuntungan lain yang didapatkan dari sektor pertanian adalah penyerapan tenaga kerja yang tinggi, khususnya tenaga kerja di pedesaan. Sektor pertanian,terutama pertanian padi, merupakan sumber pendapatan utama bagimayoritas petani di Thailand, Vietnam, maupun Kamboja. Walaupun Thailand, Vietnam, dan Kamboja dikenal sebagai negara-negara pengekspor beras, tetapi fluktuasi produksi beras tetap saja mereka alami..

Bekerjalah bersama dengan temanmu. Masing-masing membuat lima pertanyaan dari bacaan "Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara." Tukarkan pertanyaan yang kamu buat dengan pertanyaan yang temanmu buat. Jawablah pertanyaan tersebut, kemudian periksalah jawabannya. Gunakan bacaan sebagai acuan untuk memeriksa jawaban.

Ayo Mengamati
Kita telah mempelajari keadaan alam dan sosial budaya beberapa negara di Asia Tenggara. Setiap negara memiliki keunikan masing-masing, namun ada satu persamaan yang dimiliki oleh negara-negara tersebut yaitu kebutuhan rakyatnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Setiap warga negara berhak untuk hidup secara layak di Indonesia dan mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut.

Pernyataan tersebut tercantum dalam Pasal 27 Ayat 2.

Pesan apa yang kamu dapatkan dari bunyi pasal di atas? 
Ayat tersebut memuat pengakuan dan jaminan bagi semua orang untuk mendapatkan pekerjaan dan mencapai tingkat kehidupan yang layak bagi kemanusiaan.
Apakah menurutmu dalam pasal tersebut juga disinggung tentang tanggung jawab warga negara dalam mengusahakan kehidupan yang layak?
Dalam pasal tersebut disinggung tanggung jawab warga negara yaitu mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut
Kalimat yang manakah yang menyatakan hal tersebut?
Setiap warga negara berhak untuk hidup secara layak di Indonesia dan mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut
Amatilah lingkungan sekitarmu.
Identifikasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh warga negara sebagai perwujudan tanggung jawabnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak! 
Kegiatan-kegiatan warga negara sebagai perwujudan tanggung jawabnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak antara lain :
  1. Bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai bidang pekerjaannya
  2. Mengikuti diklat (pendidikan dan latihan) kerja untuk meningkatkan kemampuan profesinya
  3. Melamar kerja sesuai dengan latar belakang ilmu, pengalaman, dan keahlian.
  4. Menempuh jalur pendidikan dari SD sampai perguruan tinggi.
Apa yang akan terjadi apabila warga negara tersebut tidak melakukan tanggung jawabnya?
Jika warga negara tidak melakukan tanggung jawabnya maka ia tidak akan memperoleh penghidupan yang layak. Setiap warga negara harus mengusahakan suatu usaha untuk mencapai penghidupan yang layak.

Ayo Renungkan
Menurutmu, apakah hal-hal yang kamu lakukan dan pelajari hari ini akan memberikan manfaat bagimu? Jelaskan dan berikan contohnya!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:51 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.