Home » » Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

Musim hujan telah tiba. Bumiku menjadi basah terkena air yang turun terus-menerus. Bagaimana kondisi lingkungan saat musim hujan, ya? Mari, kita cari tahu.

Ayo Membaca
Ketika musim hujan tiba, Bumi menjadi basah karena tersiram air hujan. Banyak tanaman mulai tumbuh, pohon-pohon yang layu karena kekurangan air tampak segar kembali. Para petani mulai menanam padi di sawah. Cuaca yang semula panas menjadi sejuk. Musim hujan selalu dinantikan oleh banyak orang. Namun, ada kalanya, musim hujan menyebabkan bencana.

Pada bulan-bulan tertentu, curah hujan sangat tinggi. Namun, pada bulan lainnya hujan, hampir tidak pernah terjadi. Mengapa demikian? Ayo, kita cari tahu.

Saat membaca koran, Edo terlihat keheranan. Mengapa? Di koran diinformasikan bahwa saat ini di Argentina sedang terjadi musim panas. Namun, pada saat bersamaan, di Kanada, sedang terjadi musim dingin. Mengapa terjadi perbedaan musim di antara negara-negara di dunia? Mari, kita amati gambar berikut!

Ayo Mengamati
Amati gambar berikut untuk memperjelas jawabanmu
Rotasi Bumi
Bacalah fakta-fakta sains dari gambar di atas!
  1. Bumi membuat sebuah jalur atau orbit berbentuk elips saat mengelilingi Matahari yang disebut revolusi.
  2. Jalur atau orbit ini ditempuh dalam waktu satu tahun untuk satu putaran.
  3. Selama setahun, belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan secara bergantian menghadap dan membelakangi Matahari sehingga terjadi perbedaan musim.
  4. Akibat revolusi Bumi terhadap Matahari, negara yang berada di belahan Bumi utara dan selatan setiap 3 bulan sekali mengalami perubahan musim.

Kanada terletak di belahan bumi utara, sebaliknya Argentina terletak di belahan Bumi selatan. Pada saat matahari memanasi Bumi bagian selatan, Argentina mengalami musim panas. Sebaliknya, negara yang terletak di belahan Bumi utara seperti Kanada mengalami musim dingin.

Berdasarkan gambar di halaman sebelumnya dan bola dunia yang kamu miliki, lengkapi tabel musim di wilayah belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan berikut!
WaktuBelahan Bumi UtaraBelahan Bumi Selatan
21 Juni - 23 SeptPanasDingin
23 Sept - 22 DesGugurSemi
22 Des - 21 MaretDinginPanas
21 Maret – 21 JuniSemiGugur

Ayo Mencoba
Saatnya kamu mempraktikkan gerakan Bumi mengelilingi Matahari yang disebut revolusi Bumi.
Percobaan Rotasi Bumi
  1. Buatlah orbit Bumi berbentuk elips (seperti gambar) dan Matahari sebagai titik tengahnya di lapangan sekolahmu!
  2. Gunakan bola dunia dan senter untuk membantu!
  3. Siswa yang berada di tengah memegang senter dan berperan sebagai Matahari.
  4. Satu siswa lainnya memegang globe dan berperan sebagai Bumi.
  5. Siswa yang menjadi Bumi akan mengelilingi Matahari sesuai orbit yang dibentuk sambil memutar bola dunia yang dibawanya. Siswa dapat pula berputar seperti bola dunia yang dipegangnya.
  6. Cara berputar seperti terlihat pada gambar (berlawanan dengan arah jarum jam).
  7. Saat berpindah dari satu titik ke tiga titik lainnya, jelaskanlah musim yang sedang terjadi di belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan!
TitikMusim
B123 September awal musim gugur di belahan bumi utara dan awal musim semi di belahan bumi selatan
B222 Desember awal musim dingin di belahan bumi utara dan awal panas semi di belahan bumi selatan
B321 Maret awal musim semi di belahan bumi utara dan awal musim gugur di belahan bumi selatan
B421 Juni awal musim panas di belahan bumi utara dan awal musim dingin di belahan bumi selatan

Perhatikan juga posisi siswa yang berputar (Bumi) terhadap senter (Matahari). Apakah jarak teman yang menjadi Bumi dan temanmu yang menjadi Matahari selalu sama? Ukurlah jarak A dari keempat titik, yaitu B1, B2, B3, dan B4. Tuliskan hasil pengukuran jarakmu pada tabel di bawah ini!
PosisiJarak
A ke B1Memiliki jarak yang sama dengan A ke B3
A ke B2Memiliki jarak yang sama dengan A ke B4
A ke B3Memiliki jarak yang sama dengan A ke B1
A ke B4Memiliki jarak yang sama dengan A ke B2

Dari hasil pengukuran jarak di atas, apa yang dapat kamu simpulkan tentang bentuk orbit Bumi?
Berdasarkan hasil pengukuran jarak di atas maka dapat disimpulkan bahwa lintasan orbit bumi mengelilingi matahari berupa elips

Ayo Mengamati
Ketika belahan Bumi utara mengalami puncak musim panas, tempat-tempat di dekat Kutub Utara condong ke Matahari sehingga hampir sepanjang hari terang. Sebaliknya, daerah-daerah dekat Kutub Selatan saat itu dalam keadaan gelap. 

Revolusi Bumi menyebabkan Matahari tampak bergeser ke arah belahan Bumi utara dan selatan. Padahal sesungguhnya, Matahari tidak bergerak. Peristiwa ini disebut sebagai gerak semu tahunan Matahari.

Ayo Mencoba
Menjadi Reporter
Apakah kamu tahu yang disebut reporter? Bacalah informasi singkat di bawah ini!

Repoter adalah orang yang bertugas meliput berita di lapangan dan melaporkannya kepada publik. Laporan dapat berbentuk tulisan untuk media cetak. Laporan juga dapat berbentuk lisan yang disampaikan melalui media elektronik seperti radio dan televisi.

Dalam kegiatan ini, kamu akan bermain peran menjadi reporter cilik. Bekerjalah besama teman sebangkumu. Carilah informasi dari berbagai sumber tentang gerak revolusi Bumi dan dampaknya. Sajikan informasi yang kamu temukan dalam format five finger facts seperti gambar berikut.

Nama: ..Lani Kelas VI
Petunjuk : Temukan lima informasi penting mengenai gerak revolusi Bumi dan dampaknya. Tuliskan informasi yang kamu temukan di tiap gambar jari.
Fakta Revolusi Bumi
  1. Fakta 1 : Bumi mengelilingi matahari membutuhkan waktu satu tahun
  2. Fakta 2 : Akibar revolusi bumi terjadi gerak semu tahunan matahari
  3. Fakta 3 : Akibat revolusi bumi terjadi perbedaan lama waktu siang dan malam
  4. Fakta 4 : Akibat revolusi bumi terjadi perbedaan musim
  5. Fakta 5 : Akibat revolusi bumi terjadi perubahan rasi bintang

Olahlah kembali poin-poin informasi yang kamu dapatkan menjadi poin-poin berita dengan menggunakan gaya penyajian berita seperti seorang reporter.

Naskah Reportase tentang Gerak Revolusi Bumi dan Dampaknya
Ya, terimakasih rekan Jeremy Tetty. Pemirsa selamat berjumpa lagi dengan saya Udin Safrudin. Saya disini akan menyampaikan informasi tentang "Revolusi Bumi dan Dampaknya"

Pemirsa, sebagai warga negara Indonesia, kita hanya bisa merasakan dua musim saja, yaitu musim hujan dan kemarau. Mengapa kita hanya mengalami dua musim saja? Jawabannya adalah revolusi Bumi. Ingin tahu pembahasan selengkapnya tentang revolusi Bumi beserta akibatnya? Simak laporannya berikut ini!

Berdasarkan informasi yang saya dapat revolusi Bumi adalah perputaran Bumi mengelilingi Matahari. Lamanya Bumi berevolusi adalah satu tahun, lintasan yang dilalui Bumi selama berevolusi disebut sebagai orbit. Lantas, seperti apa sajakah peristiwa revolusi Bumi?

Akibat yang pertama adalah gerak semu tahunan Matahari. Gerak semu tahunan Matahari adalah fenomena dimana matahari seolah-olah bergerak, sehingga posisinya terhadap Bumi selalu berubah. Matahari mengalami pergeseran posisi ke belahan Bumi bagian utara, tepatnya pada tanggal 22 Desember – 21 Juni dan pergeseran dari belahan Bumi utara ke selatan pada tanggal 21 Juni – 21 Desember.

Akibat yang kedua adalah perbedaan lamanya waktu siang dan malam. Beberapa negara di Eropa mengalami waktu siang lebih lama daripada malam, sementara di Indonesia memiliki durasi siang dan malam hampir sama, yaitu 12 jam. 

Akibat yang ketiga adalah terjadinya perbedaan musim. Mengapa musim di belahan bumi utara dan selatan berbeda? Musim di bumi dipengaruhi oleh posisi bumi yang miring terhadap sumbunya. Bumi berputar atau berotasi pada sumbunya. Hal itu tentu akan mengakibatkan sejumlah negara mengalami perbedaan musim. 

Akibat yang keempat adalah terbentuknya rasi bintang yang berbeda-beda. Perbedaan rasi bintang disebabkan oleh perbedaan posisi pengamatan saat di Bumi. Seperti kita ketahui bahwa Bumi senantiasa berevolusi. Itu artinya, posisi Bumi terhadap susunan bintang-bintang juga akan berubah.

Sekian laporan yang saya sampaikan. Saya Udin Safrudin dan juru kamera Rizki, melaporkan langsung dari untuk anda. Kita kembali ke studio.
Presentasikan naskah reportasemu di depan kelas bergantian dengan teman-teman sekelasmu. Catatlah hasil laporan berita dari temanmu untuk melengkapi informasi yang kamu miliki. Berdasarkan hasil laporan reportase dari teman-temanmu, buatlah rangkuman tentang gerak revolusi Bumi dan dampaknya.

Catatanku tentang Revolusi Bumi dan Dampaknya
Revolusi Bumi adalah perputaran Bumi mengelilingi Matahari. Lamanya Bumi berevolusi adalah satu tahun, sehingga peristiwa itu dijadikan patokan dalam penanggalan Masehi. Lintasan yang dilalui Bumi selama berevolusi disebut sebagai orbit. Akibat adanya revolusi Bumi antara lain 
  1. Gerak semu tahunan Matahari
  2. Perbedaan lamanya waktu siang dan malam
  3. Terjadinya perbedaan musim
  4. Terbentuknya rasi bintang yang berbeda-beda

Ayo Bernyanyi
Di Indonesia, berlaku dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan yang terjadi secara bergantian. Pergantian musim tersebut menyebabkan Indonesia memiliki ragam jenis buah-buahan yang berbuah sesuai jadwalnya. Pemandangan di desa ketika musim panen buah terlihat indah sekali. Berikut ini ada sebuah lagu yang menceritakan tentang rasa kagum atas keadaan desa yang selalu dirindukan oleh sang pencipta lagu. Ayo, kita simak notasi lagunya.
Not ANgka Lagu Desaku

Interval adalah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah. Interval memiliki beberapa nama yaitu:
  1. Prim: yaitu interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do
  2. Sekon: yaitu interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re
  3. Terts: yaitu interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi
  4. Quart/Kuart: yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.
  5. Quin/Kuint: adalah interval lima nada.
  6. Sekt: adalah interval enam nada.
  7. Septim: adalah interval tujuh nada.
  8. Oktaf: adalah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke nada do tinggi, sol bawah ke sol tinggi, dsb.(Sumber :Wikipedia)

Identifikasikan interval yang terjauh dan terdekat pada lagu “Desaku yang Kucinta“.
  1. Interval terjauh (Sekt) : 1↠6
  2. Interval terdekat (Prim) : 1↠1, 4↠4, 5↠5, dan 6↠6

Nyanyikan lagu "Desaku yang Kucinta" bersama guru dan teman-temanmu.

Ayo Berkreasi
Interval pada nada dapat dibuktikan dengan melakukan percobaan di bawah ini. Siapkan bahan dan alat percobaan:

Alat dan Bahan
  1. Air
  2. 5 atau lebih gelas kaca
  3. Tongkat kayu, dapat juga menggunakan pensil

Langkah Percobaan
  1. Isilah gelas dengan jumlah air yang berbeda satu sama lain.
  2. Atur posisi semua gelas secara sejajar untuk memudahkanmu memukulnya.
  3. Susunan diatur dengan mengisi gelas pertama dengan sedikit air, gelas kedua lebih banyak dan seterusnya hingga gelas terakhir berisi paling banyak air.
  4. Selanjutnya, kamu dapat memukul pinggiran gelas dengan tongkat kayu/ pensil dengan urutan dari gelas yang berisi paling sedikit air hingga yang terbanyak. Amati perbedaan suara yang terdengar.

Perbedaan suara yang ditimbulkan itulah yang disebut interval nada. Dengan perbedaan suara yang terdengar itu, kamu dapat mencoba memukul gelasgelas tersebut dan merangkai nada untuk memainkan musikmu sendiri

Ayo Renungkan
Sekarang, kamu telah mengetahui tentang berbagai musim di dunia. Seandainya kamu berada di belahan Bumi utara yang lama waktu malamnya 21 jam, apa yang akan kamu lakukan? Menurutmu, mengapa Tuhan Yang Maha Esa menciptakan musim-musim yang berbeda-beda di dunia ini?
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:55 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.