Home » » Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

Pada Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya kita akan mempelajari tentang informasi penting dari tiap paragraph bacaan, karakteristik geografis Negara-negara di wilayah ASEAN, dan kewajibannya sebagai anggota masyarakat.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya adalah mengidentifikasi informasi penting, diskusi mengenai Pasal 31 Ayat 1, hak dan kewajiban warga negara Indonesia, membuat peta pikiran tentang negara tetangga,dan menemukan informasi tertentu yang diinginkan.

Ayo Membaca
Sore itu, Alan sedang membaca berita tentang sebuah sekolah untuk anak jalanan. Berita tersebut disajikan setelah halaman ini.
  1. Bacalah judul berita tersebut. Perkirakan informasi yang akan kamu dapatkan.
  2. Sajikan perkiraan informasi tersebut dalam format seperti di bawah ini.

Perkiraan informasi yang akan aku dapatkan dari artikel koran berjudul “Sekolah Anak Jalanan “
  1. Tentang kehidupan anak jalanan
  2. Tentang kesulitan yang dihadapi anak jalanan
  3. Tentang peran serta individu/masyarakat/organisasi dalam memecahkan masalah anak jalanan

Pertanyaan-pertanyaan yang aku miliki terkait dengan judul artikel
  1. Apa masalah yang dihadapi anak jalanan?
  2. Apa peran serta masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi masalah anak jalanan?
  3. Bagaimana pelaksanaan sekolah anak jalanan?
Pelajaran yang kira-kira akan aku dapatkan dari artikel yang kubaca
  1. Masalah sosial yang ada di masyarakat
  2. Memperoleh pendidikan adalah hak setiap warga negara Indonesia
  3. Kewajiban pemerintah dan semua warga negara dalam mengatasi masalah pendidikan

Sekolah Anak Jalanan
REPUBLIKA.CO.ID, Usia mereka boleh jadi tidak lebih dari 10 tahun. Namun, kulit mereka telah melegam terpanggang. Telapak kaki mereka mengeras dan terkelupas. Bermodalkan sandal jepit yang menipis, mereka melompat dari satu bus ke bus lain, dari satu angkot ke angkot berikut. Dengan menadahkan tangan seraya menyuguhkan wajah iba, mereka berharap mendapat sekeping Rp500,00 atau syukur-syukur selembar Rp2.000,00.

Mereka inilah yang sejak kecil telah berpredikat sebagai anak jalanan. Di usia dini, mereka telah melakoni profesinya masing-masing. Ada yang mengamen, memulung, hingga menyemir sepatu. Tidak inginkah mereka menikmati masa kecil dan belajar seperti anak-anak yang lain? Jauh dari ingar bingar jalan raya dan tersembunyi di kawasan Plumpang, Rawa Badak, Jakarta Utara, anak-anak jalanan itu ternyata bersekolah. Salah satu lembaga sosial yang peduli terhadap nasib anak jalanan dan anak kurang mampu adalah Yayasan Himmata. Di yayasan ini, 400 lebih anak jalanan mengenyam pendidikan secara cuma-cuma.

Menurut Sarkono, Ketua Yayasan Himmata, yayasan terbentuk sejak tahun 2000 dan merupakan lembaga sosial masyarakat yang bersifat independen dan nirlaba. Pada 2004 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himmata yang terletak di tengah lingkungan masyarakat kumuh disahkan.

PKBM Himmata hampir serupa dengan sekolah formal. Tak hanya dari seragam, jam belajar pun hampir sama dengan sekolah formal kebanyakan dan berlangsung selama lima hari dalam seminggu. Karena PKBM Himmata hampir sama dengan sekolah formal, mereka membutuhkan pengajar yang tetap tidak hanya suka relawan. Saat ini PKBM Himmata memiliki sekitar 30 pengajar tetap dengan bayaran tak lebih dari Rp300 ribu, jauh dari kata sejahtera.

Namun, mendapatkan bayaran bukanlah tujuan utama menjadi pengajar di sini. Mohamad Anwar, misalnya, ia mengaku mau menjadi pengajar selama lebih dari 10 tahun karena tuntutan hati nurani untuk memberi ilmu kepada anak bangsa.

Mengajar anak jalanan itu susah-susah gampang. “Kalau didasari keikhlasan, bukan orientasi mengajarnya karena materi istilah susah itu nggak ada,” ujar Mohamad Anwar guru mata pelajaran Sosiologi dan Pendidikan Agama Islam.

Secara fisik, bangunan PKBM Himmata memang memenuhi syarat, namun nasib pengajar masih kurang perhatian dari donatur. “Kita ini manusiawi, memang perasaan itu ada, namun sumber rezeki tidak hanya di sini saja, tapi di luar masih ada. Yang penting terus tawakal,” kata dia.
Sumber : http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/11/27/mwwszi-inilah-sekolah-untuk-anak-jalanan

Setelah membaca artikel koran yang berjudul “ Sekolah Anak Jalanan”, lengkapi format di bawah ini dan bandingkan dengan format yang sebelumnya kamu isi sebelum membaca artikel. Apakah ada perbedaan? Jelaskan jawabanmu!
Anak Jalanan
Perkiraan informasi yang akan aku dapatkan dari artikel koran berjudul “Sekolah Anak Jalanan “
Fakta-fakta yang aku dapatkan dari artikel
  1. Banyak anak jalanan yang menjadi peminta-minta
  2. Di kawasan Plumpang, Jakarta Utara, anak-anak jalanan bersekolah
  3. Yayasan Himmata merupakan lembaga  yang bersifat independen dan nirlaba.
  4. PKBM Himmata sangat peduli pada pendidikan anak jalanan
  5. Pengajar mau mengajar karena tuntutan hati nurani

Hal-hal baru yang aku dapatkan dari informasi di artikel
  1. Kehidupan yang dihadapi anak jalanan
  2. Peran serta masyarakat dalam pendidikan bagi anak jalanan

Pelajaran yang aku dapatkan dari artikel yang kubaca
  1. Kita harus bersyukur karena lebih beruntung dari anak jalanan
  2. Pendidikan adalah hak semua warga negara

Hanya ada sedikit perbedaan antara sebelum dan sesudah membaca artikel, lebih banyak persamaannya, hal ini dikarenakan judul bacaan artikel sesuai dengan isi dari bacaan artikel. Judul juga masih sesuai dengan pokok-pokok pikiran tiap paragraf. Yang membuat sedikit perbedaan sebelum dan sesudah membaca artikel adalah dari kalimat pengembangnya/gagasan pendukung, dan juga dari pemahaman pembaca.

Ayo Berlatih
Dari cerita tentang Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himmata, kita menjadi tahu bahwa ada orang yang rela bekerja keras agar setiap anak Indonesia memperoleh pendidikan. Hampir setiap hari, kamu dan teman-temanmu pergi ke sekolah untuk belajar. Bagi beberapa anak Indonesia, kesempatan untuk bersekolah tidak mudah didapat.

Supaya kegiatan bersekolah memberi manfaat bagi kehidupanmu kelak, kewajiban-kewajiban apa yang perlu kamu laksanakan?

Buatlah kelompok yang terdiri atas tiga atau empat orang. Diskusikan lima kewajiban yang harus dilakukan sebagai seorang pelajar. Tuliskan hasil diskusi kelompok dan sajikan dalam bentuk karya seperti berikut.
Kewajiban Seorang Pelajar
Ayo Berdiskusi
Berdiskusilah dengan teman sebangkumu dan jawablah pertanyaan di bawah ini!

Anggaplah kewajiban yang kamu tulis pada kegiatan di atas sebagai janji yang harus dipenuhi.
1. Jelaskan mengapa kamu memilih janji tersebut? Apakah janji itu akan memberi manfaat bagi keberhasilan pendidikanmu?
Saya memilih janji tersebut karena janji tersebut diyakini dapat bermanfaat bagi keberhasilan pendidikanmu di masa yang akan datang. Rajin belajar, menjaga kebersihan, nama baik sekolah menghormati bapak/ibu guru, dan mematuhi aturan sekolah akan bermanfaat bagi keberhasilan pendidikanku.
2. Apakah kewajiban yang kamu tulis merupakan hal yang harus kamu lakukan? Jelaskan jawabanmu!
Kewajiban yang saya tulis harus saya lakukan agar saya berhasil dalam pendidikan di masa yang akan datang
3. Apakah melaksanakan kewajiban akan memberikan manfaat bagimu? Mengapa?
Ya, karena dengan melaksanakan kewajiban kita akan menjadi orang yang bertanggung jawab dan sikap bertanggung jawab salah satu jalan menuju kesuksesan
4. Apa yang bisa kamu simpulkan dari kegiatan ini? Nilai-nilai apa yang kamu peroleh dari kegiatan tersebut?
Kewajiban utama seorang pelajar adalah belajar dengan tekun. Nilai yang saya peroleh dari kegiatang tersebut adalah mandiri dan tanggung jawab.

Ayo Mengamati
Masih ingatkah kamu informasi tentang negara tetangga kita Singapura? Mari kita cari informasi tentang negara tetangga lainnya yaitu Thailand dan Vietnam.

Thailand
Wilayah geografis Thailand dapat dibedakan menjadi empat wilayah, yaitu dataran rendah, pegunungan, pegunungan kapur, dan Tanah Genting Kra. Bagian utara dan barat wilayah Thailand merupakan pegunungan. Pohon jati banyak tumbuh di pegunungan utara. Bagian tengah wilayah Thailand berupa dataran rendah. Sungai utama di Thailand adalah Sungai Chao Phraya, Sungai Chi, dan Sungai Mun. Negara Thailand beriklim tropis.
  1. Dataran rendah berada di bagian tengah. Daerah ini dialiri Sungai Chao Phraya yang mengalir ke teluk Thailand. Daerah ini merupakan daerah subur.
  2. Daerah pegunungan berada di bagian utara dan barat. Gunung tertinggi adalah Gunung Doi Inthanon (2.576 m).
  3. Pegunungan kapur berada di bagian timur yang disebut Pegunungan Plato.
  4. Tanah Genting Kra yang memanjang Semenanjung Thailand berada di bagian selatan.
Peta Thailand dan Vietnam
THAILAND
IbukotaBangkokLagu KebangsaanPheng Chart Thai
Luas513.115 km²PemerintahanKerajaan
Kelompok EtnisThai, Tionghoa, Melayu.Kepala NegaraRaja
BahasaThai.Kepala PemerintahanPerdana Menteri
AgamaBuddhaMata UangBaht
Batas Negara : Sebelah utara berbatasan dengan Laos, sebelah timur dengan Kamboja, sebelah selatan dengan Malaysia, sebelah barat dan barat daya berbatasan dengan Myanmar dan Laut Andaman.

Dari informasi yang kamu dapatkan dari teks di atas, buatlah peta pikiran yang berisi informasi-informasi penting tentang Thailand. Kamu dapat menambahkan informasi dari sumber-sumber yang lain.

Peta Pikiran tentang Thailand
Peta Pikiran Geografis Thailand
Negara Thailand memiliki kondisi alam yang berbeda dengan negara Singapura. Bagaimana dengan negara tetangga lainnya? Ayo, kita baca informasi tentang negara Vietnam.

Vietnam
Luas Vietnam kurang lebih 331.210 km². Daerahnya terdiri atas bukit-bukit dan gunung-gunung berhutan lebat serta sedikit dataran rendah. Wilayah Vietnam bagian utara berupa pegunungan, sedangkan bagian selatan berupa dataran rendah yang subur. Gunung-gunung yang ada di Vietnam antara lain Gunung Ngoch Linh dan Gunung Chu Yang Sin. Sungai utamanya adalah Sungai Mekong dan Sungai Sangka.
Vietnam
IbukotaHanoiLagu KebangsaanTiến Quân Ca
Luas331.210 km²PemerintahanRepublik Sosialis
Kelompok EtnisVietnam, China, Prancis, InggrisKepala NegaraPresiden
BahasaVietnamKepala PemerintahanPerdana Menteri
AgamaTradisional, Buddha, KristenMata UangDong
Batas Negara : Sebelah utara berbatasan dengan Tiongkok, sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Laut Cina Selatan, sebelah barat berbatasan dengan Teluk Siam, Kampuchea dan Laos.

Peta Pikiran tentang Vietnam
Peta Pikiran tentang Vietnam
Informasi apa yang kamu dapatkan dari teks informasi di atas? Buatlah peta pikiran yang berisi informasi-informasi penting tentang Vietnam. Kamu dapat menambahkan informasi dari sumber-sumber lain.

Ayo Berlatih
Bandingkan kondisi alam Thailand dan Vietnam. Carilah persamaan dan perbedaannya. Sajikan informasi tersebut dalam bentuk tulisan dua paragraf. Paragraf pertama berisi informasi tentang persamaan dan paragraf kedua berisi tentang perbedaan. Tentukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari tiap paragraf.
Negara Thailand dan Vietnam terletak di Benua yang sama yaitu benua Asia dan kedua negara juga sama - sama tergabung organisasi ASEAN. Kedua negara memiliki iklim yang sama, yaitu iklim Tropis dengan 2 musim. Keadaan sosial dan kebudayaan kedua negara juga relatif hampir sama. Keadaan mayarakat kedua negara sebagian besar bekerja  di bidang pertanian karena kedua negara memiliki tanah yang subur. Kekayaan bahan tambang utama kedua negara jugg sama yaitu minyak dan batu bara.

Selain persamaan kedua negara juga memiliki perbedaan. Misalnya saja Thailand pemerintahnya berbentuk kerajaan sedangkan Vietnam pemerintahannya berbentuk Republik Sosialis. Thailand dan Vietnam juga memiliki bahasa Nasional yang berbeda Thailand memiliki bahasa Thai sementara Vietnam memiliki bahasa Vietnam. Thailanda dan vietnam memiliki kepala negara yang berbeda, Thailand dipimpin oleh seorang raja sementara vietnam dipimpin oleh seorang presiden. Letak secara geografis maupun astronomis kedua negara juga berbeda. Thailand dan Vietnam memiliki mata uang yang berbeda Thailand dengan mata uang Baht, sementara Vietnam memiliki mata uang Dong.

Carilah informasi yang kamu butuhkan dengan teknik membaca memindai. Dalam membaca memindai, pembaca akan langsung mencari informasi tertentu atau fakta khusus yang diinginkan tanpa memperhatikan atau membaca bagian lain dalam bacaan yang tidak dicari. Untuk lebih memahaminya, ayo, bacalah bacaan berikut dengan teknik memindai.

ASEAN
Negara-negara yang terletak di Asia Tenggara bersepakat untuk membentuk sebuah organisasi yang bernama ASEAN. Organisasi ASEAN didirikan 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN bertujuan menjalin kerja sama antarnegara Asia Tenggara.

ASEAN diprakarsai oleh perwakilan lima negara Asia Tenggara, yaitu Menteri Luar Negeri Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), Rajaratnam (Singapura), dan Marciso Ramos (Filipina). Mereka menandatangani deklarasi pendirian ASEAN. Deklarasi itu bernama Deklarasi Bangkok.

Indonesia menjalin kerja sama dengan negara-negara di Asia Tenggara. Kerja sama tersebut dilakukan demi kemajuan anggota. Kerja sama ASEAN tersebut diwujudkan dalam beberapa bidang berikut.

Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi
1. Pembukaan Pusat Promosi ASEAN
Promosi yang dilakukan oleh ASEAN meliputi sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi. Pembukaan pusat promosi ASEAN dilakukan di negara Jepang yang merupakan negara yang mempunyai perkembangan cepat dalam berbagai sektor. Pembukaan pusat promosi di Jepang mempunyai tujuan untuk melakukan peningkatan kegiatan ekspor dari negara-negara ASEAN ke Jepang dan juga meningkatkan jumlah investor Jepang bagi negara-negara ASEAN.

2. Penyediaan Cadangan Pangan
Bentuk kerja sama dalam penyediaan cadangan pangan tidak hanya dilakukan untuk kerja sama yang saling menguntungkan, tetapi juga dalam keadaan yang darurat. Misalnya, ketika salah satu negara ASEAN mengalami krisis pangan karena bencana, negara lain siap menyuplai cadangan pangan untuk negara tersebut.

3. Penyelenggaraan Proyek Industri
Beberapa proyek industri ASEAN sebagai berikut.
  • ASEAN Aceh Fertilizer Project, yaitu pabrik pupuk di Aceh-Indonesia.
  • ASEAN Urea Project, pabrik pupuk di Malaysia.
  • ASEAN Copper Fabrication Project, yaitu pabrik tembaga di Filipina.
  • ASEAN Vaccine Project yang memproduksi vaksin di Singapura.
  • Rock Salt Soda Ash Project yang memproduksi abu soda di Thailand.

4. Kawasan Perdagangan Bebas
Kawasan perdagangan bebas ASEAN atau AFTA (ASEAN Free Trade Area) merupakan bentuk kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi. AFTA bertujuan memajukan sektor produksi lokal yang ada di seluruh negara ASEAN.

5. Koperasi ASEAN
Koperasi ASEAN atau ASEAN Cooperative Organization (ACO) merupakan salah satu bentuk kerja sama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi. Dalam tujuannya, Koperasi ASEAN mempunyai keinginan untuk mengokohkan organisasinya sebagai sebuah gerakan koperasi yang menopang perekonomian di Asia Tenggara.

Kerja Sama ASEAN di Bidang Politik
1. Defense Ministers Meeting
ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) adalah bentuk kerja sama di bidang politik. ADMM yang merupakan pertemuan rutin menteri keamanan negaranegara anggota ASEAN. Pertemuan ini diadakan untuk membahas kerja sama dan diplomasi politik dalam bidang pertahanan dan keamanan negara-negara ASEAN.

2. Pengiriman Duta dan Konsulat
Pengiriman duta dan konsulat merupakan langkah yang dilakukan agar wakil negara selalu ada dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai bagian dari ASEAN.

3. Perjanjian Ekstradisi ASEAN
Perjanjian ekstradisi negara-negara ASEAN merupakan bentuk kerja sama bidang politik dalam menangani tersangka kejahatan yang melarikan diri ke kawasan negara-negara di ASEAN.

4. Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir
Perjanjian kawasan bebas nuklir merupakan kerja sama negara-negara ASEAN di bidang politik mengenai pelarangan senjata nuklir di negara ASEAN. Dalam Perjanjian ini melarang keras adanya perancangan dan pembuatan senjata nuklir di ASEAN.

5. Perjanjian Kawasan Damai, Bebas, dan Netral
Perjanjian kawasan damai, bebas, dan netral merupakan kerja sama negaranegara di ASEAN untuk menjaga setiap negara agar tetap damai.

Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, temukan informasi penting terkait dengan jenis-jenis kerja sama ASEAN. Sajikan kembali informasi tersebut dalam bentuk kartu informasi seperti gambar berikut. Buatlah satu kartu informasi untuk setiap bidang kerja sama dan presentasikan kartu informasimu di depan kelas.
Kerja Sama ASEAN di Bidang EkonomiKerja Sama ASEAN di Bidang Politik
Pembukaan Pusat Promosi ASEAN
  1. Promosi yang dilakukan  meliputi sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi
  2. Pembukaan pusat promosi ASEAN dilakukan di negara Jepang.
  3. Pembukaan pusat promosi bertujuan untuk melakukan peningkatan kegiatan ekspor dari negara-negara ASEAN ke Jepang
Defense Ministers Meeting
  1. ADMM adalah bentuk kerja sama di bidang politik.
  2. ADMM merupakan pertemuan rutin menteri keamanan negara-negara anggota ASEAN
  3. Pertemuan membahas kerja sama dan diplomasi politik dalam bidang pertahanan dan keamanan negara-negara ASEAN.
Penyediaan Cadangan Pangan
  1. Kerja sama  dilakukan untuk kerja sama yang saling menguntungkan, tetapi juga dalam keadaan yang darurat.
  2. Ketika salah satu negara ASEAN mengalami krisis pangan negara lain siap menyuplai cadangan pangan
Pengiriman Duta dan Konsulat
  1. Pengiriman duta dan konsulat agar wakil negara selalu
  2. Duta dan konsul menjalankan fungsi dan perannya sebagai bagian dari ASEAN.
Penyelenggaraan Proyek Industri
  1. Aceh Fertilizer Project, yaitu pabrik pupuk di Aceh-Indonesia.
  2. Urea Project, pabrik pupuk di Malaysia.
  3. Copper Fabrication Project, yaitu pabrik tembaga di Filipina.
  4. Vaccine Project yang memproduksi vaksin di Singapura.
  5. Rock Salt Soda Ash Project yang memproduksi abu soda di Thailand.
Perjanjian Ekstradisi ASEAN
  1. Perjanjian ekstradisi merupakan bentuk kerja sama bidang politik
  2. Perjanjian ini bertujuan  menangani tersangka kejahatan yang melarikan diri ke kawasan negara-negara di ASEAN.
Kawasan Perdagangan Bebas
  1. AFTA merupakan bentuk kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi. 
  2. AFTA bertujuan memajukan sektor produksi lokal yang ada di seluruh negara ASEAN.
Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir
  1. Perjanjian kawasan bebas nuklir merupakan kerja sama negara-negara ASEAN di bidang politik
  2. Perjanjian mengenai pelarangan senjata nuklir di negara ASEAN. 
Koperasi ASEAN
  1. ACO merupakan salah satu bentuk kerja sama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi. 
  2. ACO adalah sebuah gerakan koperasi yang menopang perekonomian di Asia Tenggara.
Perjanjian Kawasan Damai, Bebas, dan Netral
  1. Perjanjian kawasan damai, bebas, dan netral merupakan kerja sama negara-negara di ASEAN
  2. Tujuan kerjasama ini adalah untuk menjaga setiap negara agar tetap damai

Ayo Renungkan
1. Hal-hal penting apa yang kamu pelajari hari ini?
2. Apakah menurutmu organisasi ASEAN penting bagi Indonesia?
3. Pengalaman organisasi apa yang pernah kamu ikuti?
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:54 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.