Home » » Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Ayo Membaca
Ayo, kita ingat kembali tentang negara-negara tetangga Indonesia. Lalu, bagaimana dengan kondisi sosial budayanya? Apakah sama dengan kondisi sosial budaya di Indonesia? Atau berbeda? Ayo, kita baca informasi tentang keadaan sosial budaya di Singapura.

Singapura
Singapura termasuk negara dengan penduduk yang padat. Sebanyak 85% rakyat Singapura tinggal di rumah susun. Penduduknya terdiri atas etnis Tionghoa, Melayu, dan India. Rakyatnya menganut agama Buddha, Islam, Kristen, dan Tao. Penduduknya berbahasa Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil. Rakyat Singapura sangat disiplin dalam masalah kebersihan. Singapura menjadi negara paling bersih di Asia. Singapura banyak dikunjungi para wisatawan. Mereka ingin berbelanja di Singapura.

Bacalah kembali informasi tentang kadaan geografis negara Singapura. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya
Singapura
Kondisi GeografisKondisi Sosial Budaya
  1. Singapura negara kepulauan
  2. Sebagian besar Singapura berupa dataran rendah
  3. Singapura terletak 137 kilometer di utara Johor
  4. Singapura memiliki 63 pulau kecil
  5. Lokasi tertinggi Singapura di Bukit Timah
  6. Terdapat cagar alam (Bukit Timah Nature Reserve) dan taman botani (Singapore Botanic Garden)
  1. Negara berpenduduk padat dan 85% tinggal di rumah susun
  2. Penduduknya terdiri atas etnis Tionghoa, Melayu, dan India.
  3. Rakyatnya menganut agama Buddha, Islam, Kristen, dan Tao.
  4. Penduduknya berbahasa Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil.
  5. Rakyatnya sangat disiplin dalam masalah kebersihan. 
  6. Singapura banyak dikunjungi para wisatawan.
Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya :
Negara Singapura termasuk sempit sehingga untuk tempat tinggal Singapura menggalakkan rumah susun. Pemerintah dan rakyat Singapura paham kebersihan sangat penting. Pemerintah membuat aturan yang ketat mengenai kebersihan. Rakyat Singapura berdisiplin menjalankan peraturan kebersihan. Singapura mendapat predikat negara terbersih di dunia, serta banyak wisatawan yang berkunjung ke Singapura.

Setiap negara memiliki keunikan sosial budaya. Begitu juga dengan kondisi lingkungan alamnya. Meskipun memiliki lingkungan alam yang berbeda-beda, setiap negara pasti memiliki kepedulian yang sama terhadap kelestarian lingkungan hidupnya. Perhatikan infografis yang disajikan di bawah ini!

Bersama dengan temanmu, lakukan analisis terhadap infografis yang disajikan dan identifikasi informasi-informasi yang kamu dapatkan dari infografis tersebut. Sajikan kembali informasi-informasi yang kamu temukan dalam bentuk peta pikiran.

Peta Pikiran Manfaat Konservasi Alam
Peta Pikiran Manfaat Konservasi ALam
Manfaat Konservasi Alam
  1. Melindungi kekayaan dan menjaga ekosistem alam
  2. Melindungi spesies flora dan fauna
  3. Menjaga kualitas lingkungan
  4. Mencegah kerusakan dan pencemaran lingkungan yang mengakibatkan bencana
  5. Menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi masa depan
  6. Untuk menyelaraskan kehidupan manusia dengan lingkungan
  7. Pemanfaaatan lingkungan yang baik dan bijaksana

Ayo Mengamati
Menjaga kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama. Setiap warga negara bertanggung jawab melakukan upaya-upaya untuk melestarikan lingkungan hidup. Apakah kamu tahu makna tanggung jawab?

Tangung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Setiap manusia memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai dengan posisi dan kedudukan yang dimilikinya. Misalnya dalam sebuah keluarga, setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan posisinya.

Gambarlah pohon keluargamu. Identifikasilah tanggung jawab setiap anggota keluargamu. Bandingkan hasil identifikasi tanggung jawab di keluargamu dengan tanggung jawab di keluarga temanmu.

Gunakan format pohon keluarga di bawah ini untuk membantumu!
Pohon Keluargaku
Tanggung jawab Ayah dalam keluarga :
  1. Menjadi pemimpin yang bijak dalam menaati aturan yang berlaku
  2. Memberikan nafkah lahir dan batin terhadap keluarganya
  3. Menjadi pelindung keluarga
  4. Menjadi teladan yang baik bagi anggota keluarga
  5. Menjadi guru yang cakap bagi anggota keluarga
  6. Menjadi teman diskusi bagi anggota keluarga
  7. Menjadi penghibur keluarga
  8. Menjadi delegasi untuk kerabat dan lingkungan

Tanggung jawab Ibu dalam keluarga :
  1. Menjadi pembina keluarga yang mampu membuat harmonis anggota keluarga
  2. Mematuhi aturan yang ditetapkan suami selama tidak melanggar norma.
  3. Mengelola hasil nafkah untuk keluarganya
  4. Menjadi teladan bagi anggota keluarga
  5. Menjadi teman diskusi anggota keluarga
  6. Menjadi penghibur keluarga
  7. Mengurus dan merawat anggota keluarga
  8. Memberikan perlindungan dan kasih sayang yang tulus pada anak-anaknya.

Tanggung jawab anak (kakak dan adik) dalam keluarga :
  1. Menaati segala anjuran dan perintah yang diberikan kedua orang tua
  2. Membantu ayah dan ibu sesuai kemampuan
  3. Menyenangkan hati orang tua
  4. Menghormati ayah, ibu dan anggota keluarga lainnya
  5. Menjaga suasana kondusif dan nyaman dalam lingkungan keluarga
  6. Mengutamakan belajar daripada bermain
  7. Beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa
  8. Menjadi anak yang baik dan disiplin

Upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup merupakan tangung jawab setiap warga masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut. Upaya ini dapat dimulai dari hal yang sederhana, yaitu membuang sampah pada tempatnya.

Di bawah ini disajikan infografis tentang sampah di Jakarta. Bersama temanmu cermatilah infografis tersebut. Analisislah informasi yang kamu dapatkan dari infografis tersebut.
Produksi sampah warga Jakarta tiap hari sekitar 6.270 ton atau setara dengan berat badan 25 ekor paus biru besar. Sampah Jakarta mampu menimbun tanah seluas empat kali lapangan sepak bola. 

Komposisi jenis sampah Jakarta adalah 54% sampah organik, 15% sampah kertas, 14% sampah plastik dan 17% sampah campuran dari kaca, logam dan sebagainya. Dari semua sampah tersebut, hanya 79% yang dapat terangkut ke TPST Bantar Gebang, sisanya tidak terangkut atau sudah didaur ulang.

Sampah berdampak pada kesehatan, misalnya sisa pembakaran sampah dapat menhhasilkan 75 zat racun yang laon, serta hewan yang biasa mengelilingi sampah dapat menjadi media penyakit. Sampah juga berdapak pada lingkungan, misalnya cairan yang dihasilkan sampah dapat mencemari tanah dan air. Selain itu satu ton sampah juga menghasilkan gas metan yang dapat meningkatkan suhu bumi. Sampah juga dapat membahayakan lingkungan, karena sampah bisa menimbulkan bahaya ledakan yang, seperti kejadian ledakan sampah pada tanggal 21 Februari 2005 yang menelan korban jiwa.

Dari segi estetika, sampah juga menimbulkan masalah tersendiri. Masalah pelik sampah ini karena masyarakat masih tidak tahu bagaimana mengelola sampah. Sebanyak 55% masyarakat tidak tahu cara mengelola sampah. Sebanyak 74% sampah hanya dibuang/ditumpuk, 2% sampah dibakar, dan hanya 19% masyarakat yang mengerti cara penanganan sampah.

Tanggapan masyarakat masih rendah terhadap cara penanganan sampah, sebanyak 98% menganggap sampah itu kotor dan bau, dan baru sebanyak 2% masyarakat yang sudah kreatif dengan melakukan daur ulang sampah. Sebanyak 65% masyarakat rela membayar lebih retribusi sampah asal sampah dikelola secara baik. Namun ada harapan agar masalah sampah ini bisa teratasi, karena 7,6 dari skala 10 masyarakat untuk turut bertanggung jawab terhadap permasalahan sampah.

Bentuk tanggung jawab sebagai anggota masyarakat adalah dengan mengurangi sampah di sumbernya, yaitu dengan menghabiskan makanan, menghindari barang dengan umur pakai pendek, memilih produk kemasan besar, serta melakukan daur ulang. Jika sampah masih ada/ masih berproduksi di sumbernya, maka metode pemilahan sampah dapat membantu mengurangi dampak sampah.

Sampah yang mudah busuk dikomposkan untuk dijadikan pupuk, dan sampah sulit busuk bisa didaur ulang dengan cara dijual/disumbangkan. Mari bersama-sama kita wujudkan Indonesia bebas sampah 2020.

Identifikasi tanggung jawab kita sebagai anggota masyarakat dalam menjaga lingkungan kita dari sampah.
  1. Mengurangi, menggunakan kembali, daur ulang, dan menggantikan sampah.
  2. Mengurangi sampah dengan mengurangi pemakaian plastik 
  3. Membuang sampah pada tempatnya
  4. Melakukan daur ulang terhadap sampah 
  5. Melakukan pemilahan sampah saat kita menghasilkan sampah
  6. Menjaga lingkungan dari polusi/limbah.
  7. Bergotong royong membersihkan sampah dilingkungan sekitar
  8. Menimbun sampah yang tidak bisa didaur ulang
  9. Mengkampanyekan gerakan bersih sampah.
  10. Mengajak masyarakat untuk membangun bank sampah

Ayo Renungkan
Renungkan kembali pengalaman-pengalaman pembelajaran yang pernah kamu lalui. Untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan hak untuk memperolah pendidikan, tentunya orang tuamu telah melakukan upaya yang besar. Apa yang akan kamu lakukan kepada orang tuamu untuk membalas jasa mereka?

Buatlah sebuah kartu atau tulisan untuk mengungkapkan rasa syukur dan rasa terima kasihmu kepada orang tuamu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.