Home » » Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku

Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku

Kamu telah mengetahui bahwa di Indonesia terdapat beragam suku bangsa. Keragaman suku bangsa mengakibatkan keragaman budaya, termasuk cara hidup seharihari.

Ayo Membaca
Urang Kanekes, Si Suku Baduy

Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian barat. Provinsi Banten memiliki kekayaan alam dengan pemandangan indah, termasuk pegunungan dan pantai. Di pegunungan Kendeng dengan ketinggian 600 m dari permukaan air laut, tinggal masyarakat adat yang biasa kita sebut suku Baduy. Namun, masyarakat suku Baduy lebih senang menyebut diri mereka urang Kanekes. Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang.
Suku Baduy
Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping. Kelompok tangtu dikenal sebagai Kanekes Dalam atau Baduy Dalam. Sebaliknya, kelompok panamping dikenal sebagai Kanekes Luar atau Baduy Luar.

Kelompok Kanekes Dalam atau Baduy Dalam tinggal di tiga desa, yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo. Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. Mereka tidak menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan alas kaki, tidak menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang ditenun dan dijahit sendiri. Mereka menganut kepercayaan tradisional “sunda wiwitan” dan dipimpin oleh seorang Pu’un. Pu’un juga berkedudukan sebagai pemimpin masyarakat Kanekes.

Kelompok panamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam. Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy Luar telah mengenal teknologi dan alat elektronik. Mereka juga mengenakan pakaian modern. Namun, masyarakat Baduy Luar masih bisa dikenali dari ciri khas mereka, yaitu mengenakan ikat kepala berwarna hitam

Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Urang Kanekes, Si Suku Baduy”. 1. Adakah kesamaan cara hidup suku bangsa Baduy dengan suku bangsamu? Jika ada, dalam hal apa? Jika berbeda, apa perbedaannya?
Persamaannya adalah Suku Baduy Luar sudah menggunakan teknologi dan alat elektronik. Perbedaannya adalah suku bangsa Baduy Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. Mereka tidak menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan alas kaki, tidak menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang ditenun dan dijahit sendiri. Sementara suku bangsa yang lain tradisi sudah banyak yang ditinggalkan.
2. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.
No.Kata SulitArtinya
1.TradisiKebiasaan turun-temurun yang masih dijalankan oleh masyarakat.
2.Alat elektronikAlat elektronik artinya alat yang bekerja menggunakan listrik.
3.Alat transportasiAlat transportasi artinya alat atau kendaraan untuk pengangkutan.
4.TeknologiSarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia
5.Pakaian adatPakaian adat adalah pakain yang menunjukkan identitas, yang biasanya dikaitkan dengan wilayah geografis

3. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Urang Kanekes, Suku Baduy”.
No.ParagrafPokok Pikiran
1.PertamaDi pegunungan Kendeng tinggal masyarakat suku Baduy atau yang disebut urang Kanekes
2.KeduaMasyarakat Kanekes terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping
3.KetigaMasyarakat Kanekes Dalam (kelompok tangtu) masih sangat teguh dalam memegang tradisi
4.KeempatMasyarakat Kanekes Luar (kelompok panamping) sudah mengenal teknologi dan alat elektronik
Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan? Dari teks “Urang Kanekes, Si Suku Baduy”, kamu mengetahui budaya suku Baduy. Adakah kesamaan budaya suku Baduy dengan budaya suku bangsamu?

Budaya setiap suku bangsa mungkin memiliki beberapa persamaan dan mungkin pula memiliki perbedaan. Jika kita amati lagi dari teks “Urang Kanekes, Si Suku Baduy”, ada sedikit perbedaan budaya suku Baduy Luar dan suku Baduy Dalam Masyarakat suku Baduy Luar sudah biasa menggunakan alat elektronik. Sebaliknya, masyarakat suku Baduy Dalam tidak boleh menggunakan alat elektronik.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita telah biasa dan bahkan mungkin tergantung pada alat-alat elektronik.

Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan ini di dalam kelas.
  1. Tutuplah pintu dan jendela ruang kelas serta gorden jika ada.
  2. Nyalakan lampu di kelas dengan menekan saklar. Bagaimana kondisi ruang kelas?
  3. Padamkan lampu dengan menekan saklar. Bagaimana keadaan di dalam ruang kelas?
  4. Catatlah hasil pengamatan kalian.

Hasil Pengamatan :
Ketika lampu dinyalakan ruangan menjadi terang sehingga dapat belajar dengan baik, sedangkan saat lampu dimatikan ruangan menjadi gelap.Ternyata kehidupan sehari-hari kita sangat bergantung pada alat-alat elektronik.

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan kegiatan tersebut, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelasmu.

1. Apa yang menyebabkan lampu menyala?
Lampu dapat menyala karena adanya aliran arus listrik
2. Apa yang menyebabkan lampu tidak menyala?
Lampu tidak dapat menyala karena aliran arus listrik diputus atau terputus
Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik. Arus listrik mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Saat arus listrik mengalir melewati lampu, lampu akan menyala.
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu.
Listrik Statis
  1. Siapkan penggaris plastik.
  2. Potonglah kertas kecil-kecil, lalu letakkan pada permukaan meja.
  3. Dekatkan penggaris plastik pada potonganpotongan kertas.
  4. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
  5. Gosok-gosokkan penggaris pada rambut kering, lalu dekatkan penggaris pada potongan-potongan kertas.
  6. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
  7. Ulangi kegiatan di atas beberapa kali.

Setiap benda netral mempunyai dua muatan, yaitu muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron) dalam jumlah yang sama. Saat penggaris plastik digosok-gosokkan pada rambut kering, elektron dari rambut berpindah ke penggaris. Akibatnya, penggaris plastik kelebihan elektron dan menjadi bermuatan negatif.

Ketika penggaris plastik bermuatan negatif didekatkan pada potonganpotongan kertas, muatan negatif pada kertas menjauhi penggaris. Sisi kertas yang dekat penggaris menjadi bermuatan positif, sehingga potongan-potongan kertas akan tertarik oleh penggaris plastik.

Tarik-menarik antara muatan pada penggaris plastik dan potongan kertas ini merupakan salah satu bentuk gaya listrik.

Ayo Membaca
Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Muatan listrik yang terkandung pada penggaris plastik setelah digosok pada rambut kering tidak mengalir, sehingga disebut listrik diam atau listrik statis. Gaya listrik statis pada penggaris plastik itu hanya berlangsung sementara. Selama potongan kertas menempel pada penggaris plastik, terjadi perpindahan muatan listrik. Setelah muatan listrik pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda itu akan saling menolak atau melepaskan diri. Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas dari penggaris plastik.

Jika ada listrik statis, ada pula listrik dinamis. Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.

Tugas
1. Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kamu dapat dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.

Listrik statis adalah: 
Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir (diam) dan perpindahan arusnya terbatas.
Listrik dinamis adalah: 
Listrik dinamis adalah listrik yang bergerak atau mengalir
2. Carilah contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis. Contoh Gejala Listrik Statis Pada Pembelajaran 2, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.
  • Listrik statis terjadi ketika terbentuknya petir saat hujan
  • Gosokan kain sutra dengan kaca
  • Gosokan batang plastik dengan kain wol
  • Tangan didekatkan dengan layar Televisi
  • Saat menyisir rambut akan terbawa berdiri sendiri seiring dengan gerakan sisir
  • Debu yang tertempel pada layar tv
  • Penggaris yang digosok-gosokkan ke rambut atau tangan kering akan menarik potongan kertas kecil

Ayo Renungkan 
Apa yang kamu pelajari pada hari ini?
Hari ini saya telah belajar tentang informasi tentang urang Kenekes suku Baduy. dan pengertian listrik statis dan listrik dinamis.
Mengapa budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lain?
Budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lain karena budaya merupakan cara hidup sekelompok orang yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya dipengaruhi oleh letak geografis
Apa yang dimaksud dengan gaya listrik?
Gaya listrik adalah gaya yang dialami oleh benda atau obyek bermuatan yang berada dalam medan listrik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:25 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.